Jurus Jitu Berbisnis Tanpa Modal

  • Jurus Jitu Berbisnis Tanpa Modal

Banyak orang ingin membuka usaha mereka sendiri dibandingkan dengan bekerja dalam sebuah perusahaan, di mana pekerjaan, tantangan, dan gaji yang didapatkan bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang pasti dan terukur.

Namun tak sedikit yang masih berpikir ulang mengenai usaha apa yang akan mereka rintis. Hal ini berhubungan dengan modal yang harus dikeluarkan pada awalnya untuk membangun bisnis mereka mulai dari produksi hingga promosi.

Memang rasanya mustahil untuk bisa bekerja tanpa memiliki modal, namun bukan berarti tidak ada usaha yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang wirausahawan atau pebisnis tanpa modal atau setidaknya modal yang relatif kecil.

Lantas, apa saja cara yang bisa ditempuh untuk merintis bisnis tanpa modal tersebut, atau setidaknya modal yang relatif kecil?

Berikut adalah beberapa tips dan jurus yang bisa Anda terapkan dalam menjadi pebisnis tanpa modal, dilansir dari cermati.com.

1. Jika Anda merasa diri Anda cukup kreatif dan menyukai hal-hal baru, Anda bisa memulai usaha Anda dengan menciptakan produk sesuai dengan keahlian dan kreativitas Anda. Memang akan membutuhkan modal untuk membeli atau mendapatkan bahan baku.

2. Tidak memiliki kreativitas cukup untuk memproduksi barang? Jadilah seorang reseller dengan menjual kembali barang-barang produksi orang lain kepada konsumen.

3. Pilihan lain selain menjadi seorang reseller adalah membantu menemukan orang yang membutuhkan produk dengan orang yang memiliki kreativitas dalam memproduksi produk tersebut.

4. Jasa juga bisa menjadi produk yang diinginkan oleh konsumen. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang jasa seperti mengajar atau memberikan layanan konsultasi.

5. Memiliki ide bisnis namun tidak memiliki modal? Cari investor!
Mencari investor itu mudah, yang sulit adalah membangun kepercayaan antara Anda dengan investor sehingga mereka mau membiayai modal usaha Anda dan mereka sendiri mendapatkan keuntungan dari apa yang mereka berikan pada Anda.

6. Sistem dropship juga bisa menjadi pilihan bisnis tanpa modal besar yang bisa Anda lakukan. Hampir sama seperti reseller, namun Anda tidak perlu meluangkan tempat untuk menampung barang dagangan.

7. Tips terakhir untuk mendapatkan modal agar bisa mendirikan bisnis adalah dengan meminjam uang kepada bank.
Bukan sebuah perkara yang mudah bahkan bisa dibilang cukup rumit mengingat proses yang dibutuhkan mulai dari permohonan pinjaman hingga cairnya pinjaman memakan waktu cukup lama dan proses yang panjang. Namun pinjaman yang ditujukan pada bisnis UMKM kini semakin banyak dan bisa Anda manfaatkan.

Tidak ada yang mudah dari sebuah permulaan bisnis. Ada hal-hal yang harus dikorbankan sebagai modal untuk membangun usaha yang Anda rintis.



Sumber : ayopreneur.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar