Tips Sukses Menjalankan Bisnis Keluarga

  • Tips Sukses Menjalankan Bisnis Keluarga

Tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menjalankan bisnis keluarga. Entah didasari oleh alasan apa namun bisnis keluarga ini dinilai memang jauh lebih menguntungkan daripada harus bekerja di perusahaan lain. Namun, tidak selamanya berbisnis dengan keluarga bisa berjalan dengan mulus. Ada banyak rintangan yang harus dilewati. Kali ini kami akan menghadirkan tips agar sukses dalam menjalankan bisnis keluarga seperti yang telah dilansir oleh geniusbeauty.com. Check these out.

1. Aturan yang Jelas

Kesalahan utama dari bisnis keluarga adalah tidak adanya aturan yang jelas dan juga tertulis. Semuanya hanya berjalan begitu saja dan saat ada yang berjalan tidak seperti yang diinginkan konflik pun mulai muncul. Inilah mengapa sangat penting untuk menetapkan aturan yang tertulis walaupun semua karyawan di perusahaan tersebut adalah keluarga Anda sendiri.

2. Pisahkan Antara Urusan Kerja dan Keluarga

Berkerja dengan kerabat atau keluarga jelas semakin mendekatkan Anda dengan mereka. Sarapan, makan siang, makan malam dan apanpun tentu akan terselip bahasan tentang pekerjaan. Anda harus bisa membatasi kapankah waktu untuk membicarakan pekerjaan dan kapan waktu yang memang khusus hanya untuk Anda dan juga keluarga. Jangan mencampur adukkan keduanya.

3. Tanggung Jawab yang Jelas

Pembagian tugas dan juga tanggung jawab di perusahaan harus benar-benar jelas. Jangan karena mereka adalah keluarga Anda lalu Anda akan seenaknya saja memperlakukan mereka atau sebaliknya. Sikap profesional haruslah benar-benar dijunjung tinggi.

4. Masalah Keuangan

Ini akan menjadi hal yang benar-benar sensitif di perusahaan mana saja. Semua hal yang berurusan dengan keuangan harus benar-benar dijelaskan secara gamblang dan transparan agar tidak menimbulkan konflik. Masalah keuangan yang tidak jelas akan bisa menghancurkan bisnis cepat atau lambat.

5. Arsipkan Semua Dokumen

Semua dokumen perjanjian harus benar-benar diarsipkan dengan baik. Jangan karena Anda berbisnis dengan keluarga lalu Anda akan menyepelekan hal kecil. Jika tidak ditangani dengan baik hal kecil seperti ini akan bisa menimbulkan masalah yang cukup rumit. 

Bisnis keluarga adalah sebuah tes yang sangat besar terkait dengan masalah uang dan juga hubungan kekeluargaan. Untuk itu semua hal harus benar-benar diatur dengan jelas dan teliti agar tidak sampai menimbulkan konflik yang bisa menghancurkan bisnis tersebut.


Sumber : vemale.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar