Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Paruh Waktu

  • Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Paruh Waktu

Menjalankan bisnis part-time atau paruh waktu merupakan sebuah tantangan usaha yang risikonya tidak dapat dianggap remeh. Di satu sisi, Anda terus melakukan pekerjaan utama, di sisi lain Anda juga harus mempertahankan pekerjaan penuh waktu Anda. Bisnis paruh waktu sebaiknya juga dipersiapkan untuk mendatangkan keuntungan finansial. Berikut adalah lima kunci sukses dan strategi agar bisnis paruh waktu Anda berjalan sukses:

1. Pahami investasi Anda
Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah makna "paruh waktu". Seberapa lama paruh waktu yang Anda punya? Apakah 10 jam per minggu? Lima belas jam, atau tiga puluh jam? Jika Anda juga punya kegiatan rutin, maka pembagian waktu adalah hal yang mutlak perlu.

Selain waktu, investasi yang Anda miliki adalah rencana. Buatlah perencanaan dalam bentuk dokumen tertulis. Dokumen ini harus menjelaskan tujuan dan harapan Anda akan bisnis paruh waktu yang Anda jalankan. Tuliskan juga di dalamnya, berapa banyak jam setiap minggunya yang Anda siapkan untuk mengatur bisnis sampingan ini. Dokumen ini juga harus memuat rencana mencapai tujuan bisnis. Sesuaikan dengan jenis bisnis Anda. Pikirkan, berapa lama kira-kira waktu yang diperlukan hingga Anda bisa menikmati keuntungan usaha. Jangan remehkan kesulitan jenis usaha. Jika usaha yang Anda jalankan terbilang rumit, tentu Anda perlu menyiapkan tenggat waktu yang lebih lama.

2. Minta dukungan keluarga dan teman
Bisnis paruh waktu akan menyita waktu dan mengurangi waktu Anda bersama keluarga. Sampaikan pada mereka dengan penuh pengertian. Beri tahu keluarga Anda akan keinginan dan alasan Anda melakukan bisnis ini. Jelaskan pada pasangan atau anak-anak mengenai mimpi-mimpi Anda. Atau, jika memungkinkan, ada baiknya jika Anda melibatkan mereka dalam proses bisnis. Intinya, menangkan hati mereka untuk mendapatkan dukungan moril.

3. Kelola waktu Anda dengan efektif
Dalam bisnis paruh waktu, biasanya Anda yang harus mengikuti jadwal klien Anda. Anda tidak selalu dapat menetapkan jadwal seperti yang Anda mau. Mengatur waktu adalah hal penting untuk mencapai keberhasilan. Disiplinlah dalam melaksanakan perencanaan yang sudah Anda buat. Bangun pagi lebih awal, dan tidur lebih larut. Tanpa penjadwalan yang tepat, bisnis tidak akan berhasil. Manfaatkan aplikasi manajemen waktu. Sortirlah tugas-tugas yang memerlukan prioritas, perhatikan tanggal jatuh tempo, dan tulislah reminder serta berbagai jadwal meeting di buku harian bisnis Anda.

Satu hal penting dalam menjalankan bisnis paruh waktu adalah menanggapi kebutuhan klien secara tepat waktu. Saat sedang sibuk rutinitas harian, Anda mungkin tidak sempat menjawab e-mail atau telepon dengan segera. Untuk mengatasi ini, gunakanlah teknologi internet misalnya Google Voice. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang paling populer untuk mengatur usaha paruh waktu.

4. Panduan ahli
Ada satu penyakit yang sering menyerang bisnis paruh waktu. Resiko usaha yang terbilang rendah bisa berarti rendah pula dalam hal penghargaan. Penghargaan yang rendah ini bisa jadi akan membuat Anda malas mempromosikan bisnis Anda. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membangun hubungan dengan seorang “mitra akuntabilitas". Orangnya bisa siapa saja, misalnya seorang trainer bisnis, pasangan Anda, teman, atau bahkan tetangga sebelah rumah. Masalahnya, tidak ada orang yang
“menagih” atau berperan menjadi bos tempat kita mempertanggungjawabkan usaha kita. Karena itulah, kita perlu memiliki seseorang untuk melaporkan bisnis yang telah kita lakukan. Anda perlu seseorang untuk membuat Anda berada pada jalur bisnis yang tepat. Partner akuntabilitas ini perlu memiliki ketajaman analisis bisnis, dapat dipercaya, mau tahu rencana-rencana Anda, cara mencapainya, serta punya solusi jika Anda menemukan hambatan.

5. Hargai kegagalan
Thomas Alva Edison mengetahui rasanya 1.000 kali gagal, hingga akhirnya bola lampu buatannya dapat menyala. Anda juga perlu mengetahui rasanya gagal agar Anda dapat belajar dari kegagalan itu. Pemilik usaha paruh waktu cenderung banyak belajar lebih banyak dari kegagalan. Kegagalan memang bukanlah pilihan yang menyenangkan. Namun Anda perlu memandang kegagalan sebagai semacam acara seminar atau pelatihan bisnis yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar