Tips Untuk Memulai Usaha Es Buah

  • Tips Untuk Memulai Usaha Es Buah

Di tengah udara yang terik dan panas, minuman es buah merupakan kuliner nomor satu yang diserbu banyak orang. Minuman menyegarkan ini bisa menjadi pilihan Anda untuk mendapatkan uang tambahan. Jika diseriuskan, bisa jadi usaha es buah ini menjadi ladang yang menguntungkan. Apalagi Indonesia termasuk negara tropis, sehingga keberadaan es buah selalu dicari untuk melepas dahaga.

Dilansir dari JituNews.com, ada beberapa tips penting yang bisa Anda perhatikan sebelum memulai usaha es buah ini:

1. Siapkan tempat untuk berjualan. Anda bisa menyewa tempat atau memanfaatkan lahan rumah. Anda juga bisa berjualan di supermarket atau tempat yang sudah disediakan. Biasanya tarif sewa gerobak di supermarket mulai dari Rp50.000 ke atas per bulannya.

2. Siapkan peralatan untuk memulai usaha es buah, mulai dari pisau, mangkok, sendok, toples kaca atau plastik untuk tempat topping atau buah potong, dan lain sebagainya.

3. Siapkan bahan baku buah yang berkualitas. Tambahkan pula bahan pelengkap seperti nata de coco, cincau dan lain-lain. Untuk bahan baku es buah, Anda bisa membelinya di pasar tradisional untuk tahap awal. Jika Anda sudah cukup lama mengenal pedagang buah di sana, Anda bisa memintanya untuk menjadi suplier. Dengan begitu waktu dan biaya transportasi Anda bisa lebih dihemat. Pastikan juga kualitas bahan digunakan. Jangan sampai Anda menggunakan buah-buahan yang nyaris busuk karena akan berpengaruh terhadap rasa. Lidah pembeli sangat sensitif. Sekali mereka kecewa atas menu yang kita sajikan, mereka tidak akan membeli.

4. Anda harus bisa memperkirakan jumlah buah yang akan dipotong hari ini. Buah yang sudah dikupas cenderung mudah busuk. Bisa juga jika Anda memilih mengupas buah secara bertahap.

5. Anda perlu mengumpulkan resep-resep es buah yang menarik dan belum banyak di pasaran. Anda bisa mencari resepnya dan menamainya makanan yang sudah ada dengan nama baru yang lebih unik. Lakukan juga survey mengenai menu apa saja yang menjadi favorit konsumen. Buat daftar menu untuk pengunjung. Tampilan menu dibuat menarik dan disertai foto-foto es buah yang disajikan.

6. Pesanlah banner untuk Anda pasang di luar kios atau gerobak sebagai media promosi. Harga per meternya lebih murah daripada Anda memesan sablon. Untuk banner ukuran 1,5 m biasanya Anda hanya akan dikenai biaya sekitar Rp 50.000.

7. Jagalah kebersihan warung es buah Anda. Pembeli akan malas berkunjung di tempat yang kotor.



Sumber : ayopreneur.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar