Langkah Memulai Bisnis yang Sukses

  • Langkah Memulai Bisnis yang Sukses

Memiliki ide bisnis yang brilian? Tidak ada salahnya Anda mulai mewujudkannya. Dengan mempunyai bisnis sendiri, Anda bisa punya waktu yang lebih fleksibel.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda siapkan ketika memulai bisnis: 
1 Jangan takut mulai dari yang kecil

Salah satu yang membuat orang takut untuk berbisnis adalah karena tak punya modal banyak. Jika modal adalah halangan, jangan menyerah. Realistis saja soal modal yang memang Anda miliki. Cobalah kreatif untuk mendanai bisnia Anda, seperti dengan berkantor di rumah, barter dan menggunakan jejaring sosial untuk memasarkan.

2. Jangan hanya kerjakan tugas yang disuka

Sebagai pebisnis, Anda akan diharuskan bisa mengerjakan semuanya. Belum tentu semua pekerjaan itu Anda sukai. Beberapa tugas bisa jadi belum Anda kuasai. Cari tahu bagaimana agar Anda bisa bertahan dan coba cari alternatif lain misalnya dengan mempekerjakan orang lain atau minta bantuan keluarga dan teman.

3. Belajar berkata tidak

Berkata tidak memang terkadang menjadi tidak nyaman diucapkan. Namun saat sudah menjadi pebisnis, setiap kali Anda berkata 'iya', hal itu berarti Anda berkata 'tidak' untuk diri sendiri dan prioritas Anda. Untuk menjadi pebisnis yang sukses, belajarlah berkata tidak. Perlu diingat, klien Anda lah yang harus diprioritaskan.

4. Jangan lupakan aspek hukum

Meski Anda mulai dengan bisnis yang kecil, jangan pernah melupakan aspek hukumnnya. Banyak pemilik bisnis kecil memilih mendirikan bisnisnya dengan menjadi sebuah Perusahaan Perseroan Terbatas (PT) untuk melindungi aset dan kepemilikan perusahaan mereka. Dengan menjadikan bisnis Anda menjadi PT, itu pun akan menambah kredibilitas di mata konsumen dan partner. Memang untuk membuat PT cukup mahal, jadi tidak masalah jika Anda butuh waktu untuk melakukannya.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar