Tips Ampuh Tingkatkan Omset Bisnis

  • Tips Ampuh Tingkatkan Omset Bisnis

Peningkatan omset penjualan dalam suatu bisnis adalah faktor yang paling di idam-idamkan oleh setiap pelaku usaha, itu berarti bisnis yang kita jalankan tandanya sedang berkembang serta keuntungan pun tentunya ikut meningkat.

Meningkatkan omset harus menjadi fokus utama bagi para pebisnis pemula, jangan dahulu berpikir mengenai pengembangan bisnis, buka cabang ataupun bebas finansial jika omset bisnis anda masih belum stabil.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik bisnis/pelaku UKM untuk meningkatkan omset bisnis.

1. Tentukan Target Market Potensial  
Untuk meningkatkan omset bisnis, salah satu cara penting yang perlu dilakukan adalah menentukan target market atau target konsumen yang paling berpotensi untuk meningkatkan omset, misalnya kalangan menengah keatas (Jika produk kita premium) atau kalangan anak-anak sekolah/mahasiswa jika produk kita memang fokus untuk melayani kebutuhan siswa/mahasiswa.

2. Rencanakan Promosi 
Cara selanjutnya untuk meningkatkan omset bisnis adalah dengan melakukan perencanaan promosi. Banyak UKM tidak melakukan perencanaan terlebih dulu ketika akan melakukan promosi bisnisnya. Merencanakan promosi bisa dilakukan secara sederhana, misalnya dengan menetapkan periode waktu promosi, tetapkan list strategi promosi serta target yang ingin dicapai.

3. Membuat Paket Produk 
Ada cara untuk membuat konsumen melakukan pembelian produk kita dalam jumlah besar. Langkah sederhana ini adalah dengan membuat paket-paket produk. Paket produk ini bertujuan agar konsumen membeli produk kita lebih dari satu produk, misalnya saja paket bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket saat periode tertentu (hari besar, hari istimewa dan sebagainya).

4. Insentif Untuk Konsumen 
Langkah lainnya yang cukup ampuh untuk meningkatkan omset adalah dengan memberikan insentif ke konsumen jika konsumen tersebut melakukan pembelian berulang atau pembelian dalam jumlah tertentu ( beli skala kecil, skala besar). Pada dasarnya konsumen senang jika diberi insentif sehingga akan memotivasi untuk melakukan pembelian lebih. Insentif bisa berupa potongan harga, gimmick hadiah, tambahan bonus dll.

5. Varian Produk 
Strategi selanjutnya adalah dengan melakukan pengembangan produk (product development). Pengembangan produk ini bisa kita lakukan dengan cara membuat varian produk/jasa yang lebih variatif. Hal yang penting dari strategi ini adalah kita peka terhadap kebutuhan konsumen. Varian produk ini bisa dalam hal ukuran yang berbeda, fitur yang berbeda, jenis produk, tipe serta variasi lainnya. Varian produk juga bisa merupakan turunan produk, misal anda menjual handphone dan disaat yang bersamaan juga menjual power bank.




Sumber : ayopreneur.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar