Kekeliruan UKM Dalam Menyusun Strategi Pemasaran

  • Kekeliruan UKM Dalam Menyusun Strategi Pemasaran

Menyusun strategi pemasaran bisa diibaratkan seperti menggambarkan sebuah peta harta karun. Apabila Anda menggambarkannya dengan tepat, maka semakin cepat pula Anda akan menemukan harta karun tersebut. Dan begitu juga sebaliknya, apabila Anda salah dalam menggambarkan peta harta karun, bisa dipastikan bila Anda bakal tersesat di tengah jalan dan hanya akan menghabiskan banyak tenaga tanpa mendapatkan harta karun yang diharapkan.

Karenanya dalam menjalankan sebuah bisnis, para pelaku usaha dituntut untuk selalu jeli dan teliti dalam menyusun strategi pemasaran. Apabila strategi pemasaran yang mereka susun tidak sesuai dengan kondisi di pasaran, tidak menutup kemungkinan bila target penjualan yang ditentukan perusahaan hanya akan menjadi angan-angan besar yang tak kunjung menjadi kenyataan. Tentu Anda tidak ingin perusahaan yang Anda jalankan mengalami nasib serupa  bukan?

Nah, agar Anda tidak menghadapi kegagalan yang sama, berikut kami informasikan beberapa kekeliruan yang sering dilakukan pelaku UKM dalam menyusun strategi pemasaran.

  1. Terlalu percaya diri dan mengesampingkan strategi pemasaran. Banyak pelaku UKM yang terlalu overconfidence dengan kualitas produk yang Ia hasilkan, sehingga tidak sedikit dari mereka yang cenderung menunggu datangnya calon konsumen tanpa mempersiapkan strategi pemasaran. Tentu ini sebuah kesalahan besar, karena pada dasarnya setiap usaha membutuhkan strategi pemasaran untuk menarik minat calon konsumen.
  2. Kurang eksplorasi karena sudah terbiasa dengan cara tradisional. Selain kurang memikirkan strategi pemasaran, para pelaku UKM juga cenderung jarang bereksplorasi karena masih terpaku pada cara-cara sederhana yang biasa mereka gunakan di masa lalu. Kondisi seperti inilah yang menjadikan pelaku UKM kalah bersaing dengan perusahaan besar, karena banyak UKM yang masih mempertahankan tradisi pemasaran tradisional untuk mempromosikan produk-produknya.
  3. Masih terpaku pada dominasi pasar. Meskipun belakangan ini kehadiran teknologi informasi cukup memudahkan pelaku UKM untuk memasarkan produk-produknya, namun sayangnya sampai hari ini masih banyak pengusaha yang terpaku pada kompetitornya (pasar yang ada di sekitarnya) dalam menyusun strategi pemasaran. Kesalahan inilah yang membuat persaingan pasar semakin ketat, karena hampir semua UKM menggunakan strategi yang seragam untuk mendatangkan penjualan setiap bulannya.

Setelah membahas tiga kekeliruan ukm dalam menyusun strategi pemasaran, kini giliran Anda untuk mengevaluasi ulang strategi yang tengah Anda jalankan dan memperbaiki kesalahan yang ada guna mendatangkan untung yang lebih besar setiap bulannya.




Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar