STRATEGI BISNIS SAAT KONDISI SEDANG KRISIS

  • STRATEGI BISNIS SAAT KONDISI SEDANG KRISIS

Ketika menjalankan sebuah usaha, sering kita menemui berbagai macam kendala atau masalah yang menghambat jalannya usaha kita. Bila kita tidak siap dengan segala resiko yang ada, bisa dipastikan bisnis kita yang akan menjadi korban.

Hambatan atau kendala bisnis muncul dari faktor eksternal maupun internal. Faktor eksternal misalnya seperti keadaan sosial, politik, dan ekonomi di negara kita. Sedangkan untuk faktor internal misalnya saja seperti krisis modal, strategi pemasaran yang belum efektif, serta kualitas SDM yang kurang handal. Permasalahan inilah yang sering dihadapi para pelaku usaha, sehingga bisnis mereka berada di ujung tanduk alias diambang kebangkrutan.

Lalu, bagaimana caranya bangkit dari kondisi krisis? Berikut ini kami informasikan beberapa strategi bisnis yang bisa dijalankan pelaku usaha ketika usahanya berada diambang kebangkrutan.

Pertama, kurangi pengeluaran yang tak perlu. Ketika usaha Anda mengalami permasalahan dalam hal modal, maka sebisa mungkin kurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting (misalnya saja menghindari pembelian mesin tambahan, dll). Fokuskan dana untuk kepentingan produksi, agar perputaran uangnya bisa cepat Anda dapatkan.

Kedua, lakukan kreasi dan inovasi untuk menciptakan peluang baru. Meskipun usaha Anda sedang menghadapi permasalahan, namun jangan berhenti untuk berkreasi dan berinovasi menciptakan strategi-strategi baru guna menutupi segala kegagalan di masa lalu. Bila produk pertama Anda gagal dipasaran, maka buatlah produk berikutnya yang sesuai dengan permintaan para konsumen.

Ketiga, Anda pun harus turun gunung untuk mengawasi jalannya usaha dan berjuang bersama dengan para karyawan Anda. Strategi ini menjadi salah satu cara bagi Anda untuk mengevaluasi kegagalan yang telah terjadi, dan menjadi upaya bagi Anda untuk memotivasi para karyawan untuk berjuang bersama bangkit dari keterpurukan yang sedang dialami perusahaan.

Keempat, selamatkan usaha dengan mencari mitra usaha. Salah satu alternatif yang bisa Anda tempuh yaitu mencari mitra usaha untuk mendapatkan solusi permasalahan yang dihadapi perusahaan Anda. Misalnya saja bekerjasama dengan investor yang bersedia memberikan bantuan modal bagi bisnis Anda, atau mencari mitra kerja untuk membantu pemasaran produk Anda.

Semoga empat strategi bisnis saat kondisi sedang krisis ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pengusaha yang sedang kesulitan dalam menjalankan usahanya. Ingat, selalu ada jalan bagi Anda yang mau berusaha.





Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar