Kisah Sukses Bos Ace Hardware Indonesia

  • Kisah Sukses Bos Ace Hardware Indonesia

Siapa yang tidak tahu Ace Hardware? Ace Hardware masuk ke Indonesia melalui Kawan Lama Group. Sebagai satu toko retail terbesar, Ace Hardware telah memiliki 99 toko yang tersebar di Indonesia. Namun rupanya sang pemilik Kawan Lama Group, Kuncoro Wibowo, memiliki kisah sukses yang unik. 

Bermula dari berjualan di Glodok.

Jangan anggap bahwa Kuncoro Wibowo sebagai anak seorang juragan kaya di Glodok. Wong Jin, sang ayah, memiliki toko peralatan keras yang hanya berukuran 3×3 meter. Masa kecilnya pun sering dihabiskan di toko sang ayah. Biasanya, beliau akan mengajarkannya bagaimana cara berjualan. Namun tak lama kemudian, ayahnya meninggal dunia. 

Prinsip sukses Kuncoro Wibowo. 

I want to be something different. Saya kalau sudah punya keinginan, harus dapat,” ucap Kuncoro Wibowo yang membantu ayahnya sejak masih SD. Prinsip Kuncoro adalah learning by practicing. Tidak apa-apa membuat kesalahan, asal kemudian kesalahan itu menjadi pembelajaran dan diperbaiki. 

Kami terus membuat kesalahan dan memperbaiki kesalahan tersebut sampai mandiri, sampai dilepas oleh ayah,” ujar Kuncoro Wibowo. Kematangan bisnis beliau terbentuk dengan natural atas bimbingan ayahnya.

Displin tinggi dan relasi yang luas. 

Disiplin dan kerja keras juga diterapkan sejak kecil. Sejak remaja, Kuncoro Wibowo telah belajar bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Sejak remaja pula, ia telah sering pergi keluar negeri dan berinteraksi dengan barang-barang perkakas tokonya dari luar negeri. Ia pun bernegosiasi sendiri untuk bisa menjadi agen produk tersebut.

Tak hanya itu, rupanya Kuncoro pun sering menghadiri pameran barang bekas. Hal ini pun menjadi bekal Kuncoro dalam mengembangkan PT Kawan Lama Sejahtera.

Sukses berekspansi membuka Ace Hardware.

Bisnis perkakas Kuncoro kemudian berlanjut dengan meneruskan usaha PT Kawan Lama Sejahtera peninggalan ayahnya. Tidak lama kemudian, Kuncoro pun membuka kantor pusat di gedung baru, empat lantai di kawasan Glodok Jaya.

Bersama dengan lima saudaranya, Kuncoro  berekspansi dengan mendirikan PT. Ace Hardware Indonesia, Tbk pada tahun 1995. PT. Ace Hardware Indonesia pun menjadi pemegang lisensi tunggal ACE Hardware, yang merupakan sebuah retail perabot rumah tangga dan perkakas dari Amerika Serikat. 

Ace Hardware pun kini menjadi retail yang menjamur di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, pada tahun 2014, Kuncoro pun dinobatkan menjadi orang terkaya ke-20 versi majalah Forbes. 




Sumber : bisniskokoh.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar