MENCIPTAKAN BUDAYA PERUSAHAAN YANG HANDAL

  • MENCIPTAKAN BUDAYA PERUSAHAAN YANG HANDAL

Pertumbuhan UKM yang semakin hari kian meningkat pesat, ternyata belum dibarengi dengan tertanamnya sikap profesional para pelakunya. Budaya perusahaan yang masih terkesan asal-asalan dan kinerja UKM yang belum tertarget dengan optimal, menjadikan daya saing UKM masih sangat lemah jika dibandingkan dengan perusahaan besar di sekitarnya.

Kondisi seperti ini tentunya tidak menguntungkan para pelaku UKM. Karena itu agar usaha kecil Anda bisa bersaing dengan perusahaan besar di luaran sana, pastikan bila budaya perusahaan yang Anda jalankan dikelola secara profesional agar hasil kerja yang ditunjukkan juga bisa lebih maksimal.

Berikut kami informasikan 4 tips bisnis yang bisa Anda jalankan untuk menciptakan budaya perusahaan yang handal.

Pertama, satukan visi dan misi perusahaan dengan para karyawan. Mungkin bila karyawan Anda sedikit, ini bukan masalah yang sulit bagi perusahaan Anda. Namun bagi para pelaku UKM yang memiliki tenaga kerja cukup banyak, tentunya menyatukan visi dan misi perusahaan dengan pola pikir para karyawan bukan merupakan hal yang mudah. Biasanya karyawan memiliki nilai kebersamaan dengan Anda jika mereka ikut membangun perusahaan tersebut, karenanya jangan lelah untuk menanamkan visi dan misi perusahaan di benak para karyawan dan pastikan semua tugas yang mereka jalankan tidak meleset dari tujuan utama perusahaan.

Kedua, perluas koneksi bisnis Anda. Dikelilingi oleh perusahaan-perusahaan besar pastinya membuat Anda seperti terisolasi di tengah ketatnya persaingan pasar. Untuk itu, agar bisnis Anda tak kalah bersaing dengan perusahaan besar, usahakan untuk terus memperluas koneksi bisnis baik yang Anda lakukan ketika ada pertemuan rutin antar pelaku usaha atau memberikan tugas kepada para karyawan Anda untuk memperluas pemasaran baik secara konvensional maupun melalui media online.

Ketiga, buatlah budaya perusahaan yang menyenangkan. Selain fokus mengembangkan strategi bisnis, Anda juga bisa menciptakan budaya perusahaan yang handal dimulai dari segi internal. Dalam hal ini Anda bisa mencoba membangun budaya kerja yang menyenangkan, agar para karyawan Anda merasa nyaman dan senang bekerja di perusahaan Anda. Dengan begitu, ide-ide kreatif mereka bisa disalurkan secara positif dan menghasilkan output kerja yang optimal setiap bulannya.

Keempat, bangun brand Anda dengan cara yang unik. Saat kita berbicara tentang brand produk, banyak orang akan berkata, aku suka yang ini, dan sebagian lainnya ada pula yang mengatakan aku tidak suka yang ini. Mengingat tidak semua orang memiliki pandangan yang sama tentang kualitas sebuah brand, maka penting bagi Anda untuk memperkenalkannya dengan cara yang unik agar konsumen Anda mulai tertarik dengan merek produk yang Anda tawarkan dan mengingat terus brand produk tersebut.



Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar