Modal Cekak? Lakukan Empat Hal Ini

  • Modal Cekak? Lakukan Empat Hal Ini

Bisnis e-commerce di Indonesia saat ini sedang merajarela. Bagaimana tidak? Jumlah penduduk dan pengguna internet yang mencapai ratusan juta ini membuat peluang untuk meraih konsumen lewat dunia maya tentu terbuka lebar. Belum lagi, Indonesia terkenal dengan tingkat konsumsi masyarakatnya yang cukup tinggi.

Nah, untuk itu apabila Anda ingin membangun sebuah bisnis e-commerce tapi saat ini memiliki modal yang minim ada beberapa kiat-kait tertentu untuk sukses. Apa saja? Berikut empat hal yang wajib dilakukan kalau ingin sukses bangun bisnis e-commerce dengan modal minim seperti dilansir lamanĀ Liputan6:

Inovasi bisnis
Hal pertama yang harus dimiliki apabila ingin memulai usaha e-commerce adalah inovasi bisnis. Ya, inovasi yang matang harus hadir di tengah-tengah masyarakat dan diterima dengan baik apabila ingin bisnis e-commerce yang Anda bangun berjalan lancar.

Sebut saja salah satunya adalah e-commerce Bhinneka. E-commerce yang dibangun oleh Hendrik Tio tersebut memiliki suatu ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan e-commerce lainnya yaitu adanya fitur tawar menawar. Dengan sistem unik dan berbeda dibanding yang lain inilah Bhinneka mendapatkan respon positif dari para konsumennya sehingga mampu meningkatkan omzet sampai lebih dari 60 miliar rupiah per tahun.

Nama itu penting
Branding merupakan suatu hal yang sangat penting dalam berbisnis tak terkecuali bisnis e-commerce. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih nama bisnis yang simpel tetapi punya pengaruh yang kuat untuk menciptakan sebuah brand yang mudah diingat oleh masyarakat.

Dalam dunia e-commerce sudah ada buktinya. Tengok saja alibaba.com, website e-commerce tersebut memiliki nama yang benar-benar mudah diingat dan gampang melekat bukan? Inilah salah satu alasan mengapa Jack Ma meraih kesuksesan begitu luar biasa sampai saat ini. Dengan memakai nama dari filosofi tokoh dongeng yang punya kecerdikan dan namanya yang tenar di masyarakat membuat Jack Ma lebih mudah melakukan branding dari bisnisnya tersebut.

Coba berpikir untuk jangka panjang
Dalam bisnis ada hal yang harus diperhatikan yaitu apa akibat yang ditimbulkan dari aksi yang Anda lakukan hari ini. Bukan hanya jangka pendeknya saja, tetapi juga jangka panjang. Justru pemikiran untuk jangka panjang ini akan dapat membuat bisnis e-commerce yang dibangun bisa mempunyai prospek yang cerah.

Lihat saja kisah Jeff Bezos yang harus menahan diri karena begitu banyaknya kritik yang menimpa pada saat awal membangun amazon. Dirinya tetap melanjutkan usaha tersebut karena dia berpikir bahwa dalam jangka panjang Amazon akan menjadi besar di mata dunia karena beberapa hal yang dimilikinya.

Manfaatkan sesuatu dengan maksimal
Apabila saat ini Anda memiliki keterbatasan dana atau modal, sebaiknya janganlah minder dalam membangun bisnis e-commerce. Karena Anda sebenarnya bisa memanfaatkan beberapa hal yang mungkin Anda anggap kecil saat ini tetapi bisa membukakan pintu gerbang kesuksesan nantinya.

Hal ini benar-benar dialami oleh Achmad Zaky, CEO Bukalapak.com. Dalam memulai usaha bukalapak.com, ternyata Zaky hanya mengandalkan pendapatan minim yang didapatkan dari mengerjakan proyek yang dipesan oleh klien ketika dirinya masih menganggur dan tidak memiliki pekerjaan tetap.

Dengan modal minim ini, Zaky bertekad memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin hingga pada tahun 2010 ada sekitar 10.000 pelaku UKM yang mendaftar di bukalapak.com dimana menjadi sebuah pintu awal kesuksesan baginya.

Dengan melakukan keempat hal di atas maka nantinya akan sangat mungkin bagi Anda untuk mendapatkan suntikan modal dari investor. Tentunya ini merupakan suatu hal yang sangat membantu Anda nantinya dalam mengembangkan bisnis e-commerce tersebut.




Sumber : ayopreneur.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar