Tips mengembangkan produk usaha agar sukses bersaing di pasar

  • Tips mengembangkan produk usaha agar sukses bersaing di pasar

Siapa yang nggak ingin sukses? Semua orang pasti ingin sukses, tapi ada banyak cara untuk mencapainya. Jika kamu ingin jadi seorang pengusaha yang produknya sukses di tengahnya persaingan pasar, maka ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jangan berebut menjadi ahli

Sebagai pengusaha, kamu pasti punya partner kerja dan pegawai. Nah, selalu pastikan kalian membagi tugas dengan baik. Jangan semua berebut menjadi ahli untuk membuat produk baru. Harus ada yang membantu melihat proses pengembangannya, memikirkan bagaimana cara menjualnya, dan bagaimana evaluasi produknya.

2. Riset harga yang tepat

Urusan yang ini memang sensitif dan tricky. Kalau kamu menentukan harga yang terlalu mahal untuk suatu produk, ya nggak bakal ada yang mau beli. Kalau ternyata harganya terlalu murah, kamu akan banyak rugi akhirnya. Harga harus pas, dan ini butuh riset. Kamu bisa melakukan riset tentang kondisi, waktu, dan lokasi suatu produk akan diluncurkan. Ini akan sangat mempengaruhi penentuan harga.

3. Banyak minta masukan

Di sekitarmu pasti ada orang yang berpengalaman dalam bidang bisnis. Kalau belum punya teman seperti ini, maka itulah pentingnya menjalin networking. Oleh karena itu, mintalah masukan pada orang-orang yang benar-benar paham. Mendapatkan sudut pandang dari orang luar akan selalu bermanfaat. Namun bukan berarti harus ditelan mentah-mentah semuanya. Kamu harus belajar menelaah, mana yang bermanfaat untuk membuat produk kita jadi lebih baik dari yang ada sekarang ini.



Sumber : merdeka.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar