MODAL NON MATERI JUGA DIBUTUHKAN DALAM BERBISNIS

  • MODAL NON MATERI JUGA DIBUTUHKAN DALAM BERBISNIS

Ketika hendak merintis sebuah usaha, sebagian besar dari kita masih sering menomorsatukan modal uang diatas segala-galanya. Padahal, sebenarnya banyak orang kaya di sekitar kita yang memiliki harta berlimpah namun sampai saat ini masih kesulitan untuk merintis sebuah usaha.

Melihat kondisi tersebut, tentu kita bisa sama-sama belajar bahwasannya dalam membangun bisnis terdapat beberapa modal non materi yang tak kalah penting untuk menunjang kelancaran jalannya usaha. Penasaran dengan modal non materiil yang dibutuhkan para pengusaha?

Berikut adalah tiga modal non materi yang juga dibutuhkan dalam berbisnis.

  • Modal Kejujuran Dalam Membesarkan Bisnis

Kejujuran menjadi pondasi awal yang perlu Anda miliki ketika membesarkan sebuah usaha. Kejujuran yang dimaksudkan tentunya meliputi kejujuran Anda dalam bertransaksi dengan setiap konsumen, kejujuran Anda dalam berekspansi di pasar lokal maupun pasar internasional, serta kejujuran Anda dalam mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan.

Melihat fenomena pasar di Indonesia yang belakangan ini mulai ramai dengan kasus suap-menyuap yang tak jarang melibatkan para pengusaha, maka penting bagi pemula maupun pelaku pasar untuk turut membentengi diri dan perusahaan mereka dengan kejujuran agar mampu terhindar dari segala macam kecurangan yang dimungkinkan terjadi.

  • Modal Kejelian Dalam Melihat Peluang

Selain dituntut untuk bisa selalu jujur dalam berbagai kondisi, seorang pengusaha juga wajib memiliki insting yang tajam untuk melihat setiap peluang. Bahkan, saking jelinya kemampuan yang mereka miliki, tak jarang para pengusaha melihat sebuah permasalahan yang muncul di sekitarnya sebagai salah satu peluang usaha. Sehingga wajar adanya bila kita sering membaca atau mendengar kisah sukses seorang pengusaha yang dirintis dari kesulitan atau permasalahan yang sering mereka hadapi sebelumnya.

  • Modal Keberanian Untuk Menciptakan Inovasi

Tak semua pengusaha berani tampil beda dengan menciptakan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sebagian dari mereka cenderung cukup puas dengan pencapaian yang diperolehnya saat ini sehingga mereka tak berani untuk mengubah keberhasilan yang telah diraihnya. Padahal, untuk bisa tetap eksis menghadapi perubahan musim di pasar bebas, dibutuhkan keberanian para pelaku usaha untuk menciptakan inovasi agar bisnisnya tak dianggap basi.




Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar