Tips Menjalankan Bisnis di Era MEA

Tips Menjalankan Bisnis di Era MEA

Setelah meyakini dengan adanya pasar bebas MEA bisa menjadi peluang bagi pengusaha Indonesia untuk tampil ke depan, maka diperlukan strategi-strategi bisnis yang jitu agar mampu menghasilkan output yang berkualitas, sehingga bisa bersaing dengan perusahaan dari negara lain pada masa MEA nanti berjalan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan bagi pengusaha dalam menghadapi MEA :

1. Meningkatkan Fanatisme Sumber Daya Lokal

Dengan hanya memanfaatkan sumber daya dari alam Indonesia dan SDM bangsa sendiri, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dari hulu ke hilir, sehingga memperkuat ekonomi level bawah.

2. Mengutamakan Desain yang Original

Konsumen yang jeli tentunya hanya akan membeli produk dengan desain yang original. Hal ini sangat penting terutama untuk industri kreatif yang sangat menuntut originalitas.

3. Pemasaran yang Baik

pengusaha Indonesia khususnya yang bergerak di sektor UMKM harus ikut berperan aktif dalam mengikuti pameran produknya baik di dalam negeri maupun luar negeri sebagai ajang promosi yang menguntungkan.

4. Meningkatkan Mekanisme Perusahaan,

Perusahaan harus menggunakan teknologi yang terbaik guna menghasilkan produk yang berkualitas. Dengan kualitas barang yang dihasilkan memiliki grade yang tinggi, maka akan mudah untuk bisa memenangi persaingan dengan produk lain.

5. Pengelolaan Sarana dan Prasarana dengan Baik,

Sarana dan prasarana merupakan pendukung utama dalam operasional sebuah perusahaan. Jika sarana dan prasarananya dikelola dengan baik, besar kemungkinan tidak akan ada kendala selama masa produksi, sehingga bisa fokus dalam menghasilkan produk yang berkualitas.

6. Keunggulan Pelayanan

Berhasil menciptakan produk yang original dan berkualitas, maka langkah selanjutnya yang bisa ditempuh adalah dengan pelayanan yang baik berupa kemudahan, ketepatan, keamanan dan kecepatan pelayanan untuk kepuasan konsumen.

7. Merekrut Karyawan - Karyawan yang Handal

Keberhasilan sebuah perusahaan tidak lepasdari faktor SDM. Perusahaan yang memiliki karyawan-karyawan yang profesional dan handal di bidangnya akan memberikan imbal balik dalam kemajuan perusahaan khususnya dalam era MEA.

8. Memberikan Kepuasan kepada Konsumen

Jangan lupa untuk tetap memberikan service atau pelayanan tentang semua keluhan konsumen agar kedepannya mereka mau melakukan “repeat order”.

Hadapi MEA dengan Optimis

Datangnya era MEA, tidak perlu disikapi dengan perasaan was-was dan khawatir. Justru dengan adanya MEA, maka Anda seperti mendapatkan dorongan untuk menjadi bangsa yang lebih baik lagi, khususnya dalam menyediakan barang dan jasa berkualitas yang mampu bersaing dengan produk negara lain.




Sumber : cermati.com

Sumber : http://pengusahadahsyat.com/tips-menjalankan-bisnis-di-era-mea-detail-408354