Ingin Memulai Bisnis? Jangan Lakukan Kesalahan Ini

  • Ingin Memulai Bisnis? Jangan Lakukan Kesalahan Ini

Tak sedikit dari kita yang bekerja di sebuah perusahaan, tetapi ingin melakukan bisnis kecil-kecilan di luar kantor dengan tujuan mendapat hasil yang lebih untuk menambah pemasukan selain dari gaji karyawan perusahaan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memulainya. Dan berikut tiga kesalahan yang sering dilakukan para pebisnis kecil.

1. Mencampurkan Rekening Pribadi dengan Bisnis


Sebagai seorang pengusaha, Anda harus teliti dan cermat dalam mengatur keuangan. Sebaiknya pisahkan rekening pribadi dengan rekening khusus pemasukan bisnis Anda. Hal ini dilakukan supaya administrasi keuangan berjalan baik dan benar, sehingga mengurangi kekacauan administrasi keuangan Anda.

2. Sudahkah Anda Menentukan Gaji Anda Sendiri?


Banyak sekali orang lupa memperhitungkan gaji yang didapatkan dari usahanya sendiri. Jangan sampai Anda tidak memperhitungkan gaji Anda sebenarnya sebagai pebisnis. Bila Anda tidak menjalankan bisnis, berarti Anda memilki waktu untuk kerja di tempat lain. Kalau kerja di tempat lain, berarti ada penghasilan tentunya. Itulah sebabnya penghasilan tersebut harus digantikan dari bisnis Anda.

Walaupun secara keuangan bisnis Anda mungkin belum mencukupi, itu tidak jadi masalah. Misalnya, Anda bekerja di kantor sekarang dan digaji sebesar Rp5juta hingga Rp6juta per bulan. Sedangkan omzet Anda sebulan dari bisnis yang dijalankan sebesar Rp20juta hingga Rp30juta. Hasil keuntungan bersih yang Anda dapatkan Rp5juta hingga Rp10juta. Tapi dari keuntungan yang Anda dapat tadi sudah termasuk gaji belum? Jawabannya: Belum. Padahal kalau kerja di perusahaan gajinya bisa mencapai Rp5juta sampai Rp6juta. Kalau begitu berarti penghasilan perusahaan bukan Rp10juta, tapi hanya Rp3juta sampai Rp4juta. Karena tadi tidak memperhitung penghasilan Anda. Jadi seakan-akan keuntungan perusahaan besar, padahal belum dipotong gaji Anda sendiri. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menentukan gaji dari bisnis Anda sendiri.

3. Tidak Memperhitungkan Biaya Operasional

Bila bisnis Anda berkembang, artinya Anda harus keluar dari rumah dan menyewa tempat. Kalau menyewa tempat tandanya harus siap dengan tagihan air, listrik, telepon, dan lain-lain. Itu sebabnya, Anda harus mulai memperhitungkan biaya operasional apabila usaha Anda berkembang. Sekecil apapun bisnis yang dijalankan, perhatikanlah biaya operasional.



Sumber : ayopreneur.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar