TIPS AGAR PENGUSAHA WANITA TAK BOROS BERBELANJA

  • TIPS AGAR PENGUSAHA WANITA TAK BOROS BERBELANJA

Salah satu kebiasaan wanita yang tak bisa ditinggalkan adalah kegemarannya dalam hal berbelanja. Tak terkecuali belanja segala kebutuhan dalam menjalankan sebuah usaha.

Meski dalam hal ini tujuannya untuk memenuhi segala kebutuhan bisnisnya, namun terkadang anggaran belanja yang dikeluarkan melebihi omzet pendapatan yang diterima setiap bulan. Sehingga tidak heran bila beberapa pengusaha wanita harus menelan pahitnya kerugian usaha karena mereka tak bisa mengontrol perencanaan belanja dengan baik.

Nah, agar kegagalan seperti di atas bisa terhindar dari peluang bisnis wanita yang sedang Anda kembangkan. Sedikitnya ada empat tips agar pengusaha wanita tak boros berbelanja.

Pertama, bedakan kebutuhan dan keinginan

Salah satu hal yang mendorong wanita terbiasa boros berbelanja karena mereka belum bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Contoh kecilnya saja ketika kita berbelanja di sebuah supermarket, seorang konsumen wanita cenderung lebih cepat tergoda tawaran diskon dibandingkan konsumen pria. Sehingga wajar adanya bila terkadang apa yang seharusnya tidak mereka beli, malah ikut masuk ke dalam daftar belanja karena mereka tergiur jebakan diskon.

Untuk menyiasati kebiasaan tersebut, ada baiknya bila Anda membuat daftar belanjaan dari rumah dan melimpahkan urusan belanja kepada salah seorang karyawan Anda. Dengan begitu, peluang terjadinya pemborosan bisa terhindarkan.

Kedua, beri target maksimal untuk pengeluaran per hari

Sebagai pribadi yang loyal, tak jarang pengusaha wanita harus dipaksa untuk berhemat dalam mengelola keuangan usaha. Pada poin ini, Anda bisa membiasakan diri membuat target maksimal pengeluaran dana per hari, dengan cara memprioritaskan pembelian barang-barang pokok, baru kemudian memikirkan keperluan lain yang juga cukup penting bagi operasional bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dipaksa untuk belajar hemat agar keuangan usaha Anda tak besar pasak daripada tiang.

Ketiga, paksa berhemat dengan beban hutang

Kendati di awal usaha tidak setiap pengusaha dianjurkan untuk berhutang, namun agar tak kebobolan dalam mengatur keuangannya, ada baiknya bila pengusaha wanita dipaksa berhemat dengan membayar cicilan hutang. Dengan begitu, mereka tidak akan loyal dalam berbelanja karena mereka harus menyisihkan sebagian hasil usahanya untuk memenuhi kewajiban yang mereka miliki.

Keempat, mulai belajar berinvestasi

Cara lain untuk menghemat anggaran belanja yaitu dengan belajar berinvestasi setelah semua urusan hutang usaha telah terlunasi. Dalam hal ini Anda tidak perlu memikirkan program investasi yang terlalu besar, mulailah dari investasi kecil yang bisa Anda ikuti setiap bulannya. Bila Anda masih kesulitan dalam memilih jenis investasi yang paling tepat, ada baiknya bila Anda berdiskusi dengan keluarga atau meminta bantuan jasa financial planner agar tak salah dalam memilih program investasi.

Setelah membahas beberapa tips untuk menghemat keuangan usaha, semoga kedepannya para pelaku bisnis wanita di Indonesia bisa lebih bijak dalam merencanakan anggaran belanjanya dan dapat menikmati keuntungan bisnis yang didapatkan setiap bulan. Maju terus bisnis wanita Indonesia dan salam sukses!



Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar