Delapan Kunci Sukses Tetap Kreatif di Kantor

  • Delapan Kunci Sukses Tetap Kreatif di Kantor

Anda tetap bisa kreatif di kantor dengan beberapa cara berikut ini.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang mendesain kantornya seakan para karyawan bekerja di rumahnya sendiri. Hal itu dilakukan agar karyawan merasa nyaman dalam bekerja dan tidak terbebani dengan suasana kantor yang tegang seperti pada umumnya. Tapi, karena keasikan bekerja seperti di rumah, tak jarang kreativitas para karyawan justru menurun. Banyak karyawan yang kesulitan untuk mengelola pekerjaan sehingga kualitas kerjanya menurun dan tidak ada ide-ide baru yang muncul. Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa hal seperti berikut ini agar Anda bisa meningkatkan kreativitas dan kinerja selama berada di kantor.

 

Mengubah suasana di kantor

Rutinitas Anda dalam bekerja yang hanya itu-itu saja, terutama memandang suasana yang sama di kantor akan cenderung membuat cepat bosan. Terlebih, hal itu dirasakan setiap hari dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal inilah yang akhirnya membuat Anda susah untuk berkonsentrasi sehingga menjadi salah satu faktor menurunnya produktivitas kerja. Sesekali waktu, Anda bisa mengubah letak atau posisi Anda bekerja. Jika biasanya selama ini jendela kantor selalu tertutup maka Anda bisa membukanya untuk mendapat angin segar yang memabntu Anda untuk menemukan ide-ide segar setiap hari. Selain itu, Anda bisa menambah sedikit pajangan di meja kerja baik itu foto seorang kekasih atau istri sehingga bisa menginspirasi dalam bekerja. Beberapa hiasan kecil yang unik dan menarik memang bisa memberikan kesan positif selama bekerja.

 

Lakukan aktivitas yang tidak biasa di kantor

Tidak jarang, para karyawan akan kehilangan fokus setelah beberapa jam berada di kantor. Sebaiknya Anda melakukan istirahat sejenak agar bisa kembali fokus dalam bekerja. Waktu istirahat yang justru dimanfaatkan untuk membuka media sosial adalah sebuah kekeliruan. Pasalnya, dengan beraktivitas di media sosial hanya akan berkesan seperti halnya bekerja. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan aktivitas yang berbeda agar kembali mendapatkan ide segar dalam bekerja. Menjauhlah dari komputer dalam beberapa waktu untuk melakukan aktivitas seperti membuat minuman hangat di pantry. Sesekali, Anda juga bisa membuatkan atau minuman untuk rekan kerja di samping Anda yang biasanya dilakukan oleh office boy. Dengan adanya aktivitas baru tersebut kemungkinan akan membuat Anda bisa meningkatkan kreativitas dan menemukan ide unik untuk sebuah pekerjaan Anda.

 

Kerjakan sebuah proyek kerja baru

Setiap karyawan tentu memiliki sebuah perencanaan kerja untuk jangka waktu tertentu. Jika Anda mulai merasa bahwa kreativitas mulai menurun maka cobalah untuk menjalankan sebuah proyek baru. Dengan aktivitas baru tersebut biasanya Anda bisa lebih kreatif di kantor. Bahkan, tidak jarang Anda akan semakin semangat untuk segera menyelesaikan proyek baru tersebut. Bukan hanya pekerjaan utama saja yang terselesaikan, proyek jangka panjang pun juga bisa terselesaikan tepat pada waktunya. Oleh karena itu, mulailah mengerjakan proyek baru dan biarkan energi serta ide-ide baru tersebut menuntun Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

Lakukan sedikit olahraga

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan agar para karyawan yang bekerja selama delapan jam di kantor tidak hanya duduk diam terpaku. Pasalnya, duduk di depan meja kerja dalam waktu yang cukup lama tentu akan menggangu kesehatan organ tubuh sehingga menimbulkan beragam penyakit. Oleh karena itu, para karyawan pun tetap disarankan untuk melakukan sedikit olahraga walaupun hanya di depan sebuah meja kerja. Dengan menggerakkan badan atau olah raga kecil maka akan memberikan dorongan atau energi positif pada tubuh seseorang. Jadi, secara tidak langsung tentu akan memberikan manfaat positif bagi tubuh dan melahirkan sebuah ide kreatif. Dan jika kantor Anda memiliki fasilitas kebugaran maka manfaatkanlah dengan baik untuk menunjuang produktivitas kerja selama berada di kantor. Setiap kegiatan yang membuat tubuh bergerak akan memberikan dampak positif bagi tubuh dan merangsang sel-sel otak untuk mengembangkan daya kreativitas berpikir Anda. Tubuh menjadi lebih segar ide kreatif pun membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lancar.

 

Sedikit berkontemplasi dengan apa yang sudah dilakukan

Jika sudah mengerjakan banyak tugas dalam jangka waktu yang cukup lama terkadang Anda akan merasa berada di titik jenuh dan seolah-olah tidak menghasilkan apapun. Padahal, dalam kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang tersebut sesuai dengan target yang diberikan oleh perusahaan. Jika Anda merasa seperti ini, maka sebaiknya Anda bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja selama ini. dengan sedikit berkontemplasi maka akan dengan mudah diketahui apa saja kekurangan Anda selama ini dalam menyelesaikan pekerjaan. Apakah memang beban pekerjaan yang terlalu berat ataukah memang ada hal lain yang membuat Anda merasa tidak nyaman selama berada di kantor. Dengan mengetahui segala kekurangan dan kelebihan Anda selama bekerja maka akan dengan mudah menentukan strategi dalam menyelesaikan pekerjaan ke depan nantinya.

 

Beristirahatlah sejenak

Berbeda dengan hal diatas, maka hal ini benar-benar harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya, saat Anda kurang beristirahat maka bisa jadi hal itulah penyebab menurunnya produktivitas kerja di kantor. Jika hal itu terjadi, bisa dipastikan Anda akan merasa mudah lelah dan enggan untuk menyelesaikan setiap target yang diberikan oleh perusahaan. Jika memang masalahnya adalah kurang istirahat maka sebaiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang. Beberapa pakar kesehatan pun mengatakan bahwa tidur siang memiliki manfaat yang sangat baik. Walaupun tidak dilakukan dalam waktu yang lama namun sedikit waktu untuk tidur siang akan membuat kondisi tubuh lebih fresh. Jadi, manfaatkan dengan baik jam istirahat Anda dengan baik untuk tidur siang untuk meningkatkan kreativitas dan memberikan dampak positif dalam bekerja.

 

Meminta bantuan rekan kerja

Sebuah proyek kerja biasa tidak bisa dilakukan oleh seorang diri. Saat merasa tidak mempunyai ide kreatif maka Anda bisa memanfaatkan rekan kerja di sekitar Anda untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dan menjadi kreatif di kantor. Bahkan, Anda bisa berkolaborasi dengan teman Anda yang bukan dari perusahaan yang sama, syaratnya adalah teman Anda mengerti dengan permasalahan yang sedang terjadi. Tak jarang, jika Anda selama ini menyelesaikan pekerjaan seorang diri maka akan dengan mudah mematikan kreativitas yang dimiliki. Anda seharusnya lebih sering berinteraksi dengan orang lain agar mendapat dorongan atau motivasi untuk segera menyelesaikan proyek yang sedang dikerjakan. Tidak selamanya Anda akan mendapat tugas yang sama dari perusahaan. Oleh karena itu, disaat Anda tidak memiliki ide untuk mengerjakan sebuah pekerjaan yang diberikan mungkin sudah waktunya untuk melibatkan seseorang untuk membantu memberikan ide segar dalam menyelesaikannya.

 

Tertawalah untuk sedikit meredakan ketegangan yang dialami

Tertawa termasuk salah satu obat yang mujarab untuk sejumlah penyakit. Beberapa pakar medis pun menggunakan terapi tertawa untuk menyembuhkan penyakit pasiennya. Oleh karena itu, mungkin salah satu hal yang membuat tidak munculnya ide kreatif adalah karena Anda jarang sekali tertawa. Padahal, dengan sedikit tertawa lepas akan memberikan sebuah dorongan energi yang membantu Anda menemukan sebuah ide kreatif untuk meneyelesaikan sebuah tugas yang diberikan oleh kantor. Ada banyak hal yang mempengaruhi seseorang agar bisa tertawa. Diantaranya adalah dengan menonton acara komedi, ataupun berbincang dengan salah satu teman yang humoris. Apapun yang dilakukan agar bisa membuat tertawa akan membantu Anda lebih santai dalam menghadapi tugas kantor serta kemungkinan besar akan meningkatkan kreativitas Anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kreativitas selama bekerja di kantor. Beberapa hal tersebut diatas bisa dilakukan agar Anda tidak kehilangan daya kreativitas selama bekerja. Selamat mencoba.



Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar