Tips Mendapatkan Modal Usaha Selain dari Pinjaman Bank dan Kartu Kredit

  • Tips Mendapatkan Modal Usaha Selain dari Pinjaman Bank dan Kartu Kredit

Dalam membangun sebuah bisnis, tentunya hal pertama yang harus dipersiapkan bagi setiap pebisnis adalah modal usaha. modal menjadi faktor yang penting ketika memutuskan untuk membangun usaha sendiri. Tanpa adanya modal, rencana bisnis yang dibuat hanya akan menjadi mimpi dan sulit untuk mencapainya. Untuk besar kecilnya modal yang dibutuhkan memang akan tergantung dari jenis usaha yang akan dikerjakan.

Untuk mencari modal usaha ini biasanya para pebisnis akan mengajukan pinjaman kepada pihak bank maupun menggunakan kartu kredit. Namun kini banyak cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha. Berikut ini beberapa tips bagi yang ingin mendapatkan modal usaha dengan mudah selain melalui jalur bank maupun kartu kredit.

1. Menggunakan Uang Tabungan

Salah satu sumber modal termudah yang bisa Anda dapatkan adalah dengan menggunakan tabungan pribadi. Tidak hanya mudah, dengan menggunakan uang pribadi tentu saja memiliki risiko yang rendah karena tidak dibebani dengan bunga pinjaman atau pun biaya tambahan lainnya.

Sehingga saat usaha belum balik modal, tidak perlu kebingungan untuk mencari cara membayar kembali modal tersebut. Anda bisa mencoba sedari dini untuk mengumpulkan pemasukan ke dalam tabungan khusus yang nantinya digunakan untuk modal usaha.

2. Menggunakan Aset Pribadi

Terkadang untuk mewujudkan sebuah impian, tentunya membutuhkan sebuah pengorbanan. Anda bisa mencoba untuk menggunakan aset-aset pribadi, entah itu dijual maupun di gadaikan. Setidaknya Anda harus merelakan beberapa aset berharga tersebut untuk sementara waktu.

Untuk itu, list kembali aset-aset yang dimiliki, perhatikan mana yang sudah jarang atau bahkan tidak digunakan lagi yang memiliki nilai jual tinggi. Dengan begitu nantinya Anda bisa mendapatkan modal tambahan yang cukup untuk memulai bisnis usaha yang direncanakan.

3. Dana Hibah Perusahaan

Cara lainnya untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan menggunakan dana hibah perusahaan. Biasanya terdapat beberapa perusahaan yang memiliki program dana hibah yang diperuntukkan bagi pebisnis-pebisnis baru. Salah satunya dalam bentuk CSR atau Corporate Social Respobilinty.

Dana hibah ini memang sedang trend saat ini untuk pengembangan UKM-UKM yang ada di Indonesia. Dana –dana tersebut biasanya akan disalurkan dalam bentuk kompetisi usaha. Sehingga jika Anda ingin mendapatkan dana ini, sebaiknya mulai siapkan profil bisnis semenarik mungkin agar dapat dilirik oleh perusahaan-perusahaan yang memberikan dana hibah tersebut.

4. Modal Patungan atau Kongsi

Dengan modal patungan menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan modal dengan jumlah yang lebih besar untuk memulai sebuah usaha. Sistem yang berlaku dalam modal patungan ini adalah mengenai pembagian hasil dari keuntungan yang didapatkan kepada para pemilik modal.

Besarnya kecilnya keuntungan yang diperoleh akan tergantung dari jumlah modal yang ditanamkan. Kelebihan menggunakan sistem kongsi ini adalah Anda tidak akan dibebankan bunga pinjaman. Akan lebih baik lagi jika mencari kongsi dari kerabat atau pun teman terdekat.

5. Mengikuti Pelatihan

Solusi lainnya dapat untuk bisa mendapatkan modal adalah melalui lembaga pemberdayaan ekonomi. Biasanya lembaga-lembaga ini sering mengadakan training, workshop, atau pun pelatihan untuk berbisnis. Biasanya setelah mengikuti training, akan diberikan informasi mengenai akses untuk modal usaha. Biasanya lembaga-lembaga ini seperti Penyalur Kredit Usaha rakyat atau Organisasi Buruh PBB.

6. Melalui Situs Crowdfunding

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah melalui situs-situs crowdfunding. Kecanggihan internet saat ini memang mempermudah pengusaha untuk bisa mendapatkan modal untuk menjalankan bisnis. dengan menggunakan laptop dan koneksi internet saja, Anda bisa mendapatkan modal seperti yang diinginkan.

Sistem dalam situs crowdfunding ini sama halnya dengan sponsorship. Anda menawarkan usaha dalam sebuah situs kemudian pengunjung website tersebut dapat menjadi sponsor jika berminat pada usaha yang ditawarkan. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan reward pada para sponsor-sponsor tersebut dalam berbagi bentuk seperti yang sudah dijelaskan pada situs tersebut.




Sumber : cermati.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar