TIPS SUKSES MEMBANGUN KEPERCAYAAN MITRA KERJA

  • TIPS SUKSES MEMBANGUN KEPERCAYAAN MITRA KERJA

Sebagai seorang pelaku usaha, tentunya tak hanya masalah target penjualan saja yang perlu Anda perhatikan dengan maksimal. Hubungan kerja Anda dengan para investor, mitra bisnis, maupun anggota tim yang ada, menjadi salah satu poin penting yang menunjang kesuksesan bisnis Anda.

Tak heran bila sekarang ini membangun kepercayaan mitra kerja menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan para pengusaha. Sebab, kepercayaan mitra kerja adalah perangkat paling kuat yang bisa mempengaruhi kredibilitas para pengusaha baik di lingkungan internal maupun di kalangan sesama pengusaha.

Nah, untuk membantu para pemula maupun pelaku usaha dalam membangun kepercayaan mitra kerjanya. Berikut ini kami informasikan lima tips bisnis yang bisa dijalankan para pelaku usaha untuk membangun kepercayaan mitra kerja.

1. Jadilah orang yang bisa dipercaya sebelum memulai usaha
Untuk bisa meyakinkan calon mitra kerja, tentunya Anda harus menjadi pribadi yang bisa dipercaya sebelum memulai usaha. Hal ini penting, agar calon mitra kerja Anda bisa tertarik dengan pemaparan yang Anda sampaikan dan pada akhirnya menyetujui proyek kerjasama yang akan Anda ajukan.

2. Selalu menjaga komitmen
Ciri-ciri orang yang bisa dipercaya adalah menepati janji kepada diri sendiri dan orang lain. Karenanya, sebagai seorang pelaku usaha penting bagi Anda untuk menjaga komitmen yang telah Anda buat, baik untuk diri sendiri maupun komitmen yang dibangun bersama dengan mitra kerja Anda. Poin ini sangatlah penting, agar Anda terhindar dari predikat pelaku usaha yang tidak dapat dipercaya perkataannya, ragu-ragu dalam mengambil keputusan, dan tidak dapat diandalkan ketika dibutuhkan.

3. Bangun personal brand Anda sebagai pengusaha
Sebagai seorang pengusaha, tentunya nama baik Anda menjadi modal utama untuk meyakinkan calon mitra kerja. Untuk itu, ketika akan mengambil keputusan, biasakan untuk memikirkan terlebih dahulu mengenai baik buruknya dampak yang ditimbulkan. Hal ini perlu Anda jalankan agar citra Anda di mata para investor, mitra bisnis, karyawan, maupun keluarga bisa tetap terjaga dengan baik.

4. Biasakan untuk membuat perjanjian bisnis secara tertulis

Meskipun kerjasama yang Anda bangun melibatkan orang-orang terdekat Anda, namun biasakan untuk selalu membuat perjanjian bisnis secara tertulis agar hubungan kerjasama Anda dengan mitra ataupun investor bisa tertuang dengan jelas. Poin ini perlu Anda perhatikan untuk mengurangi resiko kecurangan atau perselisihan antara kedua belah pihak yang bersangkutan.

5. Jalin Komunikasi seefektif mungkin
Dalam membina hubungan kerjasama, komunikasi memegang peranan penting untuk mengantisipasi resiko perselisihan yang mungkin terjadi selama kerjasama berlangsung. Kurangnya komunikasi bahkan tak jarang membuat orang lain berpikir kita tak punya niat untuk menepati janji. Untuk itu, bangun komunikasi seefektif mungkin agar mitra kerja Anda tidak meragukan komitmen Anda sebagai pelaku usaha.






Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar