Tongseng Jamur ala Martono, Sedap & Rendah Kolesterol

  • Tongseng Jamur ala Martono, Sedap & Rendah Kolesterol

Tongseng biasanya terbuat dari daging kambing. Namun, di Magelang, Jawa Tengah, tongseng jamur kini menjadi buruan para pecinta kuliner. Selain rasa yang lezat, tongseng jamur dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol. 

Tongseng jamur ini merupakan menu utama warung milik Martono, warga Desa Muntilan, Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ia mengaku ide awal pembuatan tongseng ini terjadi sembilan tahun lalu lantaran ingin menyajikan menu yang berbeda. "Ingin menciptakan menu lain daripada yang lain. Dan khasiatnya tongseng jamur ini bisa menurunkan kolesterol," kata Martono, beberapa waktu lalu.

Bahan serta bumbu tongseng jamur ini tergolong sederhana, yakni bawang merah, cabai rawit, tomat, kuah gulai santan, kubis, jamur tiram, dan jamur merang. proses pembuatannya pun cukup mudah. 

Pertama, irisan bawang merah, cabai rawit, dan tomat ditumis hingga layu. Kemudian, irisan jamur tiram, jamur merang, serta kubis dicampurkan. Setelah cukup matang, tambahkan kuah santan, gulai, dan kecap sebagai penambah rasa. Karena rasanya yang menggoda, tak heran sejumlah pengunjung mengaku kerap menyambangi warung Martono. 

Warung tonseng ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB hingga tengah malam. Dalam sehari warung ini bisa menjual sekitar 300 porsi dengan harga hanya Rp 7.000.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar