Memahami Akuisisi Bisnis Dan Keuntungannya

  • Memahami Akuisisi Bisnis Dan Keuntungannya

Akuisisi (acqusition) dapat dikategorikan sebagai suatu penggabungan usaha di mana salah satu perusahaan yaitu pengakuisisi (acquirer) memperoleh kendali atas aktiva neto dan operasi perusahaan yang diakuisisi (acquiree), dengan memberikan aktiva tertentu, mengakui suatu kewajiban, atau mengeluarkan saham. Artinya akuisisi merupakan pengambilalihan kepemilikan suatu perusahaan oleh perusahaan lain yang dilakukan dengan cara membeli sebagian atau seluruh saham perusahaan.

 

Akuisisi sebuah perusahaan dalam dunia bisnis dapat terjadi kapan saja dan dalam bentuk perusahaan apa saja. Alasan yang sering dikemukakan ketika perusahaan bergabung dengan perusahaan lain atau melakukan akuisisi adalah agar mampu mencapai pertumbuhan lebih cepat daripada harus membangun unit usaha sendiri mendapatkan keuntungan dari nol.

 

Lalu apa lagi sih keuntungan atau manfaat seorang pengusaha mengakuisisi perusahaan lain? Nah, untuk mengenal lebih jauh yuk, simak penjelasan dari Smartbisnis berikut ini:

 

1.      Pertumbuhan lebih cepat

Dengan melakukan akuisisi, tingkat pertumbuhan bisnis yang sedang dijalani akan lebih cepat dibanding membangun bisnis dari awal, karena tingkat pertumbuhannya dimulai dari nol.

 

2.      Mengurangi saingan

Mengakuisisi suatu bisnis juga berarti akan mengurangi tingkat persaingan dalam bisnis. Dengan membeli bisnis sejenis maka daya saing akan berkurang, justru akan menggabungkan kekuatan pasar yang telah dibangun sejak awal.

 

3.      Mendapatkan pasar baru

Selain mengurangi daya saing, akuisisi suatu bisnis juga akan mendapatkan pasar baru yang sebelumnya belum pernah Sobiz jangkau. Dengan menggabungkan kekuatan pasar artinya Sobiz akan mendapatkan jangkauan baru yang sebelumnya sulit untuk ditembus.

 

4.      Tenaga bantuan

Dengan melakukan akuisisi, artinya manajerial di bisnis tersebut otomatis akan menjadi bawahan Sobiz. Artinya Sobiz akan mendapatkan bantuan manajerial untuk mengelola aset-aset bisnis milik Sobiz.

 

Nah, itulah ulasan mengenai pengertian dan manfaat dari melakukan akuisisi suatu bisnis. Bagaimana Sobiz, apakah tertarik untuk mengakuisisi suatu bisnis?

 

Selain itu, Sobiz juga bisa loh mencari solusi bisnis lain dengan bergabung bersama komunitas Smartbisnis. Di sini Sobiz akan menemukan lebih banyak lagi informasi seputar peluang usaha yang lagi laris manis lengkap dengan berbagai tips dan trik untuk mengembangkan usaha tersebut. Tak hanya itu, dengan bergabung bersama Smartbisnis, maka Sobiz juga bisa mendapatkan pinjaman modal mudah yang akan berguna untuk Sobiz dalam memulai usaha.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar