Tips Mempengaruhi Psikologi Pembeli

  • Tips Mempengaruhi Psikologi Pembeli

Berjualan online bukan hanya membutuhkan trik marketing online yang mantap. Tapi Anda juga membutuhkan cara agar pembeli terpengaruh untuk membeli produk Anda.

Yang dimaksud terpengaruh disini bukan dengan cara hipnotis atau membuat produk atau konten yang tidak sesuai dengan produk aslinya (menipu).

Anda perlu memperhatikan penampilan konten Anda, apa saja sih tips yang bisa kami berikan? Yuk, disimak!!

1. Permainan Warna Konten

Warna konten sangat mempengaruhi ribuan pasang mata yang mengunjungi toko Anda. Misalkan saja Anda sedang mengadakan diskon, maka Anda bisa menampilkan harga diskon tersebut dengan warna terang seperti merah, biru, atau pun cara penulisan yang berbeda.

Perbedaan warna tulisan, bentuk tulisan, adanya coretan pada harga dan diskon dalam bentuk persen membuat customer merasa harga di toko Anda lebih murah dari pada harga normalnya. 

Memang benar, diskon saja sudah cukup menarik perhatian customer Anda. Tapi dengan ada perbedaan bentuk atau warna tulisan Anda bisa melipat gandakan rasa minat customer untuk membeli.

2. Kontras Gambar / Permainan Gambar
Bukan hanya permainan warna yang perlu di perhatikan, tapi permainan gambar juga perlu mendapat perhatian. Kenapa? Karena dengan gambar membuat calon customer lebih percaya dan terpengaruh oleh produk Anda. Contohnya saja, jika Anda menjual produk kecantikan, foto yang Anda tampilkan adalah perbandingan antara sebelum (kusam, hitam dan banyak jerawat) dan sesudah (bersih, cerah dan halus) memakai produk Anda.

Calon Customer Anda, pasti akan berpikir bahwa produk yang Anda tawarkan hasilnya cukup memuaskan.


3. Bagi Produk Anda dalam Beberapa Kategori

Contohnya dengan membuat kategori terlaris atau terpopuler. Kata terlaris atau terpopuler ini sangat mempengaruhi mindset customer. Customer akan merasa bahwa produk-produk yang masuk dalam kategori terlaris dan terpopuler berarti sudah banyak di beli atau di gunakan orang, maka customer akan semakin percaya pada produk tersebut.


4. Bedakan Produk Baru

Sama halnya dengan produk-produk unggulan, terlaris atau terpopuler. Anda juga perlu memisahkan produk baru pada 1 menu khusus. Ini akan menarik perhatian customer yang mayoritas ingin tampil trendy dan tentunya tidak ketinggalan jaman. Dengan adanya menu “produk baru” membuat customer merasa produk-produk tersebut harus segera mereka dapatkan untuk tampil modist.


5. Membuat Pilihan

Pilihan/ varian sangat diperlukan agar toko Anda terlihat memiliki pilihan warnanya. Tapi dalam menentukan pilihan, usahakan untuk membuat pilihan yang berlebihan jumlahnya Karena customer akan berpikir lebih banyak untuk penentuan warna yang sesuai dengan mereka. Pilihan yang standard sekitar 4-6 pilihan per produk.


6. Buat Stock Produk Terbatas

Stock produk yang terbatas membuat customer ingin segera memiliki barang yang mereka inginkan Karena takut tidak kebagian barang tersebut.

Gimana cara membuat produk Anda terlihat akan segera habis? Munculkan stock barang yang terbatas, misalkan sisa 10 produk lagi, sisa 3 stock terakhir, dsb.

Tapi Anda juga perlu menjaga kredibilitas toko Anda. Jangan sampai melakukan kebohongan publik yang membuat customer tidak percaya lagi pada produk Anda.

Sebagai penjual penting sekali mempelajari psikologi customer. Selain berjualan membutuhkan marketing yang baik, kita juga harus mengenal karakter-karakter maupun psikologi umum customer. Agar produk yang kita tawarkan lebih tepat sasaran.

Mungkin itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan di artikel kali ini. Stay Tuned terus untuk dapatkan informasi atau tips-tips lainnya.



Sumber : olsera.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar