Empat Pedoman Sukses Berbisnis dengan Teman

  • Empat Pedoman Sukses Berbisnis dengan Teman

Banyak anak muda masa kini yang membuat sebuah bisnis inspiratif bagi generasinya. Umumnya dari mereka menggandeng teman-teman sepermainan untuk membangun bisnis.

Walau dibayangkan sangat menyenangkan menjalani bisnis dengan teman, akan tetapi pasti juga akan timbul beberapa masalah. Maka dari itu, sebelum membangun bisnis yang lebih matang lagi ada baiknya ikuti beberapa tips berikut ini:

Pilih teman yang tepat
Pastikan teman yang Anda ajak untuk berbisnis penuh dengan tanggung jawab dan kooperatif. Serta, merasa passion dengan apa yang akan dijalankan. Jika tidak, jangan heran bila bisnis tersebut bisa tersendat di tengah jalan.

Tentukan konsep, target, dan peran
Tentukan target dan konsep penjualan serta tak lupa peran serta masing-masing orang dalam bisnis bersama. Hal ini perlu dilakukan secepat mungkin demi melihat apakah Anda dan sahabat adalah pasangan yang tepat untuk membuka usaha berdua. Jika ternyata Anda berdua tidak sepaham, masih belum terlambat untuk membatalkan rencana.

Buat penjanjian formal
Biar bagaimanapun dekatnya hubungan Anda dengan teman-teman, tetap saja perjanjian secara formal perlu dilakukan. Mengingat segala sesuatu dapat terjadi meski tak menginginkannya.

Bedakan hubungan profesional dengan pertemanan
Sebagai pelaku bisnis sudah seharusnya menjadi profesional, meski sebelumnya telah mengenal baik dan buruk karakteristik masing-masing. Jangan pernah membawa masalah pribadi pada bisnis yang sedang dijalankan.


Sumber : ciputraentrepreneurship.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar