Langkah Sukses Membangunkan Merek Dari Mati Suri

  • Langkah Sukses Membangunkan Merek Dari Mati Suri

Tenggelamnya sebuah merek ternama seringkali menghadirkan kekecewaan bagi para konsumennya. Meskipun merk produk Anda sudah terbilang jadul dan telah cukup lama beredar di pasaran luas, namun para konsumen cenderung mempertahankan loyalitasnya pada sebuah merek karena citra baik dari merek tersebut.

Namun dalam dunia pemasaran, citra baik saja tentunya tidak dapat membawa kesuksesan sebuah merek. Munculnya beberapa masalah internal terkadang menjadi musibah besar bagi sebuah produk hingga akhirnya citra baik yang mereka miliki tak mampu mengatasi perpecahan maupun kematian sebuah merek. Tidaklah heran bila belakangan ini sering kita temui kasus sebuah merek besar yang tenggelam atau mati suri di tengah ketatnya persaingan pasar yang semakin hari semakin pesat.

Nah, untuk membantu para pelaku UKM yang mereknya mengalami mati suri. Berikut ini kami informasikan beberapa langkah sukses yang bisa dijalankan untuk membangunkan kembali merek produk dari tidur panjangnya.

Pertama, mencoba mengingatkan konsumen tentang keunggulan merek produknya. Untuk membangunkan merek dari mati suri, Anda perlu membangkitkan masa lalu dan menghadapi masa depan guna mengingatkan para konsumen tentang keunggulan merek produknya. Contohnya saja seperti strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan ponsel merek Sony yang mencoba mengkampanyekan kembali produk Xperia Z smartphone di layar televisi untuk mengingatkan orang-orang tentang ketertarikan mereka dan pengalaman baik mereka dulu terhadap merek Sony. Dengan cara tersebut mereka mencoba untuk mengingatkan konsumen tentang produk Sony dan menunjukkan kepada konsumen bagaimana mereka menawarkan pengalaman baik tersebut melalui Xperia Z yang diluncurkan baru-baru ini.

Kedua, membuat perubahan kultur baru melalui strategi akuisisi. Seperti kita ketahui bersama, kultur sebuah perusahaan sangat penting bagi keberuntungan merek produk. Kultur di sini termasuk pula model bisnis. Bisa kita lihat dari merek Polaroid (merek produk kamera ternama asal Amerika). Setelah mati suri, merek Polaroid dibangun kembali dengan model bisnis yang berbeda. Akuisisi oleh sebuah grup perusahaan ekuitas swasta mengubah model bisnis Polaroid menjadi sebuah perusahaan yang berfokus pada pemasaran merek dan perizinan. Dengan kata lain, Polaroid tidak lagi memproduksi kamera, tetapi memberikan izin namanya digunakan oleh produk mitranya.

Ketiga, menyiapkan visi baru. Untuk memperbaiki kegagalan yang telah Anda dapati, ada baiknya bila Anda menyiapkan visi baru yang sangat dibutuhkan bagi merek yang ingin kembali bangkit di mata para konsumen. Hal ini terkait dengan kesesuaian merek yang akan dihidupkan kembali, karena terlahir sebagai merek baru juga membutuhkan tujuan, konsep, dan tenaga ahli yang siap mendukung perubahan yang akan ditawarkan.

Selain tiga strategi pemasaran yang telah kita bahas bersama, tentunya kebangkitan sebuah merek tak bisa lepas dari nilai tambah yang diberikan para pelaku usaha untuk mendapatkan kepercayaan kembali dari para konsumennya.





Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar