Lima Hal Penting dalam Bisnis Secara Patungan

  • Lima Hal Penting dalam Bisnis Secara Patungan

Membangun bisnis baru kadang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jumlah modal tergantung pada usaha apa yang ingin Anda dirikan.

Jika usaha kecil-kecilan seperti bisnis online atau warung jajanan, tentu saja modal yang dibutuhkan hanya sedikit.  Akan tetapi, bagaimana jadinya bila usaha yang Anda dirikan ternyata cukup besar? Pasti modal yang diperlukan cukup besar bukan?

Masalahnya tidak semua orang memiliki uang yang cukup untuk membangun sebuah butik sendirian. Modal bisa didapatkan di mana saja, tergantung kepintaran mencari peluang. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan patungan. Ajaklah beberapa temanmu membangun bisnis bersama-sama.

Dalam patungan ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti dilansir dari Bisnis.com:

1. Saling menghargai dan menghormati
Selama menjalani bisnis patungan, selalu ingatlah bahwa Anda dan teman merupakan satu kesatuan yang harus saling melengkapi. Jangan karena alasan lebih banyak menanamkan modal atau bekerja lebih giat, Anda atau dia jadi merasa berhak memiliki bisnis seutuhnya.

Sebagai rekanan seharusnya Anda dan teman sadar bahwa selama ini kalian bersama-sama membangun usaha dari nol hingga berhasil. Untuk itu, prioritaskanlah rasa saling menghargai dan menghormati di antara kalian.

2. Buat perjanjian yang jelas
Karena alasan "teman" beberapa orang terlalu menggampangkan perjanjian saat awal membangun bisnis patungan. Padahal, meski dalam kehidupan pribadi kalian berteman, perjanjian awal tetap penting diresmikan karena ini merupakan peraturan antara hak dan kewajibanmu selama menjalankan bisnis.

3. Konsisten pada kesepakatan awal
Usaha dan rekan kerja tidak akan bertahan lama bila salah satu ada yang melanggar. Dengan sikap tersebut rasa percaya dan saling melengkapi akan hilang. Oleh sebab itu, selama menjalankan bisnis, Anda dan rekan kerja harus selalu konsisten pada kesepakatan awal yang telah kalian buat.

4. Bangun kepercayaan
Agar hubungan kerja bisa berjalan baik, Anda perlu menumbuhkan rasa saling percaya dalam menjalankan bisnis. Begitu juga dengan teman. Ini perlu sebab akan selalu ada masalah dan kendala di dalam bisnis, sehingga kalian harus saling percaya bisa melaluinya bersama-sama. Selain itu, demi pertumbuhan bisnis dan aliran uang yang transparan, Anda juga harus jujur dan bersikap terbuka satu sama lain.

5. Jangan terlalu perhitungan
Dalam bisnis yang namanya untung-rugi itu penting diperhatikan. Tapi jangan karena masalah uang Anda jadi terlalu perhitungan kepada rekan kerja. Mungkin saja Anda lebih banyak berkontribusi dibanding dia atau modal yang Anda tanamkan lebih besar. Tapi tanpa dia, belum tentu juga Anda bisa membangun bisnis yang maju seperti sekarang ini.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar