TRIK MENDAPATKAN PELANGGAN UNTUK USAHA RINTISAN

  • TRIK MENDAPATKAN PELANGGAN UNTUK USAHA RINTISAN

Usaha rintisan kebanyakan belum memiliki pelanggan dan konsumen tetap, beberapa bahkan masih menunggu konsumen pertamanya. Tidak mengherankan bahwa mereka masih belum memahami bahwa konsumen adalah bagian dari bisnis mereka. Bahkan bisa dikatakan konsumenlah yang menghidupi dan membesarkan sebuah usaha rintisan. Karena itulah tidak berlebihan rasanya untuk menganggap konsumen sebagai bagian dari keluarga bagi sebuah bisnis baru.

Waktu yang tepat untuk melaksanakan program layanan pelanggan formal dengan pengukuran ialah sebelum penjualan pertama produk atau jasa Anda kepada seorang pelanggan. Anda tidak bisa mengatur apa yang tidak bisa diukur, dan kepuasan pelanggan sekarang ini ialah salah satu dari banyak faktor sukses yang krusial untuk tiap bisnis baru.

Dalam sebuah artikel berjudul “12 Lessons from The Best Customer Service Companies”, dirangkum sejumlah poin praktis yang bisa dipelajari dari perusahaan-perusahaan besar yang disarankan untuk diterapkan dalam bisnis baru kita.

  • Bersikaplah personal. Sikap sebuah perusahaan yang kaku dalam berkomunikasi dengan pelanggannya atau kliennya bisa menjadi bumerang. Di satu sisi, fomalitas memang perlu untuk memberikan kesan profesional, tetapi sering kali justru formalitas itu yang memberikan jarak antara pelanggan dan perusahaan. Berikanlah kesan bahwa pelanggan Anda tidak menghadapi sebuah robot atau mesin tetapi seseorang, dengan kepribadian dan tingkah laku yang unik.
  • Jangan buat pelanggan kesusahan. Banyak perusahaan memaksa konsumen untuk masuk dalam sistem pendukung yang mengharuskan mereka mengingat banyak nomor telepon, email dan kata kunci sebelum diberikan bantuan. Ini seperti sudah jatuh tertimpa tangga pula.
  • Pupuk hubungan yang hangat. Berkenaan dengan pembelian yang berskala besar dan mengubah kehidupan si pembeli, kita tidak cukup hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan. Untuk menggolkan penjualan yang besar, staf layanan dalam suatu bisnis baru harus membangun dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
  • Melangkah lebih jauh. Banyak sumber frustrasi pelanggan datang dari persepsi bahwa perusahaan hanya melakukan upaya ala kadarnya untuk menjaga kepuasan pelanggan. Tindakan yang optimal untuk menjaga kepuasan pelanggan perlu dilaksanakan untuk membuat konsumen merasa bahwa mereka benar-benar diperhatikan.
  • Bersikaplah antusias. Cara lain untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa bisnis Anda peduli pada mereka adalah dengan menunjukkan antusiasme mengenai produk Anda.
  • Ringan tangan tanpa harus menjengkelkan.  Sebagian staf bersikap ingin membantu pelanggan tetapi terlalu berlebihan hingga menimbulkan rasa jengkel pada konsumen.
  • Berikan dukungan via telepon. Sebuah kesalahan peritel online ialah beranggapan bahwa sejak kami online, kami tidak perlu memberikan nomor telepon untuk dukungan. Peritel online biasanya mengarahkan semua pertanyaan dalam sebuah formulir yang dianggap orang tidak pernah terjawab oleh siapa pun juga.
  • Melesat di depan rival. Teruslah berusaha untuk maju dan tidak setengah-setengah dalam mengungguli pesaing Anda. Amati bagaimana perusahaan lain dalam bidang industri Anda berinteraksi dengan pelanggan dan carilah cara yang spesifik untuk melakukannya.
  • Bertindak dengan gesit. Ada banyak sekali alasan mengapa orang lebih menyukai dukungan via telepon daripada via online, yaitu karena keluhan via telepon lebih cepat direspon. Sementara keluhan online yang sering disampaikan via email sering tidak dianggap.
  • Selalu berinovasi. Berlawanan dengan asumsi sebagian orang, layanan pelanggan tidak selalu berkenaan dengan interaksi bisnis ke pelanggan secara langsung. Bahkan staf profesional dan paling sopan sekalipun tidak mampu menyelamatkan perusahaan yang stagnan yang menjual barang yang sama terus menerus dari waktu ke waktu.
  • Bangkitkan semangat memiliki. Akhirnya di antara teknik layanan pelanggan yang paling baik ialah menciptakan semangat untuk memiliki. Pelanggan dengan semangat untuk memiliki akan sangat setia dan memberikan testimoni positif dan menyebarluaskan bisnis Anda secara lisan yang tidak bisa Anda lakukan dengan membayar.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar