KIAT SUKSES MENGEMBANGKAN BISNIS KERAJINAN

  • KIAT SUKSES MENGEMBANGKAN BISNIS KERAJINAN

Dikenal sebagai salah satu Negara yang memiliki cukup banyak potensi pariwisata, ternyata memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Tersebarnya beberapa tempat obyek wisata di Indonesia, tidak hanya meningkatkan perekonomian nasional namun juga turut menghidupkan industri kerajinan di sekitarnya.

Mengapa demikian? Sebab, tanpa kita sadari sekarang ini banyak wisatawan domestik maupun turis mancanegara yang tertarik membeli aneka macam souvenir dan kerajinan untuk dijadikan sebagai buah tangan. Kebiasaan inilah yang kemudian membuat produk kerajinan di tanah air mulai mendapatkan banyak permintaan sehingga industri kreatif tersebut kian berkembang dengan pesat dan prospek pasarnya semakin hari semakin terbuka lebar. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan peluang ini bukan?

Karena itu, untuk membantu para pemula yang berniat terjun menekuni bisnis kerajinan. Berikut ini kami informasikan beberapa tips bisnis yang bisa Anda jalankan untuk memenangkan persaingan di sektor industri kerajinan.

Kiat pertama, bersaing dengan inovasi. Meskipun sekarang ini beragam jenis produk kerajinan bisa kita temukan di pasaran, namun sebagai seorang pengrajin jangan pernah lelah untuk bersaing dan menciptakan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Yang dimaksudkan inovasi disini tentunya tidak hanya dari segi bentuk dan ukuran, namun juga memperhatikan kualitas bahan, strategi pemasaran yang dijalankan, serta dukungan kemasan produk kerajinan yang unik untuk meningkatkan daya beli calon pembeli.

Kiat kedua, angkat potensi di sekitar Anda untuk meningkatkan nilai jual produk kerajinan. Sekarang ini banyak konsumen lokal maupun internasional yang mencari produk-produk kerajinan berciri khas khusus sebagai oleh-oleh atau pun buah tangan ke kampung halaman mereka masing-masing. Biasanya, mereka lebih menyukai produk kerajinan yang memiliki ciri khas karena untuk dijadikan sebagai salah satu kenangan ketika mereka pernah mengunjungi suatu daerah. Karena itu, mulailah untuk mengangkat potensi lokal yang ada di sekitar Anda untuk meningkatkan nilai jual produk Anda. Sebab, sekarang ini produk kerajinan yang menggambarkan ciri khas suatu daerah lebih diminati konsumen di pasaran.

Kiat ketiga, perluas wawasan dan jaringan dengan bergabung ke komunitas sesama pengrajin. Sebagai seorang pelaku usaha, sebaiknya Anda tidak hanya fokus memikirkan masalah produksi, namun juga mulai memperluas wawasan, serta membangun jaringan bisnis untuk memperlancar jalannya usaha kerajinan. Dalam hal ini, Anda bisa bergabung dengan komunitas sesama pengrajin baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional. Dengan bergabung di komunitas pengrajin, tentunya Anda bisa berbagi ilmu dengan rekan-rekan se-profesi, mendapatkan info ter-update mengenai jadwal pameran dan bazar di dalam maupun luar negeri, serta tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan tambahan pinjaman modal dari komunitas yang Anda ikuti.




Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar