Dari Hobi Sederhana, Untungnya Luar Biasa

  • Dari Hobi Sederhana, Untungnya Luar Biasa

Siapa sangka dari sebuah hobi yang sederhana dapat mendulang untung yang besar. Ya, Eugenia Selvia, dengan brand usahanya yang bernama bukuunik.com, wanita muda lulusan Trisakti ini berhasil meraih laba hingga puluhan juta perbulannya.

Selvia memulai bisnis buku unik sedari tahun 2008. Ide awalnya sendiri lantaran Silvia memiliki hobi Scrap Book. Scrap book ini jika dirunut dari Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah teknik gunting tempel dan digunakan untuk membuat album-album foto.

Silvia hobi membuat sampul buku catatan yang biasa digunakannya selama kuliah. “Bahannya saya dapat dari majalah. Saya gunting dan tempel, dikombinasikan dengan kancing, pita, stamp, menjadi karya kreatif” tutur Selvia. Tanpa dikira, kreasi buku catatan dengan sampul unik ini memikat teman-teman kuliahnya. Tak sekedar minta dibuatkan cuma-cuma, tak jarang bahkan ada yang sengaja memesan dan rela membayar agar dibuatkan buku catatan dengan sampul yang unik.

Nah, dari sini Selvia lalu mencoba mengembangkan usaha miliknya selepas kuliah. Selvia menjual barangnya dari forum-forum seperti kaskus hingga membuat websitenya sendiri. Modalnya hanya beberapa ratus ribu, namun bisnisnya berkembang lantaran mendapat dukungan dari suami tercinta yang seorang web developer.

Bahkan bisnis kerajinan ini sampai diliput oleh media-media, dan produk Scrap booknya pun semakin moncer dan dikenal orang. “Untuk lebih menjangkau pasar, Scrap book buku unik membuat buku anak-anak, remaja sampai dewasa” tuturnya beberapa waktu lalu di Jakarta.

Produk buku unik sendiri terdiri dari Creative book yang covernya berupa kancing, pita kemudian recylcle book dengan cover dari majalah dan buku dan Classic Book. Setiap buku memiliki tema, dan isi buku sejalan dengan temanya masing-masing.

Selvia menjelaskan ada yang bertema traveling yang isinya tentang perjalanan wisata, tiket-tiket penerbangan atau bus, foto polaroid. Ada pula yang bertema ibu dan anak, yang dapat diisi dengan aktivitas ibu saat mengandung dan setelah melahirkan, dan yang lainnya. Scrapbook ini penggabungan antara diary dengan foto yang dihias menjadi sesuatu yang indah.

Dan untuk penjualan dari buku unik, Selvia memadupadankan antara pemasaran online dan offline. Untuk ranah online, kekuatan utamanya ada pada website dan sosial media dari buku unik. Sedangkan untuk offline, Selvia rajin mengikut berbagai pameran dan bazar. “Untuk distribusinya, buku unik juga sudah dijual di berbagai toko buku dan di beberapa cabang FoodHall, Gramedia, Stroberi, Books&Beyond, Office 1 dan Inwork.” katanya.

Rage harga dari buku unik, Selvia mengutarakan produknya dijual dengan harga terjangkau dari harga Rp. Rp 60-129 ribu. Harga disesuaikan dengan tipe-tipe bukunya dan bukan dari desain. Dan untuk pengerjaannya, Selvia mempercayakan pada tim desain yang dibentuknya. Bahannya, Selvia dapatkan dari potongan kertas, kancing, dan bahan lainnya. “Intinya mix and match dengan bahan yang ada. Selain itu buku unik juga menerima custom” tutur Selvia.

Perihal omzet, Selvia mengatakan keuntungan tergantung daripada musim musim. “ Naik turun antara Rp 50-80 juta/bulan, pas musim Desember bertepatan dengan Natal dan valentine omzetnya nya bisa naik karena buku unik sering juga dijadikan sebagai hadiah natal” katanya.

Saat disinggung mengenai harapan kedepannya, Selvia menjawab ingin mengembangkan produk dan memasarkan produknya ke daerah-daerah. Memang menjalankan bisnis ini, Selvia menemukan berbagai kendala dari produk yang direject dan sumber daya manusia yang terbatas dan menemukan yang cocok sedikit susah. Namun, Selvia tetap berkeyaninan, harapannya dapat terwujud di kemudian hari.





Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar