Tips Menggunakan Facebook Untuk Bisnis

  • Tips Menggunakan Facebook Untuk Bisnis

Strategi marketing paling mudah dan juga murah pada saat ini adalah melalui media sosial. Pasalnya, saat ini media sosial menjadi bagian yang paling penting dari hidup seseorang. Tidak jarang seseorang yang baru saja bangun tidur akan mencari handphone miliknya untuk mengetahui hal baru di dunia media sosial. Oleh karena itu, banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang memanfaatkan media sosial dalam menawarkan produk.

Salah satu media sosial yang paling terkenal dan memiliki ratusan juta pengguna di seluruh dunia adalah facebook yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg. Facebook merupakan salah satu situs media sosial ternama yang menawarkan berbagai macam hal kepada penggunanya. Bukan hanya untuk menunjukkan aktivitas sehari-hari dari penggunanya saja. Tetapi facebook juga menawarkan banyak sekali fasilitas yang memudahkan bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan hasil penjualannya. Facebook memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa mengembangkan bisnis Anda.

 

Selalu berinteraksi dengan pelanggan

Saat Anda menggunakan facebook sebagai sarana promosi agar lebih dekat dengan konsumen maka Anda tidak bisa begitu saja mengesampingkannya. Artinya, Anda tidak hanya menjual produk semata dengan tidak memperhatikan respon dari para konsumen. Pasalnya, banyak sekali perusahaan yang menggunakan facebook justru membatasi komunikasinya dengan para pelanggan. Padahal, Anda bisa menggunakan facebook untuk menanyakan respon yang dialami pelanggan selama menggunakan produk. Secara tidak langsung Anda akan mendapat feedback tanpa harus melakukan survey yang bisa menyita banyak waktu dan tenaga. Jika memang ada keluhan dari pelanggan maka segera tanggapi hal tersebut dengan baik. Sebuah komentar negatif dari seorang pelanggan seharusnya bisa memotivasi Anda agar bisa bekerja lebih baik. Oleh karena itu, jangan hanya menciptakan komunikasi satu arah yang justru akan menimbulkan kesan tidak baik sehingga pelanggan menjauh dari Anda.

 

Unggah status yang bernada positif dan menyenangkan

Dalam menggunakan facebook sebagai media promosi atau strategi marketing tidak selalu harus mengeluarkan berita-berita produk terbaru saja. Hal itu akan menyebabkan pelanggan mudah bosan karena hanya mendapatkan pemberitaan terkait produk-produk terbaru yang sebenarnya belum diperlukan. Oleh karena itu, sesekali waktu Anda bisa mengunggah status yang bertuliskan motivasi dalam menjalani hidup. Selain itu, Anda juga mengunggah sebuah gambar unik dan lucu sehingga membuat pelanggan terhibur ketika membuka facebook perusahaan Anda. Jika pelanggan sudah mulai terhibur maka mereka tidak segan untuk selalu mengingat perusahaan Anda saat membutuhkan sebuah produk. Biasanya, sebuah gambar yang unik dan bersifat teka-teki akan disukai oleh pelanggan sehingga memberikan kesan positif untuk perusahaan Anda.

 

Siapkan video yang menarik untuk diunggah

Keberhasilan sebuah perusahaan dalam menjaring konsumen yang loyal adalah karena menampilkan sebuah video yang menarik dan relevan dengan bisnis Anda tentunya. Contoh saja sebuah aplikasi chating Line yang berhasil membuat jutaan penggunanya di Indonesia mendownload mini seri Ada Apa Dengan Cinta [AADC] beberapa waktu lalu. Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk meningkatkan penjualan dengan cara membuat sebuah video yang membuat pelanggan untuk membeli produk. Salah satu caranya adalah dengan membuat sebuah video yang unik tentang perbandingan produk milik Anda dengan milik pesaing. Dengan memberikan informasi seputar kelebihan produk milik Anda maka pelanggan akan tertarik untuk membelinya.

 

Cantumkan link dari sebuah artikel yang menarik

Tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan banyaknya informasi di dunia internet. Oleh karena itu, untuk membantu perusahaan berkembang maka Anda bisa memposting artikel menarik. Selain membuat perusahaan berkembang, hal ini akan menjadi kegiatan yang menarik karena menghubungkan Anda dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Bahkan, Anda juga bisa memuat artikel yang dibuat oleh blogger atau pengguna internet lainnya yang tentunya masih relevan dengan bisnis Anda. Artikel yang menarik dari sumber lain akan membuat pengguna merasa nyaman karena mendapat banyak informasi yang bermanfaat dari facebook perusahaan Anda. Dengan begitu, pelanggan akan lebih loyal untuk melakukan setiap transaksi.

 

Buatlah sebuah kuis berhadiah

Melalui facebook, Anda bisa membuat berbagai macam kegiatan promosi untuk bisa meningkatkan pendapatan perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan mengdakan kuis yang memberikan hadiah menarik bagi konsumen. Anda bisa membuat sebuah kompetisi melalui pemberian ‘like’ yang melibatkan konsumen dengan melakukan share pada sebuah gambar yang diunggahnya. Dalam beberapa hari Anda bisa menjaring banyak sekali pengguna internet yang sebelumnya tidak pernah mengetahui produk Anda. Semakin banyak pelanggan yang melakukan share maka semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan. Cara seperti ini pun lazim digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam menjaring konsumen untuk meningkatkan penjualannya.

 

Berikan diskon bagi pembelian dengan syarat tertentu

Anda juga bisa melibatkan follower yang sudah ada selama ini dengan memberikan diskon khusus, tentunya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda bisa memberikan penawaran khusus kepada mereka yang telah bergabung di halaman facebook. Dengan adanya penawaran diskon untuk item-item produk tertentu akan membuat pelanggan tertarik berbelanja walaupun dalam jumlah yang sedikit. Bahkan, adanya penawaran diskon ini juga akan membuka kesempatan yang sangat besar bagi pengguna lainnya untuk berbelanja di tempat Anda. Cara seperti ini biasanya lebih berhasil dalam menjaring pelanggan-pelanggan baru untuk berbelanja karena adanya penawaran diskon yang menarik.

 

Partisipasi pelanggan

Jangan membatasi setiap aktivitas pelanggan di halaman facebook perusahaan Anda. Pasalnya, pelanggan setia biasanya akan mengunggah foto saat beraktivitas dengan produk milik Anda. Mereka dengan senang hati akan membagikan pengalaman terbaik yang dirasakan selama menggunakan produk Anda. Bahkan, Anda juga bisa membuat semacam kompetisi dengan memilih foto terbaik saat menggunakan produk Anda. Foto yang terbaik tentunya akan dipilih sebagai pemenang dan mendapat hadiah eksklusif.

 

Menulis status yang menginspirasi

Banyak sekali motivatot yang membagikan pengalaman hidupnya dengan memberikan kutipan-kutipan sebagai penyemangat dalam menjalani hidup. Sebuah kutipan yang bagus tentu bisa menjadi kunci sukses bagi Anda untuk memposting status yang sedikit tidak bersinggungan dengan dunia bisnis. Tapi, banyak juga pebisnis hebat yang mengeluarkan kutipan penyemangat bagi mereka dalam menjalankan bisnis. Kata-kata kutipan yang menginspirasi inilah yang bisa menjadikan traffic facebook Anda meningkat Pasalnya, satu pengguna dan yang lainnya akan saling memberikan komentar atas kata-kata kutipan yang menginspirasi tersebut. Bahkan, pelanggan Anda juga tidak ragu untuk membagikannya dengan orang lain sehingga banyak menghasilkan banyak keuntungan bagi Anda.

 

Lakukan kegiatan sosial

Selama ini, facebook juga menjadi senjata yang ampuh dalam melakukan penggalangan dana ataupun kegiatan sosial lainnya. Tidak jarang Anda sering menemukan aktivitas sosial yang awalnya digalang melalui facebook. Dengan melibatkan perusahaan serta staf dalam aktivitas penggalangan dana juga akan menimbulkan kesan positif di publik. Pasalnya, perusahaan Anda pun juga membutuhkan dukungan dari berbagai banyak pihak termasuk melalui kegiatan-kegiatan sosial yang bisa mendatangkan banyak massa.

 

To the point

Jika Anda ingin menyampaikan sebuah produk terbaru berkat keberhasilan tim riset dan pengembangan perusahaan Anda, maka jangan sekali-kali menyampaikannya dengan bahasa ilmiah. Hal ini dikarenakan pelanggan hanya sekedar ingin tahu apa saja kelebihan produk baru temuan Anda tersebut dan tidak terlalu menginginkan penjelasan lebih mendalam proses penelitian yang dilakukan. Oleh karena itu, sampaikan kelebihan produk Anda kepada pelanggan dengan bahasa yang lugas dan langsung to the point pada penyelesaian masalahnya tapi tetap bersifat informatif. Dengan begitu, pelanggan akan menilai facebook perusahaan Anda bukanlah sesuatu yang membosankan.

Dengan memiliki akun facebook maka Anda bisa mengembangkan bisnis seluas-luasnya tanpa ada batasan. Bahkan, Anda bisa melakukan strategi marketing dengan mudah dan biaya yang sangat murah.


Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar