PENGUSAHA SUKSES TIDAK TAMAT SD: ANDRIE WONGSO

  • PENGUSAHA SUKSES TIDAK TAMAT SD: ANDRIE WONGSO

Meskipun Beliau tidak tamat SD, namun sosok Andrie Wongso bisa menjadi seorang pengusaha yang sangat sukses di Indonesia. Untuk cerita jelasnya, yuk kita simak ulasan di bawah ini!

Andrie Wongso berasal dari Malang dan merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Keluarganya sangat miskin dan Beliau tidak sanggup menamatkan pendidikan sekolah dasarnya karena pada waktu itu, sekolah Tionghoa ditutup oleh pemerintah Orde Baru. Sejak saat itu, Pak Andrie menjual kue-kue di pasar dan di toko-toko di Malang.

Pada saat Beliau berusia 22 tahun, Pak Andrie bekerja sebagai salesman di sebuah perusahaan sabun. Pekerjaannya tidak banyak menghabiskan waktu, sehingga waktu luang dia isi dengan berlatih kungfu. Dari situ, Beliau belajar akan arti kedisiplinan, tanggung jawab, perjuangan, komitmen, dan kemauan keras. Ketegaran orang tua Andrie menghadapi kemiskinan juga menjadi suatu hal yang membentuk dirinya.

Berawal dari kesukaannya terhadap kungfu tersebut, Andrie mendirikan perguruan kungfu Hap Kun Do. Pada saat film-film laga Taiwan mulai merajai perfilman Indonesia, Andrie berhasil mewujudkan impiannya sebagai bintang film dan mendapatkan kontrak kerja sama dengan Eterna Film Hongkong selama 3 tahun, meskipun bukan sebagai bintang film utama. Selama 3 tahun tersebut, Andrie merasakan suka dukanya bermain film di Taiwan dan menyadari bahwa itu bukanlah dunia yang Ia impikan dan memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Kegemaran Andrie untuk selalu menuliskan kata-kata mutiara dari setiap peristiwa yang dilaluinya, membuat salah satu teman kosnya mencontek kata-kata yang dibuatnya. Dari situlah, Andrie mencetuskan ide untuk membuat kartu ucapan kata-kata mutiara. Selain untuk memotivasi dirinya sendiri, Andrie juga berharap bisa membantu memotivasi orang lain. Sejak saat itu, berdirilah kartu ucapan merk HARVEST yang dibantu oleh sang kekasih, yaitu Haryanti Lenny (sekarang menjadi istri).

Bisnis tersebut terus berkembang, mulai dari bidang holografi, perusahaan mainan, pelatihan motivasi, pengelola foodcourt, multimedia, dan bermacam-macam perusahaan lainnya. Sejak tahun 1989, Andrie mengukuhkan dirinya sebagai seorang motivator, baik untuk motivator intern PT. Harvindo Perkasa (Harvest Fans Club di berbagai kota), dan juga untuk berbagai perusahaan dan instansi.

Sekarang ini Andrie Wongso terkenal dengan gelar kehormatan Andrie Wongso, SDTT, TBS (Andrie Wongso SD Tidak Tamat Tapi Bisa Sukses). Dari sini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tingkat pendidikan seseorang tidak menentukan kadar kesuksesan seseorang. Anda juga bisa sukses meskipun tidak memiliki pendidikan yang tinggi! Sama seperti Andrie Wongso!


Sumber : http://businessnthings.com/


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar