Cara Membangun Koneksi Untuk Bisnis Anda

Cara Membangun Koneksi Untuk Bisnis Anda

Dalam bekerja, Anda tentu tidak bisa menjadi seorang karyawan yang memiliki karier sangat cemerlang begitu saja. Ada banyak faktor yang mempengaruhi Anda sehingga bisa memiliki karier cemerlang. Salah satunya adalah karena Anda memiliki koneksi yang bagus dalam perusahaan tersebut. Oleh karena itu, seorang karyawan memerlukan jaringan koneksi yang luas dengan cara membangun pertemanan. Bukan hanya di lingkungan perusahaan tempat bekerja saja tetapi juga membangun jaringan dengan lingkungan profesional diluar perusahaan.

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk bisa mengobrol bersama orang asing untuk pertama kalinya dengan nyaman. Bagi karyawan yang kurang bersosialisasi tentu membangun sebuah percakapan yang menarik memang menjadi hambatan tersendiri. Tapi, bukan berarti seni berbicara atau membuat percakapan yang nyaman tidak bisa dipelajari. Anda harus mempelajari dan memperhatikan dengan baik bagaimana caranya membangun sebuah perbincangan yang basa-basi menjadi sebuah hal yang berarti.

 

Diperlukan konsentrasi saat Anda berdiskusi

Dalam sebuah perbincangan, apapun temannya maka diperlukan sebuah konsentrasi agar bisa terjalin sebuah diskusi yang menarik. Jangan sampai Anda tiba-tiba melontarkan kata-kata yang justru keluar dari topik pembicaraan. Terlebih disaat Anda berada di situasi dimana banyak orang dan sedang dalam acara yang crowded. Walaupun

Anda tidak mengenal satu orang pun dalam acara tersebut sebaiknya jangan ragu untuk mendekati seseorang untuk memulai mengajaknya ngobrol. Jangan mendadak Anda meninggalkan sebuah perbincangan karena bisa dicap sebagai orang yang tidak sopan. Jika ingin membangun sebuah koneksi maka sebaiknya Anda konsentrasi agar terjalin percakapan yang bisa saling menguntungkan.

 

Dengarkanlah setiap perbincangan yang disampaikan

Untuk bisa membangun sebuah percakapan yang menarik maka Anda dituntut untuk memiliki informasi dan pengetahuan yang luas. Pasalnya, yang menjadi sebuah kunci dalam sebuah percakapan adalah Anda mengetahui apa yang sedang dibicarakan. Jangan sampai Anda terlalu memaksa untuk menyampaikan setiap materi pembicaraan dalam suatu diskusi. Sebaiknya Anda juga bisa menjadi seorang pendengar yang baik dalam sebuah diskusi. Jadi, Anda bisa memulai sebuah diskusi menarik dengan mendengarkan apa yang sedang dibicarakan oleh lawan mengobrol Anda.

 

Kenalilah orang yang berdiskusi dengan Anda

Jika Anda ingin menjadi seseorang yang mudah dikenal oleh orang lain maka buatlah kesan bahwa Anda juga ingin mengenal lebih jauh lawan bicara Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menanyakan beberapa hal pribadi ataupun apa yang sedang dikerjakan oleh lawan bicara Anda. Bahkan, jika Anda lawan bicara baru saja memenangkan sebuah tender proyek yang cukup besar maka tanyakan lebih jauh tentang keberhasilannya tersebut. Hal itu menunjukkan bahwa lawan bicara Anda memang seorang yang cukup penting untuk bisa menjadi seorang teman. Tapi, bukan berarti Anda harus tahu betul apa yang dilakukannya sehingga dianggap sebagai orang yang sedang mencari informasi penting untuk bersaing dengannya. Jika berhasil menunjukkan sikap yang positif dalam sebuah pembicaraan maka lawan bicara Anda pun pasti senang untuk berteman dengan Anda karena merasa diperhatikan.

 

Selalu jaga kontak mata dengan lawan bicara Anda

Jika Anda ingin memperluas jaringan dengan cara mengobrol maka pastikan bahwa Anda selalu menjaga kontak mata dengan lawan bicara. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda memang sedang memperhatikan apa yang sedang dibicarakan oleh lawan bicara Anda. Pasalnya, secara psikologis, seseorang yang tidak mampu menjaga kontak mata selama berbincang-bincang maka besar kemungkinan Anda sedang tidak tertarik untuk berbincang dengannya. Terlebih, saat Anda sedang berbincang dengan seorang idola atau tokoh penting yang bisa memperluas jaringan pertemanan. Jangan sekali-kali Anda menunjukkan sikap gugup sehingga memalingkan pandangan terhadap lawan bicara.

 

Jangan tebang pilih saat mengajak berbincang

Cara termudah untuk bisa menambah jaringan pertemanan adalah dengan menghadiri sebuah acara pesta. Pasalnya, dari sebuah pesta tersebut akan berkumpul banyak orang dari berbagai latar belakang. Hanya saja, jangan pernah Anda menunjukkan sikap bahwasanya Anda hanya mau berbincang dengan orang tertentu saja. Jika hal tersebut terjadi maka bisa dipastikan Anda akan dianggap sebagai orang yang hanya mau berteman dimana hanya untuk memberikan keuntungan semata kepada Anda. Sekalipun kemampuan komunikasi Anda masih kurang tetapi jika mau berbincang dengan banyak orang maka bisa menambah banyak jaringan pertemanan bagi Anda. Pasalnya, saat ada orang yang sedikit pemalu seperti Anda bisa jadi dia justru seorang CEO yang dibutuhkan untuk bisa memperluas jaringan pertemanan.

Untuk bisa menjadi seseorang yang memiliki skill hebat dalam membangun sebuah koneksi bisnis memang bukan hal yang mudah. Selain harus selalu belajar untuk bisa berbincang dengan baik, dibutuhkan pula jam terbang agar Anda terbiasa untuk melakukan perbincangan yang menarik.



Sumber : studentpreneur.co

Sumber : http://pengusahadahsyat.com/cara-membangun-koneksi-untuk-bisnis-anda-detail-29879