Sukses Dimulai dari Diri Sendiri

  • Sukses Dimulai dari Diri Sendiri

Banyak anak muda sekarang yang tertarik untuk mulai berbisnis. Namun sebagian dari mereka takut untuk memulainya sehingga terus menunda-nunda sampai akhirnya mereka telat untuk memulai.

Padahal dalam memulai bisnis itu tak ada salahnya untuk dicoba. Anda ingin membangun bisnis tapi bingung mulai dari mana? 

Berikut 5 tips dalam memulai bisnis untuk anak milenial dan tips ini bukan hanya berguna untuk generasi milenial saja tapi berguna untuk semua kalangan yang ingin memulai bisnisnya, silakan disimak ya:

1. Percaya Diri
Jika Anda ingin membangun bisnis tentu saja harus dimulai dari rasa percaya diri. Banyak anak milenial yang takut memulai karena memiliki ragam kekhawatiran sehingga membuatnya tidak percaya diri. Kepercayaan diri adalah modal awal untuk mulai berbisnis, setelah sudah percaya diri selanjutnya adalah membangun tekad yang kuat untuk berbisnis.

"Yang penting percaya sama diri sendiri karena kadang mereka takut mencoba, minderan atau terlalu mikirin apa kata orang lain. Knowing your identity is everything dan tahu bahwa Tuhan menciptakan kamu dengan tujuan yang baik jadi jalani saja passion-mu," Merupakan saran dari Dita Soedarjo, CEO Haagen-Dazs Indonesia. 

2. Mulailah dari Hal yang Disuka
Dalam membuat bisnis jangan hanya sekadar mengikuti ajakan teman atau keluarga. Mulailah bisnis dengan hal yang Anda suka. CEO Haagen Dazs itu juga menyarankan untuk menemukan hal yang disukai untuk dijadikan peluang bisnis. Ketika Anda suka dengan hal tersebut maka akan sepenuh hati menjalaninya.

3. Mulai dari yang Kecil
Banyak generasi milenial yang ketika membangun bisnis, pingin bisnisnya cepat besar tanpa perjuangan dan persiapan yang matang. Padahal semua bisnis harus dimulai dari sesuatu hal kecil terlebih dahulu kecuali kalau meneruskan bisnis orangtua yang memang sudah besar.

"Jangan malu untuk mulai kecil-kecilan, anak milenial sekarang pengennya selalu instan dan cepat gede. Kalau mulai sendiri semua perlu proses dan waktu dan banyak belajar tapi di situ sangat seru," papar Dita.

4. Tak Perlu Pusingkan Perkataan Teman
Anda ingin memulai bisnis? Jangan pusingkan terlalu banyak perkataan teman Anda! Jika Anda terlalu memusingkan perkataan teman, yang terjadi adalah Anda akan merasa tidak percaya diri saat menjalaninya. Tentu Anda tidak ingin cibiran dari orang lain menghentikan Anda untuk sukses, kan?

5. Harus Terjun ke dalam dunia Digital
Di era yang serba digital seperti sekarang, sebaiknya anak milenial dan orang-orang yang sedang membangun bisnis harus memanfaatkan dunia digital seperti sosial media, e-commerce, dll. Tidak hanya berjualan di Instagram tapi juga bisa manfaatkan platform e-commerce jual-beli yang ada. Jangan lupa juga untuk ikut bazaar di mal-mal.

There is nothing impossible, dengan modal yang sedikit atau bahkan tanpa modal pun Anda masih bisa membangun bisnis. Kalau ada niat pasti ada jalan, tidak perlu malu.




Sumber : finance.detik.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar