Lezatnya Kue Mochi Malang yang Beromzet Ratusan Juta Rupiah

  • Lezatnya Kue Mochi Malang yang Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Sekalipun pernah gagal dalam menjalankan bisnis peternakan, pria ini tak putus asa dan meraih sukses melalui bisnis kuliner yang diberi label Mochi Macho.


Kegagalan dalam menjalankan bisnis bidang peternakan yang pernah dijalankannya tidak membuat pebisnis ini patah semangat. Dengan memulai bisnis kuliner pria yang satu ini mulai menemukan titik terang. Adalah Rafli Egy yang kini menuai kesuksesan dari produk kulinernya yang diberi nama Mochi Macho. Networking menjadi salah satu kunci suksesnya dalam menjalankan bisnis kuliner selama ini. 

 

Anda pernah gagal dalam berbinis, apa yang membuat tetap semangat untuk kembali berbisnis?

Menjalankan bisnis memang tidak semudah membalik telapak tangan. Sebelum berbisnis kuliner seperti sekarang, saya pernah menjalankan bisnis di bidang peternakan. Saya pernah menjual bebek dan mengalami kerugian hingga mencapai jutaan rupiah karena satu dan lain hal. Setelah dievaluasi, ternyata seseorang yang ingin menjalankan bisnis memang tidak bisa hanya bermodalkan berani saja. Tanpa ada perencanaan yang matang dan menguasai ilmu bisnisnya maka seorang pebisnis tentu akan mengalami hambatan. Bahkan, tak jarang mereka akan mengalami kegagalan yang tidak diinginkan seperti yang pernah saya alami sendiri.

Saat memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis kuliner, maka saya mempelajari setiap langkah-langkah yang harus dijalankan dengan baik. Saya memperhatikan setiap detail apa yang harus dilakukan untuk menjalankan sebuah bisnis kuliner. Tak lupa, dukungan networking juga sangat membantu dalam menjalankan bisnis kuliner yang sekarang.

 

Bisa diceritakan, dukungan networking seperti apa yang didapat saat menjalankan bisnis kuliner?

Saat menjalankan bisnis, Anda tentunya tidak bisa lepas dengan yang namanya networking. Bahkan, sebuah komunitas kecil pun akan sangat membantu dalam perkembangan bisnis Anda. Saat menjalankan bisnis kuliner, maka saya pun mencoba untuk merangkul semua komunitas pecinta kuliner yang ada. Dengan begitu saya mendapat banyak sekali ilmu bisnis di bidang kuliner. Menjaga hubungan baik dengan food blogger juga memiliki keuntungan tersendiri untuk mengembangkan bisnis kuliner. Pasalnya, referensi dari para food blogger akan menunjukkan reputasi Anda sebagai pemiliki bisnis kuliner yang memiliki produk makanan dengan cita rasa yang unik dan lezat.

 

Apa sih yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis kuliner?

Seorang pebisnis kuliner harus bisa peka dengan produk dan juga pelayanan yang diberikannya kepada konsumen. Rasa lezat dari produk Anda yang akan membuat konsumen akan selalu membeli produk Anda. Pelayanan yang diberikan kepada konsumen juga akan berpengaruh besar. Jika konsumen mendapat pelayanan yang baik mereka pun akan memberikan penilaian yang positif terhadap bisnis kuliner Anda. Selain itu, bisnis kuliner juga sangat berkaitan erat dengan kondisi cuaca disekitar Anda. Artinya, jika musim penghujan seperti sekarang cobalah untuk membuat makanan yang disajikan dalam keadaan hangat dibandingkan yang disajikan dalam keadaan dingin. Begitu pula sebaliknya jika saat menghadapi musim panas dimana konsumen akan banyak mencari produk kuliner yang tersaji dalam keadaan dingin.

 

Kapan Anda mendirikan Mochi Macho dan kenapa ada tagline “kesukaan para wanita”?

Saya mendirikan Mochi Maco ini pada tanggal 7 Juni 2014 yang lalu dengan menggunakan tagline kue kesukaan para wanita. Sebenarnya ide ini muncul begitu saja tanpa disengaja dan memang tanpa persiapan apapun. Begitu pula dengan pemberian nama Mochi Maco yang sebenarnya dari pengucapannya memang unik dan mudah diingat. Harapannya, jika Anda ingin membeli kue mochi maka yang diingat pertama kali adalah kue Mochi Maco. Sedangkan tagline kue kesukaan wanita itu awalnya untuk menjadi unsur pembeda saja dibandingkan bisnis kuliner lainnya. Ternyata, pemberian tagline tersebut berdampak besar karena pada akhirnya banyak sekali wanita yang datang untuk membeli kue Mochi Maco. Intinya, kue Mochi Maco ingin menampilkan sebuah konsep jajanan yang beragam dari segala penjuru nusantara yang disajikan dengan konsep unik seolah-olah Anda menikmatinya di rumah sendiri.

 

Produk apa yang menjadi favorit ditempat Anda?

Pada dasarnya, saya mengembangkan bisnis kuliner dengan manajemen yang sangat ketat. Terlebih dalam kualitas produk, sebelum menjual ke konsumen maka saya melakukan tes pasar terlebih dulu produk apa yang akan mendatangkan penjualan dalam jumlah besar. Saya bahkan sempat menyebarkan 300-400 kuisioner untuk mengetahui respon dari konsumen. Ternyata, banyak dari produk Mochi Macho yang memang mendapat respon positif sehingga menjadi favorit konsumen. Kue Mochi Macho memiliki rasa yang khas dimana teksturnya sangat lembut ketika pertama kali dimakan dan semakin lama akan terasa semakin lengket tanpa mengurangi cita rasanya yang lezat.

Kue Mochi Maco merupakan sebuah produk kuliner yang mendepankan dessert dengan berbagai macam varian rasa. Jika pada umumnya orang-orang membeli mochi berisi kacang hijau atau cokelat maka di Mochi Maco terdapat banyak kue mochi dengan berbagai rasa. Diantaranya adalah varian es krim seperti rasa vanilla, strowberi, cokelat dan juga mocha. Selain itu, ada beberapa produk unggulan seperti kue mochi berisi es krim oreo, green tea dan juga durian yang banyak diminati konsumen. Jadi, setiap produk yang ditawarkan oleh Mochi Macho tidak akan mengecewakan konsumen.

 

Anda mengatakan bahwa setiap bisnis yang dijalankan membutuhkan sebuah manajerial yang tepat, bisa diceritakan?

Benar sekali, sebuah bisnis harus dijalankan dengan manajerial yang tepat. Seorang CEO harus bisa membantuk sebuah tim bisnis yang solid dengan latar belakang yang berbeda-beda. Saya pun juga harus mengatur tim agar lebih solid dari waktu ke waktu. Saya memberikan pembagian tugas sesuai dengan job description masing-masing. Contohnya saja, bagian marketing tentu tidak akan memiliki kewenangan untuk memutuskan yang terbaik di bidang produksi. Jika ada penurunan penjualan maka tim marketing itulah yang harus memberikan evaluasi terhadap kondisi yang terjadi. Dengan adanya komunikasi yang teratur maka saya bisa menjaga dan mengontrol tim agar tetap bekerja dengan solid.

 

Berapa penghasilan yang didapat dari menjalankan bisnis kuliner?

Dalam sebulan, saya bisa mencapai omzet 400 ratus juta rupiah dengan harga per item kue Mochi Macho sebesar empat ribu rupiah. Terkait jumlah produk yang terjual saya tidak ada data pastinya. Tapi, kira-kira dalam sebulan saya bisa menghasilkan ratusan juta rupiah seperti yang disebutkan tadi. Itupun nantinya akan digunakan juga untuk membayar biaya produksi bulanan plus gaji beberapa orang karyawan dan juga keperluan manajerial lainnya. Alhamdulillah, hasilnya juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih besar ke depan nantinya.

 

Bagaimana cara Anda menjalani hidup sebagai seorang pebisnis sukses sehari-hari?

Bagi saya, hidup itu seperti sebuah roda yang berputar, kadang seseorang akan berada diatas dan sesekali waktu juga bisa berada di bawah. Nah, jangan sampai kita terlena dengan apa yang sudah diperoleh selama ini. Jika Anda sedang berada di puncak karir atau sudah menjadi pebisnis maka ingatlah masa-masa dimana Anda sedang bersusah payah untuk membangun bisnis. Bantulah orang-orang di sekitar Anda dimana Anda juga pernah mendapat bantuan orang lain. Hal itu akan membuat Anda tetap humble dan bisa menjaga hubungan baik dengan siapapun. Jadi, disaat Anda sedang mengalami kesulitan maka Anda tidak sendirian dalam menghadapinya.

 

Terakhir, apa saran Anda bagi para pebisnis yang baru mulai menjalankan bisnisnya?

Jika Anda berkecimpung di dunia bisnis maka controlling merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Sebagai CEO, Anda tidak hanya memperhatikan kualitas produk saja tetapi juga memperhatikan pelayanan yang diberikan kepada konsumen dan juga memastikan bahwa karyawan bekerja sesuai dengan SOP yang ada. Tidak bisa Anda hanya menginginkan sebuah hasil yang besar tanpa kerja keras. Seorang pebisnis harus tahu apa yang menyebabkan bisnisnya mengalami kendala dan mempunyai solusi atas setiap permasalahan yang dihadapinya. Jadi, Anda harus lebih banyak melakukan kontrol untuk memastikan bahwa bisnis Anda berjalan sesuai dengan instruksi yang telah diberikan. Dengan begitu maka kesuksesan hanyalah tinggal menunggu waktu.


Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar