Kunci Agar Kerja Sama Bisnis Berjalan Optimal

  • Kunci Agar Kerja Sama Bisnis Berjalan Optimal

Seperti yang pernah dikatakan oleh Henry Ford, “If everyone is moving forward together, then success takes care of itself.” Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita melakukan kerja sama yang saling memberikan manfaat positif di berbagai hal dalam kehidupan ini, termasuk kerja sama yang saling menguntungkan dalam menjalankan bisnis kita.

Mungkin selama ini Anda pernah merasakan bahwa bisnis yang sudah Anda rintis bertahun– tahun lamanya (bahkan sudah puluhan tahun), ternyata terjadi penurunan dalam berbagai hal, baik penurunan dalam hal produksi, penjualan atau pun penurunan pada jumlah konsumen setia Anda.

Sebagian ada yang berpikir: “Ini semua karena semakin banyaknya kompetitor, ya… diterima saja kenyataan pahit ini.” Namun, ada pula yang berpikir sebaliknya, “Bagaimana caranya bisa lebih sukses?” atau… “Perlu bekerja sama dengan siapa agar di tengah ketatnya persaingan, bisnis saya bisa berkembang dengan pesat kembali dan semakin banyak lagi konsumen setia yang makin menyukai produk/jasa saya?”

Inilah perbedaan antara orang yang pesimistis dengan OPTIMIS. Ketika dihadapkan suatu tantangan,orang yang pesimistis hanya menyerah begitu saja (bahkan plus menyalahkan keadaan atau orang lain). Namun orang atau pebisnis yang OPTIMISTIS, akan senantiasa melihat tantangan yang ada sebagai suatu energi baru untuk menjadi lebih baik lagi.

Seperti kita ketahui bahwa Sony merupakan salah satu perusahaan besar dunia dan tentu saja telah mempunyai banyak konsumen setia selama bertahun–tahun lamanya, antara lain lewat produk walkman. Namun, rupanya sekitar sepuluh tahun yang lalu, di dunia ini terjadi tren yang berkembang dengan pesat, antara lain dengan munculnya berbagai ponsel yang memiliki keanekaragaman dalam bidang teknologinya, bukan hanya untuk menelepon namun juga bisa memutar lagu, memutar video, memotret, video shooting atau memainkan berbagai game yang menarik sekaligus dari ponsel.

Dan pada akhirnya pun semakin banyak orang tertarik untuk memiliki ponsel, yang selain bisa mempermudah komunikasi sekaligus juga bisa memberikan berbagai hiburan yang menarik. Oleh karena itu, sebagai suatu perusahaan yang besar, Sony pun mengembangkan bisnis ponsel untuk bisa menangkap peluang pasar yang begitu besarnya. Maka dengan bekerja sama dengan Ericsson, Sony bisa menarik jutaan konsumen untuk membeli ponsel hasil kolaborasi “Sony Ericsson”.

Seperti sudah diketahui, bahwa keduanya telah memiliki nama besar dan kualitas yang banyak diakui orang (di bisnis mereka masing-masing), maka ponsel Sony Ericsson pun juga mendapatkan sambutan yang baik di pasaran. Keduanya bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar, dan tentu saja profit yang lebih menguntungkan. Dan, meskipun Sony dan Ericsson akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kerja samanya, tentu saja keduanya telah mendapatkan suatu hasil yang dahsyat selama mereka berkolaborasi tersebut.

Oleh karena itu, kalau bisa jauh lebih sukses dengan melakukan kerja sama, mengapa Anda harus terus-menerus sendirian (dan rugi)? Mulailah membuat perencanaan untuk bisa melakukan berbagai bentuk kerja sama yang saling menguntungkan. Dan, sebelum melakukan kerja sama tersebut, ada setidaknya tiga kunci penting agar kerja sama bisnis Anda lebih optimal:

1. Win-win solution 

Prinsip kerja sama yang benar– benar bisa menguntungkan untuk semua pihak. Menguntungkan untuk partner bisnis Anda, menguntungkan untuk bisnis Anda dan tentu saja juga bisa menguntungkan bagi para konsumen dari kedua belah pihak.

2. Leverage

Dengan adanya kerja sama bisnis yang dibuat, seharusnya mampu untuk menambah market share dari kedua belah pihak. Sehingga, target pemasaran pun bisa jauh lebih meningkat. Dan, keuntungan bagi kedua belah pihak juga semakin dahsyat.

3. Every good collaboration helps you grow 

Jika Anda sudah memulai untuk bekerja sama bisnis secara baik–baik dengan mitra Anda, dan jika kemudian dalam perkembangannya kerja sama tersebut harus diakhiri, pastikan untuk diakhiri dengan baik-baik pula agar kelak di kemudian hari bisa terus saling bekerja sama yang lebih menguntungkan lagi. 


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar