Tips Sukses Bisnis Minuman

  • Tips Sukses Bisnis Minuman

Bisnis makanan dan minuman sedang menjamur. Bagaimana caranya agar bisa sukses terutama dalam bisnis minuman?

Indonesia sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa membuatnya memiliki dua musim, yakni kemarau dan musim hujan. Jika sedang musim kemarau dimana cuacanya sangat panas sekali maka banyak masyarakat yang mencari minuman dingin untuk menghilangkan dahaga. Sebaliknya, jika saat musim hujan seperti sekarang maka minuman hangat banyak dicari oleh masyarakat karena bisa menghangatkan badan.

Tidak sedikit pebisnis yang sukses menjalankan bisnis minuman penghilang dahaga karena memang memiliki prospek yang cerah. Hal ini dikarenakan, dalam sehari manusia juga dituntut untuk mengkonsumsi minuman sebagai bagian dari proses pencernaan tubuh. Oleh karena itu, bisnis ini pun tentu akan selalu memiliki pangsa pasarnya tersendiri karena memang manusia membutuhkan minuman setiap saat. Jika Anda memperhatikan beberapa aspek seperti yang sudah disebutkan maka bukan tidak mungkin Anda juga bisa menjadi pebisnis sukses di bidang minuman.

 

Memiliki rasa yang unik dan lezat

Seperti halnya pada bisnis makanan, dalam menjalankan bisnis minuman pun Anda tentu dituntut untuk memiliki produk dengan cita rasa yang unik dan lezat. Cita rasa menjadi salah satu faktor utama dalam mendukung kesuksesan Anda menjalankan bisnis minuman. Pasalnya, jika Anda mampu membuat sebuah minuman dengan cita rasa yang unik dan lezat maka bisa dipastikan konsumen akan membeli produk Anda.

Untuk bisa membuat sebuah produk minuman yang unik dan lezat maka harus dilakukan banyak sekali eksperimen. Salah satunya adalah dengan melakukan observasi ke salah satu booth yang memang sudah memiliki banyak pelanggan. Anda bisa mulai mempelajari minuman yang disajikan lalu pahami ciri khas dari produk yang ditawarkan tersebut. Kemudian, Anda bisa mulai bereksperimen dengan membuat minuman dengan racikan Anda sendiri. Sebaiknya Anda melakukan inovasi sehingga tercipta sebuah minuman spektakuler dan mendapatkan cita rasa yang pas. Sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan bahan pengawet, pemanis tambahan ataupun zat tambahan lain yang membahayakan konsumen. Sebelum dijual kepada konsumen maka Anda bisa membuat tester untuk diuji coba kepada teman atau keluarga terdekat. Setiap respon yang didapat bisa menjadi masukan dalam pengembangan produk minuman Anda untuk menghasilkan minuman dengan cita rasa yang pas.

 

Selalu menjaga kualitas produk

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tidak dianjurkan untuk mengurangi salah satu bahan baku dalam pembuatan produk sehingga bisa menurunkan kualitas produk. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis minuman maka sebaiknya menggunakan bahan baku dengan takaran yang sama. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk agar tetap terjaga setiap saat. Jangan pernah sekali-sekali Anda mengurangi kualitas bahan baku ataupun mengurangi takarannya sehingga bisa menurunkan kualitas produk. Pasalnya, saat produk Anda memiliki rasa yang berbeda dari sebelumnya atau bahkan rasanya kurang enak maka konsumen tidak akan membeli produk Anda lagi. Jika memang beberapa bahan baku mengalami kenaikan harga maka Anda bisa menyiasatinya dengan sedikit mengurangi porsinya. Anda bisa memperkecil gelas ukuran agar tidak menaikkan harganya tetapi tetap menyajikan minuman cita rasa yang unik dan lezat.

 

Mempunyai produk yang diunggulkan

Saat pertama kali menjalankan bisnis minuman, sebaiknya hanya mengenalkan satu jenis minuman saja. Hal itu dilakukan sebagai awal permulaan dan juga sebagai perkenalan produk kepada konsumen. Perlahan, konsumen akan selalu ingat dengan rasa minuman yang unik dan lezat dari produk milik Anda. Dengan begitu, saat konsumen merasa haus dan ingin membeli minuman maka akan datang kepada Anda. Jika bisnis minuman Anda sudah mulai berjalan dengan lancar, maka Anda bisa menambahkan produk baru dengan rasa yang tak kalah unik dan lezat tentunya. Hal inilah yang akan membuat penjualan produk minuman Anda semakin meningkat setiap waktu.

Paling tidak, Anda harus memiliki sebuah produk minuman andalan yang tidak akan bisa didapatkan ditempat lainnya. Produk andalan tersebut yang akan menjadi senjata bagi Anda untuk bersaing dengan para kompetitor. Melalui produk andalan tersebut konsumen akan lebih tertarik membeli produk Anda nantinya. Pasalnya, produk andalan tersebut fokus dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Jadi, setiap konsumen ingin merasakan nikmatnya produk minuman Anda maka mereka tidak akan ragu untuk membelinya karena memang tidak didapatkan ditempat yang lainnya.

 

Lakukan inovasi cita rasa

Memang tak mudah menjalankan bisnis, begitu pula dalam bidang minuman. Waktu pertama kali menjalankan bisnis, biasanya Anda akan banyak melakukan perbaikan untuk menemukan cita rasa yang tepat dengan lidah konsumen. Tetapi hal ini tentu tidak boleh menyurutkan semangat Anda untuk bisa menciptakan minuman yang yang unik dan lezat. Pasalnya, saat Anda bisa menemukan cita rasa yang pas maka hasilnya akan sebanding dengan apa yang didapat nantinya. Banyak sekali konsumen yang akan datang kepada Anda untuk membeli minuman. Bukan hanya untuk sekedar menghilangkan dahaga saja tetapi juga ingin merasakan sensasi unik produk minuman Anda.

Selain itu, Anda juga harus selalu melakukan inovasi dengan menciptakan produk-produk minuman terbaru dengan kualitas rasa yang tak kalah enaknya. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat-lihat di majalah atau internet. Anda bisa mencontohnya dengan sedikit menambahkan bahan baku untuk menciptakan rasa yang unik. Ingat, bukan menjiplaknya tetapi memodifikasinya sehingga tercipta minuman yang unik dan khas buatan Anda sendiri. Dengan selalu menciptakan minuman yang unik dan lezat maka akan banyak sekali konsumen yang tertarik membeli produk minuman Anda.

 

Menjaga persaingan harga

Sebagai seorang pebisnis, tentunya sudah memikirkan perhitungan harga jual dari produk minuman Anda secara rinci. Anda harus mempertimbangkan segala hal untuk bisa menentukan harga jual yang tepat. Bahkan, Anda juga bisa membandingkannya dengan harga jual yang ditetapkan oleh kompetitor Anda. Dengan begitu, Anda bisa menentukan harga jual yang pantas dan tepat untuk produk Anda. Jangan sampai Anda menentukan harga jual yang justru membuat rugi Anda sendiri. Jadi, usahakan harga yang ditawarkan kepada konsumen memang sudah pantas dan tidak mengurangi kualitas produk.

Saat menentukan harga yang terlalu tinggi maka pastikan bahwa ada hal lebih dalam produk Anda. Pasalnya, jika Anda menentukan harga terlalu tinggi kualitas yang standar maka bisa dipastikan konsumen akan memilih produk dengan harga yang jauh lebih murah. Oleh karena itu, harus ada sesuatu yang lebih jika Anda memang ingin menentukan harga yang lebih tinggi atas produk minuman Anda. Jangan sampai hanya ingin mengejar keuntungan semata Anda lantas menentukan harga yang tidak sesuai dengan apa yang didapat oleh konsumen.

 

Berikan layanan terbaik

Setelah mampu membuat minuman dengan cita rasa yang unik dan lezat maka faktor penting selanjutnya adalah memberikan layanan yang terbaik kepada konsumen. Artinya, Anda sebaiknya selalu memberikan pelayanan yang ramah kepada setiap konsumen yang datang. Ingatlah, sebuah kata-kata bijak menyebutkan bahwa seorang pembeli adalah raja. Itulah kenapa Anda harus memperlakukan setiap konsumen dengan baik karena mereka adalah raja bagi Anda.

Selain itu, kebersihan dari tempat Anda berjualan mulai dari dapur hingga ruang utama yang ditempati oleh konsumen harus senantiasa dalam kondisi bersih. Jangan sampai booth Anda terlihat oleh konsumen dalam kondisi yang kotor. Kemudian, pastikan bahwa tampilan produk Anda juga menarik. Bukan hanya kemasan yang digunakan untuk membungkus minuman saat dibawa pulang saja, tetapi juga gelas yang digunakan untuk menyajikan minuman pun juga harus unik dan belum pernah ditemui oleh konsumen ditempat yang lain.

 

Lakukan promosi setiap saat

Dengan melakukan promosi maka hal tersebut bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar kepada Anda. Media sosial dinilai sangat efektif bagi Anda dalam melakukan promosi. Dengan memanfaatkan sosial media maka Anda selalu bisa menjangkau konsumen setiap saat dan terbatas oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu, media sosial menjadi alat bantu promosi yang sangat efektif dengan biaya yang cukup murah pula. Manfaatkan dengan baik media sosial yang biasa aktif digunakan oleh pengguna internet. Anda bisa menggunakan facebook, twitter, instagram maupun pinterest dalam mempromosikan setiap produk Anda. Pasalnya, beberapa media sosial tersebut adalah yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Tetapi jika Anda ingin lebih memberikan kesan yang sangat personal maka Anda bisa memanfaatkan BBM maupun line yang langsung direct atau fokus kepada setiap penggunanya.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon kepada konsumen jika membeli item produk tertentu ataupun setelah melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. Secara psikologis, penetapan harga diskon akan cenderung membuat seorang konsumen tertarik untuk membeli sebuah produk. Hingga kini, pemberian diskon merupakan salah satu media promosi yang cukup tepat agar konsumen membeli suatu produk. Tidak sedikit perusahaan besar yang melakukan ini untuk menarik daya beli konsumen.

 

Membuat waralaba

Setelah Anda mampu menjalankan bisnis minuman di suatu tempat dengan baik, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai mengembangkannya di daerah lain. Caranya adalah dengan membuka cabang sendiri untuk mengenalkan produk tempat Anda di daerah lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan sistem waralaba atau franchise kepada masyarakat yang tinggal didaerah lain untuk menjangkau konsumen yang lebih luas juga tentunya. Secara tidak langsung, Anda pun juga memberikan keuntungan tersendiri yakni membuka peluang kerja bagi masyarakat luas. Perlahan, bisnis minuman yang dijalankan pun akan tumbuh semakin besar dengan perluasan bisnis hingga ke area lainnya.

Itulah caranya bagaimana caranya untuk membangun sebuah bisnis minuman penghilang dahaga.


Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar