Ini yang Harus Dilakukan Agar Bisnis Naik Kelas

  • Ini yang Harus Dilakukan Agar Bisnis Naik Kelas

Sukses dalam berbinis bukan merupakan tujuan akhir, tapi bagaimana membuat sukses tersebut tidak jalan di tempat karena sukses saja tidak cukup untuk membuat bisnis Anda naik kelas.

Bisnis yang sedang Anda bangun harus tumbuh semakin besar. Dan untuk membuat sebuah lompatan besar, pebisnis harus memahami apa saja yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis.

Jika ingin "naik kelas," ini yang harus dilakukan pada bisnis Anda:

1. Fokus dengan Hal yang Paling Menjual dari Bisnis Anda
Banyak startup gagal karena pemasaran mereka tidak berjalan baik. Mereka mencoba menawarkan banyak barang atau jasa kepada klien dan memperluas ke pasar baru secara bersamaan. Padahal, seorang pebisnis harus fokus dan memperhatikan risiko saat menjalankan usahanya. Memperluas usaha tanpa persiapan yang matang akan percuma. Sebaliknya, Anda harus fokus pada apa yang paling menghasilkan keuntungan di bisnis Anda. Konsentrasilah pada inti. Ekspansi memang harus dilakukan namun tetap harus bijak.

2. Lakukan Inovasi dan Perluas Strategi Bisnis
Ketika bisnis Anda sudah fokus dan dirasa kuat, lakukanlah inovasi. Pengusaha perlu menyusun strategi dan berinovasi agar bisnisnya berkembang. Contohnya yang dilakukan Uber, yang telah berhasil melakukan inovasi dengan menyediakan pembayaran melalui mobile dan menawarkan beberapa pilihan pembayaran. Mereka juga sudah merambah banyak pasar di dunia.

3. Bangun Merek Anda
Membangun sebuah startup perlu didukung hubungan baik dengan klien. Pastikan klien Anda menilai kalau Anda memiliki merek dengan citra positif. Sebagai pebisnis baru, harus tahu akan di bangun seperti apa merek perusahaan. Merek harus sesuai dengan tujuan bisnis dan visi misi perusahaan. Setiap pebisnis yang ingin membangun setia harus mampu memberikan pengalaman positif. Merek harus menghasilkan persepsi positif bagi penggunanya. Hal ini memerlukan pengembangan produk unggulan, fokus yang kuat pada saluran penjualan klien dan layanan pelanggan yang sangat baik. Ini merupakan prinsip-prinsip inti dari setiap rencana bisnis.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar