KESALAHAN DALAM MENJALANKAN BISNIS SAMPINGAN

  • KESALAHAN DALAM MENJALANKAN BISNIS SAMPINGAN

Bisnis sampingan merupakan salah satu peluang bisnis yang menguntungkan dan bisa mendatangkan tambahan penghasilan setiap bulannya. Namun sayangnya, tidak semua pelaku bisnis sampingan bisa menjalankan bisnisnya dengan maksimal sehingga kesuksesan belum berhasil mereka genggam.

Jika pelaku bisnis sampingan tidak memiliki strategi bisnis yang ampuh untuk menjalankan bisnisnya, bisa-bisa bukan kesuksesan dan tambahan penghasilan yang mereka dapat, akan tetapi justru uang gaji yang digunakan sebagai modal hanya akan habis terbuang sia-sia tanpa ada pemasukan tambahan setiap bulannya.

Karena itu sebagai pemula bisnis, sebaiknya Anda mengetahui dan menghindari beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan terjadinya kegagalan seseorang dalam menjalankan bisnis sampingan. Berikut ini adalah kesalahan terberat dalam menjalankan bisnis sampingan yang penting untuk Anda perhatikan agar terhindar dari kegagalan.

1. Menyepelekan Bisnis Sampingan

Janganlah pernah menyepelekan bisnis sampingan meskipun keuntungan yang diperoleh tidak lebih besar dari gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya. Karena, salah satu kunci dari sebuah kesuksesan adalah keyakinan dari apa yang telah Anda lakukan.

Bekerjalah dengan keyakinan bahwa bisnis sampingan yang Anda lakukan bisa mendatangkan keuntungan besar untuk memenuhi kebutuhan hidup baik individu maupun keluarga. Dengan begitu, kesempatan untuk meraih kesuksesan akan semakin terbuka lebar meskipun awal mulanya bisnis sampingan hanya sebagai pengisi waktu luang.

Yakinlah bahwa segala jenis bisnis sampingan akan bisa mendatangkan uang banyak jika Anda yakin akan hal itu. Jadi, mulailah dari sekarang untuk fokus kepada bisnis sampingan yang Anda jalankan tanpa meninggalkan pekerjaan utama Anda.

2. Salah Memilih Bisnis

Trend menjalankan sebuah bisnis sekarang ini kian berkembang seiring dengan dukungan dari pemerintah dalam hal permodalan. Namun, perlu dipertanyakan juga apakah yang menjadi dasar dari para pemula bisnis memilih suatu jenis bisnis sehingga mereka berani mengeluarkan banyak uang demi bisnis yang mereka jalankan tentunya dengan resiko kehilangan uang tersebut jika bisnis yang mereka jalankan tidak bisa meraih kesuksesan seperti yang mereka inginkan.

Apakah mereka memulai bisnis hanya sekedar ikut-ikutan, iri dengan orang yang sukses dengan bisnis tersebut ataukah hanya sekedar keinginan tanpa dilandasi dengan analisis yang kuat terhadap kemampuan dan juga pangsa pasar.

Kesalahan memilih bisnis sampingan dapat berimbas pada kesalahan-kesalahan lain dalam bisnis yang menyebabkan kerugian lebih besar lagi. Sebelum Anda memulai bisnis sampingan yang Anda pilih, telitilah terlebih dahulu bisnis mana yang paling cocok dengan kemampuan yang Anda miliki. Jangan hanya ikut-ikutan orang lain yang telah sukses dengan bisnis tersebut.

3.Perencanaan Strategi Bisnis Yang Salah

Perencanaan dalam strategi bisnis merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP) sari bisnis yang Anda kerjakan. Strategi bisnis atau rencana bisnis yang telah tertata dengan baik akan menjadi pedoman dalam menentukan banyak pilihan bisnis dan keputusan bisnis apa yang akan dipilih. Mulai dari jenis produk, siapa yang akan dijadikan sebagai supplier, kapan waktu akan memulai bisnis, tempat atau lokasi untuk membuka bisnis, barang apa saja yang dibutuhkan dan lain sebagainya.

Semua perencanaan bisnis yang dimulai dengan sebuah promosi, perekrutan pegawai, permodalan hingga perputaran uang harus Anda pikirkan dengan sungguh-sungguh agar nantinya tidak terjadi kesalahan fatal dalam menjalankan sebuah bisnis yang dikarenakan Anda bergerak dalam bisnis secara spontanitas tanpa adanya perencanaan.

Setelah Anda merencanakan segala sesuatunya, jangan tunda lagi untuk memulai bisnis sesuai dengan yang telah Anda rencanakan, jika rencana yang telah Anda susun kemudian hari mengalami kesalahan maka segera perbaiki untuk menghindari terjadinya kesalahan yang lebih besar lagi.

Demikianlah beberapa kesalahan dalam menjalankan bisnis sampingan Semoga dengan informasi tersebut diatas dapat menghindarkan Anda dari suatu kegagalan bisnis.


Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar