EXIT STRATEGY UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS

  • EXIT STRATEGY UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS

Dalam menjalankan roda usaha, tak banyak pengusaha yang berani berpikir untuk mencoba menerapkan exit strategy atau meninggalkan kerajaan bisnisnya ketika perusahaannya dirasa cukup mampu untuk dilepas atau berjalan mandiri tanpa peran kemempinannya.

Istilah seperti ini mungkin sudah pernah Anda dengar di berbagai kesempatan. Tapi untuk memperjelas pemahaman Anda mengenai apa itu exit strategy? Berikut akan kami informasikan kepada para pembaca mengenai pengertian exit strategy dan bagaimana tips dan trik yang perlu Anda persiapkan untuk menjalankan strategi bisnis tersebut.

Apa itu exit strategy?

Tentunya dalam konteks ini, exit strategy bukan berarti menyerah dalam menjalankan roda usaha. Namun yang dimaksud dengan exit strategy yaitu langkah yang dipilih para pelaku usaha untuk sengaja meninggalkan bisnisnya guna merencanakan bidang usaha baru atau menyerahkan kendali usaha kepada generasi penerusnya.

Ketika memutuskan untuk menjalankan exit strategy, tentunya Anda harus menyesuaikan kondisi perusahaan Anda dengan rencana usaha yang ingin Anda capai. Hal ini penting agar bisnis yang Anda tinggal bisa berjalan beriringan dengan rencana baru yang Anda susun. Untuk itu, agar kedua urusan tersebut bisa berjalan sesuai dengan planning Anda. Pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan beberapa tips bisnis yang bisa perlu Anda perhatikan ketika memutuskan untuk exit strategy.

Pertama, siapkan diri Anda untuk menjalankan peran ganda. Meskipun Anda telah melepaskan jabatan direktur di perusahaan Anda, namun tentunya Anda masih memiliki tanggung jawab yang cukup penting untuk mengontrol perkembangan bisnis Anda dari jauh. Karenanya, sebelum memutuskan untuk benar-benar menjalankan exit strategy, pastikan bila Anda telah siap menjalankan peran ganda sebagai pengawas perusahaan yang Anda tinggalkan serta merencanakan strategi baru untuk membangun impian besar yang akan Anda wujudkan dalam waktu dekat.

Kedua, persiapkan pengganti Anda dengan matang. Sebelum Anda memutuskan untuk meninggalkan perusahaan, penting bagi Anda untuk mempersiapkan orang kepercayaan yang hendak Anda serahi wewenang untuk melanjutkan roda kepemimpinan Anda. Dalam hal ini Anda harus mengidentifikasi siapa orang yang paling mengenal seluk-beluk perkembangan bisnis Anda, mengukur seberapa besar peranan orang  tersebut terhadap kemajuan bisnis Anda, serta mempertimbangkan waktu yang paling tepat untuk menyerahkan wewenang tersebut kepada calon pengganti Anda.

Ketiga, mulai membangun rencana baru. Bagi sebagian besar pelaku usaha langkah exit strategysengaja mereka ambil untuk merencanakan usaha baru. Mereka sengaja melimpahkan wewenang perusahaannya kepada orang-orang yang mereka percaya untuk kemudian merintis bisnis baru untuk menunjukan eksistensi mereka di dunia usaha. Ketika seorang pengusaha telah berhasil membangun beberapa bidang usaha, maka secara tidak langsung nama besarnya mulai diakui masyarakat luas sehingga perkembangan bisnisnya semakin hari juga melesat sangat pesat.

Semoga informasi tips motivasi bisnis yang mengangkat exit strategy untuk mengembangkan bisnis Anda ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pelaku usaha untuk tak ragu lagi mengembangkan roda bisnisnya.


Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar