TIGA PENYEBAB PERUSAHAAN BESAR GULUNG TIKAR

  • TIGA PENYEBAB PERUSAHAAN BESAR GULUNG TIKAR

Perputaran roda bisnis tak pernah ada yang bisa mengira. Meski pada awalnya setiap pelaku usaha memiliki banyak ide bisnis, namun sebagian besar dari mereka hanya bisa bertahan kurang dari tiga tahun, sebelum akhirnya beberapa perusahaan yang mereka jalankan mulai kolaps dan jatuh bangkrut.

Resiko kebangkrutan yang sering terjadi di tengah perjalanan usaha, ternyata tidak hanya dialami oleh sebagian besar pelaku bisnis kecil. Beberapa perusahaan besar bahkan tak lepas dari resiko tersebut apabila perusahaan yang dikelola tidak dipantau dengan maksimal.

Ada tiga penyebab perusahaan besar gulung tikar yang bisa Anda hindari dari sekarang.

Fokus pada pengembangan produk

Kebanyakan perusahaan besar hanya fokus memikirkan masalah pengembangan produk dan berusaha keras menambah jaringan distribusi yang Ia miliki. Strategi ini memang tidak sepenuhnya salah, namun untuk ukuran perusahaan besar sebaiknya Anda mulai memperhatikan kebutuhan konsumen. Hal ini penting karena sampai saat ini perusahaan yang memiliki kedekatan dengan pelanggan masih bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar.

Ketakutan yang berlebihan mematikan kreativitas

Tak hanya kalangan pelaku bisnis kecil saja yang memiliki ketakutan tersendiri akan resiko kebangkrutan usaha, para pemilik perusahaan besar pun memiliki tingkat ketakutan yang terkadang berlebihan. Mereka takut tersaingi, takut kualitas produknya menurun, takut jumlah pelanggannya menurun, serta beberapa ketakutan lainnya yang hanya akan mematikan daya kreativitas para pelaku usaha dalam berkarya.

Berhenti berinovasi

Hampir setiap kasus kebangkrutan perusahaan besar dilatarbelakangi oleh penyebab yang sama yaitu berhentinya inovasi yang mereka miliki. Sering kali mereka memeras otak, tenaga, dan waktunya hanya untuk memikirkan cara terbaik untuk memenangkan persaingan pasar saat ini. Namun sayangnya mereka lupa untuk menciptakan inovasi baru untuk masa depan perusahaannya. Padahal, sebenarnya fokus bisnis mereka tidak hanya untuk masa sekarang saja namun juga harus bisa menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mengatasi persaingan pasar di masa-masa yang akan datang.





Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar