Kiat-kiat memulai UKM yang sukses

  • Kiat-kiat  memulai UKM yang sukses

Banyak yang bilang, memulai atau merintis suatu usaha tidaklah mudah. Perlu namanya perjuangan, kerja keras dan keyakinan yang teguh. Begitu juga dengan memulai UKM atau Startup  Untuk membuat sesuatu yang besar maka dimulai dari yang kecil dahulu bukan?
Kalau melihat Bill Gates atau Mark Zuckerberg, pasti akan tergiur dengan kekayaan mereka yang luar biasa. Tapi tahukah kamu? Mereka memulainya benar-benar dari bawah, modal yang seadanya dan dukungan yang tak selalu penuh?


Yukk, intip kiat-kiat cara memulai UKM yg untuk pemula

1. Realistis
Saat membuat model bisnis, carilah referensi dari sekitar kamu. Mana bisnis yang sukses disekitar kamu, amati lalu pelajari apa yang kamu bisa kembangkan dan inovasikan. Jika kamu tidak bisa menemukannya, entah ide yang begitu jenius atau ide bisnis kamu tidak realistiis

2. Jangan menginvestasikan uang sendiri. Karena berbisnis merupakan hal yang banyak resiko, maka carilah partner sebagai pemilik modal. Sehingga jika semuanya tidak berjalan sesuai rencana, uang kamu tidak habis seluruhnya. Lagi pula setiap Start-Up memerlukan partner.

3. Perbudak diri sendiri. Jika kamu tidak mau bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi hingga kesehatan kamu, maka berbisnis tidak cocok bagi kamu. Karena saat memulai bisnis, kamu akan sulit menggaji karyawan, bahkan yang termurah sekalipun. Jadi, karyawan kamu adalah kamu sendiri. 

4. Hargai waktu. Beri nilai uang pada waktu kamu , misalnya Rp50 ribu perjam. Ini akan membantu saat Anda harus mengambil keputusan: Bila sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini mungkin bertentangan dengan aturan ke 3, tapi bahkan budak sekalipun juga memiliki nilai ekonomi.

5. Rekrut karyawan dengan baik. Bagaimanapun ukuran usaha kamu, pasti ada waktunya kamu merekrut karyawan dari luar. Maka hati-hati dalam memilah-milahnya, lakukan rekrutmen yang tak tergesa-gesa, perlakukan hal itu sepenting saat kamu memulai usaha. Sangat disayangkan saat seorang pemilik usaha memiliki visi yang baik bagi perusahaannya, namun si karyawan tidak memiliki visi yang sama bahkan cenderung menghalangi visi tersebut.

6. Ikuti trend marketing. Pelajari teknik marketing saat memulai usaha. Namun berkutat pada hal itu dan bersaing pada harga. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan kepadanya bahwa produk kamu memiliki harga tinggi karena memiliki kualitas yang tinggi pula.

7. Jual kelebihannya, bukan harganya. Kamu gak boleh setengah-setengah. Setiap hal yang kamu lakukan untuk klien harus lah yang terbaik. Apapun yang kamu buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar.

8. Sekecil apapun bisnis yang akan kita buka, bukan menjadikan usaha kita kecil. Perlu juga usaha yang besar dalam melakukannya, dan yang terpenting selalu evaluasi bisnis kamu agar kedepan lebih baik lagi. Begitulah cara memulai usaha kecil yang didapatkan dari berbagai sumber, semoga bisa membuka pikiran kamu sebelum benar-benar masuk ke dunia usaha.




Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar