Tips Membuat Presentasi Bisnis yang Menarik

  • Tips Membuat Presentasi Bisnis yang Menarik

Pertama, Anda harus tahu, dalam membuat bisnis Anda tentu tidak tahu kejadian yang akan terjadi bukan. Mulai dari apakah bisnis Anda akan bangkrut atau akan sukses dalam waktu yang singkat misalnya. Nah, maka dari itu, Anda harus mempersiapkan sedetail mungkin bagaimana bisnis Anda bisa berjalan. Terutama untuk modal, tidak setiap pebisnis baru mempunyai modal yang besar bahkan ada yang tidak bermodal. Untuk membutuhkan modal tambahan, Anda harus membutuhkan investor. Ketika bertemu dengan investor, Anda akan diminta membuat business plan serta presentasi bisnis. Sekarang kita akan membahas secara detail tentang bagaimana cara membuat presentasi bisnis yang baik.

Banyak sekali orang meremehkan membuat presentasi bisnis, mulai dari asal-asalan membuat sampai membuat dengan waktu yang mepet. Padahal, presentasi bisnis ini hampir sama pentingnya dengan business plan. Ketika business plan Anda bagus, tetapi saat presentasi slide Anda buruk, tentu informasi tidak akan tersampaikan dengan baik juga. Nah, sekarang mari kita simak cara membuat presentasi bisnis yang baik agar bisnis Anda mendapat perhatian dari rekan bisnis Anda.

 

Buatlah coret-coretan atau draft

Pertama kali dalam cara membuat presentasi bisnis adalah membuat coret-coretan atau draft. Buatlah kenapa Anda membuat presentasi ini, apakah tujuan dari presentasi ini. Berpikir juga kenapa audience Anda mau mendengarkan dan melihat presentasi Anda. Buatlah alur setiap slide Anda, mulai dari pembukaan, inti sampai penutup. Kalau Anda mempunyai sticky note itu lebih baik, karena Anda bisa membagi setiap sticky note satu slide.

 

Gabungkan perpaduan warna yang baik

Pernah melihat slide presentasi yang begitu menyedihkan, warna, tulisan sampai gambar-gambar tidak teratur tidak jelas. Audience pasti tidak akan mengerti, ketika mereka mulai tidak mengerti mereka akan malas untuk mendengarkan. Maka dari itu, Anda harus benar-benar memperhatikan perpaduan warna dari slide Anda. Jika Anda ragu, Anda dapat melihat referensi dari internet.

Lalu untuk font atau bentuk teks, menurut survey menyebutkan bahwa font seperti Arial dan Calibri adalah font yang paling mudah dibaca. Maka dari itu, teguhkan iman Anda ketika melihat sekumpulan font-font lucu. Karena percayalah, itu tidak akan membantu untuk membuat desain presentasi Anda menarik. Lalu untuk ukuran font, ini juga penting, usahakan jangan terlalu kecil dan besar. Dan pastikan hal-hal penting ada highlight atau beri ukuran yang lebih besar.

 

Gunakan gambar, audience akan bosan dengan tulisan

Anda pasti pernah mengalami kan melihat presentasi teman-teman waktu sekolah atau kuliah, isinya penuh dengan tulisan. Jadi kita tidak menghiraukan sang presentasi malah fokus untuk membaca. Padahal inti dari membuat presentasi adalah agar semua audience mendengarkan Anda dan fokus kepada Anda. Maka dari itu, gunakan gambar yang baik. Bahkan lebih banyak gambar atau kombinasi teks dengan gambar juga sangat baik. Tidak hanya gambar, Anda bisa menonjolkan statistik atau diagram agar menarik. Dan jangan sekali-sekali menggunakan tabel, kenapa? Karena grafik lebih menarik dari tabel. Jika memang Anda mempunyai video yang bisa ditampilkan, gunakan video. Video tentu akan lebih menarik perhatian audience Anda.

 

Slide adalah poin-poin terpenting

Seperti dijelaskan diatas, bahwa penggunaan teks terlalu banyak adalah kesalahan mendasar dari dalam membuat slide presentasi bisnis. Jadi usahakan Anda tidak perlu membaca atau bahkan menoleh slide. Fokuskan diri Anda kepada audience Anda. Jadi buat setiap slide presentasi Anda harus memberikan poin-poin yang penting saja. Cukup 2 atau 3, selain itu Anda bisa menggunakan gambar didalam poin-poin tersebut.

 

Hal terpenting dalam presentasi adalah, diri Anda sendiri

Dalam setiap presentasi bisnis berbeda dengan seorang guru yang menyuruh muridnya membaca slide yang penuh dengan tulisan. Presentasi adalah bagaimana audience bisa fokus terhadap Anda, bagaimana cara Anda menyampaikan tujuan bisnis Anda, prospek bisnis Anda atau bahkan pencapaian bisnis Anda. Jadi, fokuskan audience kepada diri Anda. Slide materi adalah hanya pembantu.

 

Pastikan Anda buat cerita didalam presentasi

Biasanya setiap presentasi, bisa dibuat sebuah cerita. Pertama cerita bagaimana Anda membangun bisnis Anda atau pengalaman menarik soal membangun bisnis Anda. Lalu misalnya Anda membuat produk baru dan bercerita bagaimana produk tersebut menarik minat masyarakat. Atau Anda membuat cerita yang lain. Ini bisa dibuat agar para audience tidak bosan dalam mendengarkan presentasi produk Anda.

 

Berikan audience sesuatu bukan malah membebani

Setiap mengakhiri presentasi, berilah sesuatu yang membuat audience Anda akan selalu teringat. Misalnya bisnis Anda bisa besar seperti apa, atau tips trik mengembangkan bisnis. Bahkan Anda bisa bagaimana Anda mendapatkan bisnis tersebut.

Berlatih

Ini hal terakhir yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda akan berpresentasi kepada investor Anda, Anda tentu tidak mau hal-hal buruk terjadi misalnya grogi atau tidak siap. Jadi berlatih adalah satu-satunya solusi. Ketika slide sudah siap, baca-baca lagi periksa apakah ada slide yang kurang. Lalu yang terpenting bisa Anda lakukan adalah, Anda bisa praktek didepan teman-teman atau karyawan bisnis Anda.

Bagaimana, apakah Anda punya tips tambahan untuk membuat presentasi bisnis yang menarik?


Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar