Lima Kunci Sukses Bisnis Rumahan

  • Lima Kunci Sukses Bisnis Rumahan

Memulai bisnis tak harus identik dengan modal yang besar, rencana usaha yang njelimet bahkan sangat detail hingga memilih lokasi usaha di tempat yang strategis dengan biaya sewa atau beli yang sangat mahal.

Beruntung jika usaha tersebut memiliki prospek yang baik atau mampu meraih keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Namun, tak semua bisnis akan berakhir dengan cerita yang manis. Butuh proses dan perjuangan yang tidak mudah serta waktu yang tidak sebentar untuk membangun bisnis agar mampu menaiki anak tangga kesuksesan.

Namun, ada cara untuk meminimalisir risiko bisnis yang mungkin timbul dari usaha bisnis pemula yang masih belum memiliki pangsa pasar yang jelas, yaitu dengan memulai bisnis rumahan. Memulai bisnis rumahan memungkinkan kita tidak harus terlalu sering meninggalkan rumah, dan ini sangat cocok dilakoni oleh para ibu atau wanita, terutama ibu rumah tangga.

Selain itu, untuk memulai bisnis rumahan modal yang dibutuhkan umumnya tidak terlalu besar, karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat, bahkan ada bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal untuk menyetok barang yang akan diperjual belikan.

Bisnis rumahan semacam ini umumnya memanfaatkan kemajuan teknologi berupa komputer dan smartphone untuk mengembangkan dan mempromosikan bisnis tanpa harus berlelah-lelah mencari dan menunggu konsumen. Tapi tahukah bahwa memulai bisnis rumahan agar sukses sesuai dengan harapan dan impian Anda membutuhkan tips-tips khusus untuk menjalaninya.

Berikut lima tips penting memulai bisnis rumahan yang sukses:

1. Kenali bisnis yang akan dijalani
Seperti kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang”, bisnis yang akan dijalani haruslah dikenali. Apalagi ada banyak jenis bisnis rumahan yang bisa dipilih untuk mendapatkan penghasilan. Pilah dan pilih jenis bisnis yang sesuai dengan karakter dan passion Anda, karena bisnis yang diawali dari hobi biasanya lebih bertahan lama dan potensi kesuksesannya lebih besar.

2. Siapkan mental untuk berbisnis
Untuk membangun bisnis yang sukses, mau tidak mau kita harus memiliki mental dan profil sebagai seorang pebisnis.  Mengapa? Karena untuk membangun bisnis biasanya banyak sekali tantangan dan kendala yang bukan tidak mungkin akan menciutkan nyali, terutama bagi pebisnis pemula.

Jadikan risiko kegagalan bisnis dan jatuh bangun selama menekuni bisnis sebagai motivasi untuk lebih sukses dan sebagai pelajaran berharga di masa mendatang. Karena dalam bisnis hanya orang yang sukses yang mampu mengambil hikmah dari kegagalan selama memulai bisnisnya.

3. Belajar administrasi sederhana
Meskipun bisnis yang dimiliki hanya berskala dan bermodal kecil, serta merupakan bisnis rumahan, namun penting untuk menguasai administrasi sederhana berupa pencatatan semua transaksi yang menyangkut bisnis Anda.

Administrasi sederhana meliputi semua pencatatan atau pengelolaan keuangan, seperti mencatat pengeluaran untuk modal produksi, stok barang, biaya operasional, biaya koneksi internet jika bisnis online yang dipilih, dan biaya-biaya lainnya.

Jangan pernah menganggap remeh perihal administrasi sederhana, karena bisa jadi inilah titik awal yang akan mengawali bisnis.  Selain itu, pencatatan administrasi keuangan yang rapi akan menjadi pondasi bagi kelangsungan bisnis rumahan dalam jangka panjang.

4. Berikan yang terbaik untuk pelanggan
Bisnis yang sukses tidak akan lepas dari pelanggan atau konsumen yang loyal, karena itu tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Bahkan untuk bisnis rumahan, keberadaan pelanggan merupakan faktor yang sangat penting dan penentu keberhasilan bisnis kita terutama dalam hal promosi.

Jika produk atau barang yang kita jual atau diproduksi berkualitas maka sudah tentu pelanggan akan merasa puas, dan jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang terbaik, karena kedua hal ini akan membuat pelanggan setiap ada produk.

Selain itu, lakukan selalu inovasi agar produk selalu update dan sesuai perkembangan zaman, dan pada gilirannya akan merengkuh pasar yang lebih besar.

5. Mintalah selalu dukungan dari keluarga
Untuk memulai bisnis rumahan, terutama bagi ibu rumahtangga, dukungan keluarga merupakan hal yang sangat penting.  Meskipun hanya berupa bisnis rumahan, tapi bisnis tetaplah bisnis yang membutuhkan konsentrasi dan sikap fokus selama menjalaninya.

Semakin sukses bisnis rumahan yang dibangun, maka konsentrasi yang tercurah akan semakin besar.  Untuk alasan inilah dibutuhkan dukungan dari keluarga agar bisnis dapat berjalan lancar.

Di waktu senggang, ajaklah pasangan dan anak-anak membantu bisnis Anda agar mereka lebih memahami dunia bisnis yang dijalani.

Bisnis rumahan tentu tidaklah serumit yang dibayangkan jika mau mempelajari kunci dan tips suksesnya. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan bisnis skala rumahan bagi ibu rumahtangga, selain waktu yang lebih fleksibel melakukan bisnis dengan cara ini membuat Anda tidak harus meninggalkan anak-anak dan keluarga dalam waktu yang lama.

Kuncinya, jalankan usaha tersebut dengan tekun dan teliti. Dengan bantuan teknologi, Anda bisa tetap eksis mengelola bisnis rumahan sambil mengurus keluarga tercinta.



Sumber : ayopreneur.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar