Tips Pemasaran Mudah Ini Bantu Kamu yang Punya Usaha Kecil

Tips Pemasaran Mudah Ini Bantu Kamu yang Punya Usaha Kecil

Semua orang pasti memiliki keinginan menjalankan usahanya sendiri, entah skala besar atau besar. Ketika membuka sebuah usaha, kamu juga harus menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Kalau hanya pas-pasan, kamu bisa kok membuka usaha modal kecil.

Banyak usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Caranya, dengan memanfaatkan teknologi internet.

Teknik pemasarannya pun dioptimalkan melalui media sosial. Jadi, kamu gak perlu dehmembuka toko fisik untuk menjual produkmu, lebih irit kan!


1. Mengembangkan merek

Mengembangkan merek
Mengembangkan merek

Kamu harus mulai mengembangkan brand kamu, meskipun usahamu hanya kecil-kecilan saja. Misalnya perkenalkan identitas brand ke calon pembeli melalui Instagram atau Facebook.

Itu harus mengandung informasi terkait apa yang kamu jual, siapa kamu, apa tujuan usahamu, dan seperti apa persaingan bisnis kamu saat ini. Tunjukkan saja kelebihan-kelebihan yang ada di usahamu secara jujur.

Kamu juga perlu membuat sesuatu yang unik dan beda dari usaha-usaha sejenismu. Itu bertujuan untuk menarik calon pembeli, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pasalnya, merek tidak hanya soal logo dan tagline.


2. Membuat logo

Membuat logo
Membuat logo

Ketika brand kamu bagus, ada baiknya dibarengi dengan pembuatan logo usaha kamu yang bagus juga.

Pasalnya, bagaimanapun juga logo tersebut sangat menempel dengan identitas bisnis. Logo yang kamu buat harus menarik, dan mengandung makna filosofi yang bisa mewakili usahamu.

Kalau perlu, minta bantuan jasa desain freelancer yang paham soal logo. Minta mereka membuatkan lambang yang khas dengan warna menarik perhatian. Dijamin deh dengan logo, usaha modal kecil milikmu bisa menarik perhatian calon pembeli.

Coba saja perhatikan logo brand Apple, mereka simple dengan gambar apel tergigit, tapi memiliki brand value yang tinggi.



3. Membuat konten blog yang menarik


Membuat konten blog
Membuat konten blog

Kekuatan usaha modal kecil salah satunya ada di internet. Kamu bisa meningkatkan kepekaan orang-orang tentang usahamu sekaligus ajang promosi.

Salah satunya, menulis blog di situs-situs komunitas secara menarik dan kemudian menautkan dengan link usaha kamu.

Kalau di Indonesia, kamu bisa menulis di Kaskus dengan menuliskan sebuah thread menarik yang berhubungan dengan usaha yang tengah kamu jalani. Ini mungkin bisa jadi teknik pemasaran paling murah dan efektif.

4. Manfaatkan Facebook Ads

Manfaatkan Facebook ads
Manfaatkan Facebook ads

Untuk mengembangkan pasar usahamu, media sosial menjadi wadah yang paling efektif. Salah satunya, Facebook.

Pengguna Facebook di Indonesia, seperti dikutip dari kompas.com, saat ini telah mencapai 150 juta orang. Kamu bisa membuat akun untuk usaha kecilmu di Facebook. Dengan begitu, kamu bisa memamerkan produk-produk yang diperdagangkan di sana.

Nah, agar halaman usahamu mendapatkan banyak sorotan dari pengguna Facebook, gak ada salahnya menggunakan Facebook Ads.

Facebook Ads ini memungkinkan profil usahamu terpampang di halaman akun pengguna lainnya. Jadi kesempatan untuk mendapatkan pelanggan jadi lebih besar, sekaligus sarana promosi.

Tapi, kamu kudu bayar. Biayanya disesuaikan dengan jumlah klik dan jumlah pageview, jadi gak menentu deh!

5. Melakukan riset pasar

Melakukan riset pasar
Melakukan riset pasar

Kalau mau usahamu sukses, kamu harus rajin juga melakukan riset kecil-kecilan tentang pasar. Karena sejatinya tren pasar saat ini bisa berubah-ubah.

Tujuannya untuk memahami kepuasan pelanggan terhadap produkmu. Selain itu, kamu juga jadi punya bekal untuk menentukan kemana arah usahamu nantinya.

Setelah kamu mengetahui tren pasar, akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan konten marketing ke depannya agar tetap bisa berkompetisi dengan usaha sejenis lainnya.

6. Menggaet pelanggan setia di media sosial

Menggaet pelanggan setia di medsos
Menggaet pelanggan setia di medsos

Gak cuma dari Facebook, kalau mau usahamu semakin mantap, manfaatkan segala platform media sosial. Ada banyak yang bisa kamu gunakan sebagai sarana promosi, dari Instagram hingga YouTube.

Tapi yang paling efektif saat ini sepertinya Instagram. Dengan platorm ini, anda dapat lebih mudah memamerkan produk-produk anda layaknya etalase foto.

Jadi, buat pelanggan juga gak bingung deh melihatnya. Sertakan caption dan informasi produk yang menarik serta jelas, biar pelanggan gak tanya dua kali.

Sarana ini terbukti sebagai sarana pemasaran paling efektif dan murah untuk usaha modal kecil. Kalau mau lebih mantap lagi, kamu bisa menggunakan Instagram Ads, biar produkmu nongol di feed pengguna lainnya, tapi berbayar.

7. Evaluasi

Evaluasi
Evaluasi

Jangan lupa, evaluasi itu juga menjadi salah satu teknik pemasaran ya. Kamu harus melakukan evaluasi rutin terhadap penjualan produk usahamu. Perhatikan apakah ada penurunan atau peningkatan.

Jika terjadi penurunan, maka kamu bisa mencari cara baru sebagai strategi pemasaranmu. Semuanya harus dilakukan secara rutin, misalnya penjualan selama sebulan, hal ini agar menjaga bisnis kamu sesuai dengan yang kamu harapkan.

Itu tadi tips pemasaran simpel yang bisa kamu terapkan saat menjalankan usaha modal kecil.

Karena mau apapun produk yang kamu miliki, penjualannya akan sangat bergantung pada cara kamu memasarkannya. Kalau memasarkannya ke tempat dan sasaran yang salah, ya otomatis gak laku


Sumber : https://www.moneysmart.id

Sumber : http://pengusahadahsyat.com/tips-pemasaran-mudah-ini-bantu-kamu-yang-punya-usaha-kecil-detail-412086