Tips Agar Tidak Gampang Menyerah Saat Memulai Bisnis

  • Tips Agar Tidak Gampang Menyerah Saat Memulai Bisnis

Tantangan utama dalam merintis usaha sebenarnya bukan tidak adanya modal. Namun, yang paling berat ialah cara mempertahankan semangat berbisnis, tetap bertahan dalam usaha meskipun menghadapi banyak tantangan.  

Merintis bisnis membutuhkan waktu, tidak bisa serta merta meraih kesuksesan. Ada proses yang harus dilalui. Mulai dari memikirkan ide awal, membuka, memperkenalkan dan mempromosikan usaha tersebut. Dalam proses ini, banyak sekali tantangan dan rintangan. Baik dari internal pebisnis sendiri maupun yang datang dari eksternal.

Tantangan ini tidak jarang menyebabkan pebisnis patah arang. Tidak kuat melihat usaha yang dibangun lambat tumbuh, penjualan seret, sementara dana dan tenaga sudah banyak dicurahkan. Akhirnya memilih mundur dan menutup usaha.

Sebagian besar pebisnis yang buka usaha sendiri, gagal pada tahap awal. Meski begitu, Anda tak boleh pesimistis. Buktinya, pengusaha yang sekarang sukses, umumnya bisa bertahan dan lolos dari masa-masa paling kelam.

Bekerja karena dorongan kesukaan atau hobi pasti hasilnya akan berbeda. Ada keinginan kuat memberikan yang terbaik. Kasarnya, tidak dibayar pun, kita mau mengerjakan hal tersebut.

Passion merupakan penyemangat yang manjur saat bisnis sedang susah. Walaupun penjualan sedang merosot, tetapi karena melakukannya bukan karena tuntutan keuntungan,  namun karena memang menyukainya, kita akan terus berkarya memberikan yang terbaik.

Sebaliknya, jika bisnis dilakukan karena harapan akan kekayaan semata, ketika muncul tantangan atau kesulitan, yang niscaya pasti ada dalam usaha, semangat pantang menyerah mudah luntur. Tidak ada motivasi dari dalam yang menjaga semangat.

Umumnya, membangun usaha sendiri membutuhkan waktu. Jarang yang bisa berhasil dalam waktu pendek. Stamina untuk bertahan paling efektif adalah motivasi yang muncul dari dalam diri sendiri.



Sumber : ayopreneur.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar