Kunci Sukses Pebisnis Besar Dunia

  • Kunci Sukses Pebisnis Besar Dunia

Pebisnis yang baik harus hanya melakukan apa yang menjadi kekuatan dia, dan menyerahkan kelemahannya untuk dikerjakan oleh orang lain di timnya

Richard Branson – Virgin Group


Siapa yang tidak kenal Bill Gates, Warren Buffet, Richard Branson, dan Steve Jobs? Mereka berempat selalu masuk jajaran orang terkaya di dunia. Satu hal yang pasti, mereka adalah contoh sukses pebisnis level dunia, memberikan mimpi pada generasi muda untuk berani menjadi pebisnis, dan berani untuk mengubah dunia. Nasehat-nasehat dari Bill Gates, Warren Buffet, Richard Branson, dan Steve Jobs tersebar di berbagai buku manajemen dunia. Berikut adalah beberapa nasehat kunci sukses berbisnis ala Bill Gates, Warren Buffet, Richard Branson, dan Steve Jobs.


Bill Gates, Pendiri Microsoft: Tiru, Jangan Berinovasi

Meskipun sempat menciptakan bahasa komputer bernama Basic di awal karirnya, kekayaan Bill Gates justru bermula ketika dia berhasil meyakinkan IBM untuk membeli DOS, operating system pertama yang mendominasi dunia. Hebatnya, Bill Gates tidak membangun DOS dari nol, namun membeli sebuah software jadi seharga $25.000 dan memodifikasinya. DOS dengan cepat menjadi operating system hampir semua komputer di dunia. Bill Gates menekankan pada pentingnya kemampuan eksekusi ketimbang berinovasi.

 

Warren Buffet, Investor Terbesar di Dunia: Tahu Apa yang Bagus, Tahu Siapa yang Lebih Baik

Warren Buffet sudah sangat cerdas dari kecil. Dia bahkan memulai investasi di usia belasan, tidak bisa kita bayangkan bukan? Namun, Warren mempunyai kepercayaan yang sangat besar terhadap siapa yang dia ajak berinvestasi. Anggota awal tim investasi Warren Buffet berisi orang-orang yang sangat cerdas, seperti dirinya. Mereka berkembang bersama, dan kalau memakai istilah Warren Buffet, menjadi kaya bersama. Anda tidak akan bisa menjadi kaya sendiri, ajaklah orang lain yang bisa membawa Anda ikut sukses.

 

Richard Branson, Virgin Group: Bagi Pekerjaan, Bagi Kekayaan

Berbeda dengan kebanyakan entrepreneur lainnya, Sir Richard Branson tidak suka mengecek semua pekerjaan yang kecil-kecil. Virgin Group bahkan berperan menjadi venture capital yang mendanai entrepreneur menjajikan dan sesuai dengan brand Virgin yang sudah ada. Dia menyerahkan operasional ke entrepreneur tersebut. Richard Branson percaya bahwa seorang pebisnis yang baik harus hanya melakukan apa yang menjadi kekuatan dia, dan menyerahkan kelemahannya untuk dikerjakan oleh orang lain di timnya.

 

Steve Jobs, Apple Computer: Tidak Ada Kesuksesan Tanpa Kegagalan

Kebanyakan orang hanya mengetahui sosok Steve Jobs yang sukses. Kenyataannya, Steve pernah dikeluarkan dari Apple. Dan ketika mendirikan perusahaan computer baru bernama Next, dia gagal total dan menghabiskan jutaan dollar sia-sia. Justru, ketika masa-masa terpuruk dalam hidupnya, Steve mendirikan Pixar, sebuah perusahaan animasi dan sukses besar. Meskipun terkenal dengan Apple, sebenarnya 70% kekayaan Steve Jobs berasal dari Pixar, sebuah industry yang sebenarnya dia sama sekali tidak ada niatan untuk terjun di dalamnya.



Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar