Mahasiswi Yogya Ini Raup Ratusan Juta Rupiah per Bulan dari Jualan Shampo

  • Mahasiswi Yogya Ini Raup Ratusan Juta Rupiah per Bulan dari Jualan Shampo

"Beranilah bermimpi karena dari mimpi kita bisa menggenggam dunia," sepotong kalimat yang dilontarkan oleh Aprie Angeline ketika berbincang dengan Wolipop. Apa Anda sudah kenal dengan mahasiswa asal Sumatera Utara yang kini berpenghasilan hingga ratusan juta per bulan? Jika belum, yuk mengenal lebih dekat dengan wanita yang akrab disapa Angel ini.

Ketika bercakap-cakap dengan Wolipop setelah meluncurkan buku pertamanya yang ditulis oleh Alberthiene Endah, Angel menceritakan kisah suksesnya dari awal membangun online shop. Wanita 23 tahun itu mulanya tidak berniat untuk menjalani bisnis tersebut. Namun keadaan membuatnya harus memulai sesuatu yang baru demi membanggakan orangtua. 

Keadaan yang dimaksud tidak terkait dengan ekonomi tapi mengenai pendidikannya. Angel mengaku merasa stres setelah berhasil masuk Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Ya, Angel mengatakan bahwa ia sebenarnya tidak ingin masuk kuliah kedokteran tapi demi memenuhi keinginan orangtua, ia terpaksa menjalaninya.

Baru menjalani semester pertama saja, Angel sudah merasa bosan dan stres. Ia mengaku sering merasa ketakutan ketika disuruh memasukkan jarum ke kulit dan tidak kuat melihat darah. 

"Saya pelupa dan saya lebih senang ngomong. Setelah masuk kedokteran omongan saya jadi ke-rem. Kalau di kedokteran kan harus belajar-belajar dan itu jenuh, memang nggak masuk di otak, apalagi saya juga nggak bisa melihat darah," cerita Angel.

Kemudian ia mulai berpikir bahwa ini bukanlah bidang yang sesuai minatnya. Pada 2010, Angel mulai tertarik untuk menjalani bisnis Multilevel Marketing (MLM) seperti yang ditawarkan oleh temannya. Angel merupakan tipe wanita yang komitmen maka ketika ia mulai bisnis MLM, ia akan menjalaninya dengan giat dan penuh semangat.

Ia menjalani bisnis tersebut dengan tabungan pribadinya dan berhasil sampai mendapatkan bintang lima. Menurutnya, untuk seorang pemula peningkatan levelnya terbilang cukup cepat, hanya dalam waktu kurang dari enam bulan ia sudah menempati posisi leader

Bisnis MLM ia jalani selama satu tahun sampai akhirnya putri pasangan Jistor Situmorang dan Lukeria Rajagukguk itu menyerah karena grup yang dibangunnya hancur oleh perbuatan salah satu pihak. Putus asa berbisnis MLM, Angel mulai beralih ke online shop.

Wanita berambut sebahu ini melihat banyak temannya di Blackberry Messenger (BBM) berjualan. Ia lalu mencoba ikut berjualan aneka produk fashion mulai dari busana hingga sepatu. Angel mengatakan untungnya tidak banyak saat mulai ikut menjadi reseller di 2011 lalu, hanya sekitar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu.

Meskipun untung sedikit tapi ia pintar melakukan promosi sehingga memiliki pesanan yang terbilang lumayan banyak. Namun setelah berjualan kurang lebih satu tahun dan mengalami lima kali kegagalan berjualan produk fashion, ia merasa harus berhenti dan mencoba yang baru, terutama setelah mendapat komplain dari temannya sendiri.

"Saya mencoba berbagai produk, saya juga sempat pakai sistem drop ship barangnya bukan di saya. Ternyata barangnya nggak bagus pas sudah dikirim dan waktu itu saya dapat komplain dari teman SD saya kalau barangnya nggak bagus," tutur wanita yang bertempat tinggal di Papua itu.

Tidak ingin mengecewakan orang lain lagi, Angel memutar otak untuk mencari usaha lain. Kemudian di pertengahan 2012 ia mulai mencoba berjualan produk kecantikan yang awalnya ia pakai sendiri. Ia pun memutuskan menjadi reseller karena modalnya hanya dari uang saku. 

Ternyata produk tersebut laris dan baru satu bulan berjualan sudah mendapatkan keuntungan kurang lebih Rp 3 jutaan. Dua bulan kemudian keuntungannya bertambah dua kali lipat dan dalam waktu enam bulan sudah mencapai puluhan juta rupiah.

Bisa mendapatkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulan hanya dengan berbisnis melalui online, Angel semakin memperdalam ilmunya. Ia memperdalam ilmu tentang bisnis dari orang-orang sekitar termasuk supplier yang mengirimkan barang kepadanya. 

"Supplier saya dari Jakarta, saya juga belajar dengannya. Awalnya saya malu bertanya sama teman tapi karena motivasi ingin cepat sukses saya mulai banyak bertanya dengan siapa saja. Di 2012 saya mulai fokus dan keluar dari UGM lalu di pertengahan 2013 saya baru meluncurkan produk sendiri," tandasnya.

Setelah peluncuran produk kecantikan miliknya yang dilabeli dengan nama 'Angeline Hair Treatment' (AHT) untuk perawatan rambut rusak, omzetnya langsung melesat tinggi. Satu paket AHT dijual sekitar Rp 200 ribuan sudah termasuk shampoo, conditioner, dan hair tonic. Dalam waktu enam bulan ia sudah bisa meraih omzet ratusan juta rupiah.

Di awal 2014 Angel mengaku kalau omzetnya mencapai Rp 150 juta per bulan dan terus bertambah. Kini ia tak hanya menjual AHT tapi juga baru meluncurkan produk terbarunya berupa gula sehat yang diberinama Java Sweet Sugar (JSS). Promosinya juga tidak lagi hanya BBM tapi juga Twitter, Facebook, semua jejaring sosial termasuk iklan. 

Ia juga bekerja sama dengan beberapa e-commerce populer Indonesia. Selain itu, online shopmiliknya yang dinamakan 'Billions Shop' juga diakuinya memiliki penjualan yang semakin meningkat setiap bulan. Meskipun sudah sukses sebagai pengusaha online shop dengan omzet lebih dari Rp 230 juta per bulan tapi Angel mengatakan masih tetap kuliah di jurusan yang memang diminatinya.





Sumber : wolipop.detik.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar