Tips Agar Bisnis Cepat Berkembang

  • Tips Agar Bisnis Cepat Berkembang

Mengembangkan usaha, atau ekspansi tidak hanya soal mengejar target. Di dalam upaya berekspansi seorang pebisnis juga harus tetap memperhatikan kondisi keuangan, mempertahankan pencapaian yang sudah diraih, dan menjaga keberlangsungan usaha. Memang sulit, tetapi bisa dilakukan.

Nah, agar langkah ekspansi bisnis Anda lancar, ikuti tips yang dikutip dari The Balance berikut:

1. Jaga konsumen loyal

Ketika ekspansi bisnis, Anda akan berpikir untuk menambah konsumen baru. Seringkali, Anda lupa pada konsumen yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan. Menambah penjualan dari konsumen loyal lebih mudah dibanding akuisisi konsumen baru. Tidak perlu membujuk terlalu banyak karena mereka sudah tahu kualitas barang atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Dapatkan referensi

Langkah termudah mendapat konsumen baru adalah bertanya pada konsumen saat ini pihak mana yang butuh jasa dan produk Anda. Kemudian, tanyakan tingkat kepuasannya setelah menggunakan jasa atau produk Anda. Bila perlu, tanyakan pula perbaikan apa yang mereka butuh.

3. Lakukan inovasi

Inovasi tentu menjadi langkah penting menambah kepuasan konsumen. Hal ini penting bagi konsumen lama dan loyal maupun untuk menggaet calon konsumen baru.

4. Perluas jangkauan pasar

Langkah termudah memperluas usaha adalah membuat atau menyewa kios baru. Anda juga bisa mengefektifkan penjualan melalui media online dengan membuat situs. Anda juga bisa memulai jalur pemasaran melalui media sosial. Jangan lupa, identifikasi dan pilih target pasar yang tepat. Dengan demikian, Anda tak akan keluar jauh dari demografi konsumen.

5. Partisipasi dalam pameran

Ikut dalam sebuah pameran juga dapat menjadi cara mengangkat bisnis. Dari sana, orang akan semakin tahu dan peduli pada bisnis dan jasa yang Anda punya. Jangan asal memilih pameran, sesuaikan dengan target pasar agar investasi efektif.




Sumber : biz.kompas.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar