Rintislah Bisnis Sejak Dari Bangku Kuliah

  • Rintislah Bisnis Sejak Dari Bangku Kuliah

Kesuksesan sebagai mahasiswa tidak hanya ditandai dengan tingginya IPK, waktu kuliah yang singkat, atau seberapa cepat mendapat pekerjaan setelah lulus. Namun, predikat sukses juga layak disematkan pada mahasiswa yang sudah mulai berbisnis atau membuka usaha saat kuliah.

Memiliki bisnis sampingan yang dijalankan di sela-sela kesibukan kuliah merupakan keasyikan tersendiri. Apalagi jika jadwal kuliahmu tak terlalu padat, maka mempunyai bisnis sampingan adalah keputusan tepat daripada kamu jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang). Bisnis sampingan banyak ragamnya, tergantung dari kreativitas dan kemampuanmu. Tentunya, kamu bisa memilih yang paling sesuai buat kamu.

Mereka yang berbisnis sejak kuliah punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki mahasiswa lain. Kemampuan melihat peluang, skill managerial dan marketing, hingga paham arti kerja keras dan disiplin. Yang pasti, status sebagai mahasiswa justru menjadikan peluang suksesmu semakin besar.

Contoh yang paling mudah adalah jualan pulsa, jual makanan ringan, baju, sepatu, kosmetik, dan lain-lain. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang komputer, e-commerce, menulis, maupun lainnya juga bisa kamu jadikan peluang untuk menghasilkan uang sebagai bisnis sampingan saat kuliah. Berikut ini keuntungan memiliki bisnis sampingan saat kuliah.

1. Kreativitas Bisnismu Akan Semakin Terasah
Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mengasah kreativitasmu di bidang bisnis dengan lebih leluasa. Masa studi merupakan ajang untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya supaya kamu punya bekal untuk menghadapi tantangan hidup selanjutnya. Oleh karena itu, manfaatkan bisnis sampinganmu sebagai sarana untuk melatih kreativitasmu supaya lebih terasah lagi.

2. Punya Banyak Relasi yang Tak Mungkin Dimiliki Temanmu yang Nganggur
Berbisnis, pasti melibatkan banyak orang. Baik itu pelanggan barang dan jasa yang kamu tawarkan, supplier, pihak ekspedisi (jika kamu berbisnis online), karyawan, partner bisnis, hingga teman-teman komunitas pengusaha yang kamu ikuti. Dengan memiliki bisnis, maka kesempatanmu untuk membangun jaringan atau relasi bisnis akan terbuka lebar. Ingat, itu adalah modal non finansial yang sangat penting untuk kamu miliki demi kelancaran karir dan bisnismu di masa mendatang. So, milikilah bisnis sampungan dan bangun network-mu!

3. Kaya Akan Pengalaman dalam Mencari Uang Bahkan Sebelum Lulus
Nah, yang ini sudah tidak diragukan lagi. Semakin banyak bisnis sampingan yang kamu geluti, maka kamu akan memiliki segudang pengalaman berharga dalam mencari uang bahkan sebelum lulus kuliah. Jadi, kamu bisa mandiri secara finansial sejak muda. Keren, kan?

4. Kamu Makin Pandai Memanajemen Keuangan dan Waktu
Memiliki bisnis sampingan, berarti kamu siap belajar lebih untuk memanajemen waktu dan keuanganmu secara matang. Kamu bisa melatih manajemen keuangan dan waktu ini lewat bisnis yang kamu geluti.

5. Kamu Bakal Punya Segudang Ide Bisnis yang Bisa Kamu Jalankan
Suatu saat, bisnis sampinganmu bisa jadi bisnis yang besar jika kamu mau menekuninya. Jadi, saat kuliah kam boleh mencoba banyak model bisnis, sehingga akmu punya kesempatan memilih apa bisnis yang akan kamu seriusi nanti. Bisa juga ide bisnis tersebut kamu “jual” kepada orang lain yang bisa menjalankannya.

6. Bingung Cari Kerja Pasca Lulus Kuliah? No Way!
Menganggur memang jadi masalah laten dari orang-orang yang baru lulus kuliah. Kamu tak perlu mengalaminya, karena kamu bsia langsung berbisnis saat kamu lulus sembari menani panggilan kerja.

7. Kamu Bisa Membantu Orang Lain untuk Memperbaiki Perekonomian Mereka
Saat kamu punya bisnis sampingan, kamu bisa membantu orang lain dengan mempekerjakan mereka sebagai karyawanmu. Jadi, kamu turut memberantas pengangguran dengan memiliki bisnis sampingan saat kuliah.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar