Karakteristik yang Diperlukan Menjadi Wirausaha yang Sukses

  • Karakteristik yang Diperlukan Menjadi Wirausaha yang Sukses

Pada dasarnya setiap orang memiliki karakteristik tersendiri supaya menjadi seorang wirausaha yang sukses. Akan tetapi untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha tidak serta merta langsung sukses. Kewirausahaan ini memerlukan salah satu pilihan karier yang ada kaitannya dengan tipe kepribadian seseorang, karena sumber daya manusia adalah modal awal kewirausahaan baik secara personal maupun korporasi yang dijalankan.

Terlepas dari definisi kesuksesan Anda, terdapat sejumlah besar karakteristik umum yang dimiliki oleh seorang wirausaha sukses. Dengan cara inilah, Anda dapat melihat bagaimana Anda menyimpulkan.  Bahkan jika Anda tidak memiliki semua karakteristik ini, jangan khawatir. Kebanyakan bisa dipelajari dengan praktek dan dengan mengembangkan sikap memenangkan, terutama jika Anda menetapkan tujuan dan menerapkan sendiri, melalui perencanaan strategis, untuk mencapai tujuan-tujuan dalam tahap tambahan dan terukur.

Selain tipe kepribadian yang diperlukan dalam wirausaha, diperlukan juga pengembangan pribadi orang yang akan terjun ke bidang usaha akan sangat menentukan sukses tidaknya ketika memulai, menjalani, dan mengembangkan usaha tersebut. Supaya mencapai keberhasilan dalam menjalankan usaha, karakteristik apa saja yang diperlukan bagi seseorang untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses.

Dan berikut ini adalah beberapa karakteristik seorang wirausaha yang sukses:

Percaya diri

Sebuah kepercayaan akan kemampuan dan ide-ide menjadi modal utama untuk meraih kesuksesan dalam berwirausaha baik itu perorangan maupun kelompok.

Kemampuan untuk belajar dari orang lain

Seorang wirausaha cenderung bagus di dalam jaringan. Dengan mengikuti dan menjadi anggota dalam suatu organisasi akan mendapatkan ide-ide praktek terbaik dari orang lain.

Lakukan apa yang Anda nikmati

Apa yang Anda dapatkan dari bisnis Anda dalam bentuk kepuasan pribadi, keuntungan finansial, stabilitas dan kenikmatan akan menjadi jumlah apa yang dimasukkan ke bisnis Anda. Jadi jika Anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan, dalam semua kemungkinan itu aman untuk mengasumsikan bahwa akan tercermin dalam keberhasilan bisnis Anda. Bahkan, jika Anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan, kemungkinan Anda tidak akan berhasil.

Punya banyak minat

Minat atau ketertarikan terhadap sesuatu memungkinkan bagi Anda untuk memiliki keinginan dan impian yang bervariasi. Hal ini akan memunculkan ide-ide baru untuk meningkatkan usaha Anda, baik dari segi kualitas maupun pengembangan variasi produksi atau jasa.

Suka mencoba dan menjadi inovatif / kreatif

Suka mencoba dan membuat sesuatu yang baru lebih inovatif / kreatif sehingga menjadi menarik. Ini mampu menghasilkan ide-ide baik untuk produk atau jasa baru dengan cara baru untuk menerapkannya. Sehingga produk atau jasa serta pengalaman yang diberikan ke konsumen bervariasi. Dengan begitu, konsumen tidak merasa bosan malahan akan bertambah loyal. Ini pun penting demi kepentingan promosi produk supaya bisa mendatangkan konsumen baru.

Memberikan citra yang positif

Membuat kesan positif dan mengesankan pada orang-orang dengan siapa Anda berniat untuk melakukan usaha. Ini bisa dilakukan dengan menonjolkan kualitas produk dan layanan, serta dalam bentuk persaingan yang sehat di dalam perusahaan (antara karyawan satu dan lainnya) maupun antara perusahaan satu dan lainnya.

Merencanakan segala sesuatu

Dalam mengembangkan, menerapkan, dan memelihara usaha yang akan dijalankan. Perencanaan setiap aspek usaha menjadi suatu keharusan karena ini mengharuskan Anda untuk menganalisa setiap kondisi usaha, penelitian dan mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan terutama didasarkan pada fakta-fakta yang terungkap melalui penelitian. Sebuah rencana bisnis juga melayani fungsi kedua, yang memiliki tujuan Anda dan bagaimana Anda akan mencapainya, di atas kertas. Anda dapat menggunakan rencana yang Anda buat baik sebagai peta untuk membawa Anda dari titik A ke Z dan sebagai tolok ukur untuk mengukur keberhasilan setiap program atau segmen dalam rencana.

Menguasai seni negosiasi

Kemampuan untuk bernegosiasi secara efektif tidak diragukan lagi keterampilan yang setiap wirausaha harus melakukan segala upaya untuk menguasaiDalam bisnisketerampilan negosiasi yang digunakan sehari-hariSelalu ingat bahwa menguasai seni negosiasi berarti bahwa keterampilan Anda begitu tersetel bahwa Anda selalu dapat mengatur situasi yang saling menguntungkanPengaturan yang saling menguntungkan ini berarti bahwa setiap orang yang terlibat merasa mereka telah memenangkan, yang benar-benar dasar untuk membangun jangka panjang dan hubungan bisnis yang menguntungkan.

Motivasi diri dan tekad

Dorongan untuk terus berjalan dan melihat hal-hal yang dilewati sehingga selalu bersemangat dalam menjalankan usaha. Seorang wirausaha yang sangat termotivasi dan fokus memiliki kemauan untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan secara efisien dan efektif, sehingga produktivitas yang lebih tinggi, peningkatan pendapatan, penghematan biaya dan mendapatkan kepuasan dalam usaha.

Penuh Energi

Dengan perbedaan waktu kerja jika dibandingkan dengan karyawan yang jam kerjanya telah ditentukan setiap harinya. Wirausaha juga perlu memiliki karakteristik yang penuh energi walaupun memiliki waktu lebih bebas, terkadang wirausaha juga tidak mengenal istirahat. Waktunya sering kali sangat ditentukan dan tergantung dari supplier, distributor dan konsumen. Untuk itu, wirausaha perlu memiliki kesehatan yang prima, makan makanan dan minum minuman bergizi, serta melakukan rutinitas olah raga yang cukup.

Luangkan waktu beristirahat

Dengan jadwal kerja yang tidak menentu bagi wirausaha. Buatkan jadwal waktu kerja yang teratur yang mencakup waktu istirahat. Mengambil waktu untuk makan, ditambah beberapa hari libur dan menjadwalkan liburan. Di dalam lingkup perusahaan bisa dijadikan sarana untuk mengakrabkan diri dengan karyawan, keluarga, dan juga dengan supplier, distributor serta konsumen. Buat jadwal segera setelah Anda telah membuat komitmen untuk memulai usaha. Tentu saja, jadwal Anda akan harus fleksibel.




Sumber : afahrurroji.net


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar