Ciri-Ciri Pengusaha Sukses Wajib Diketahui Pengusaha Baru

  • Ciri-Ciri Pengusaha Sukses Wajib Diketahui Pengusaha Baru

Sebagai pengusaha baru , menjadi pengusaha sukses selalu menjadi tujuan utama. Masalahnya, tingkat kesuksesan setiap orang berbeda-beda, dan tidak semua orang bisa melihat ciri ciri pengusaha sukses.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) awal tahun 2017 menunjukkan jumlah pengusaha di Indonesia masih sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Jumlah pengusaha di Indonesia diperkirakan hanya 3,1 persen dari jumlah penduduk.

Rasio ini masih lebih rendah dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia 5 persen, China 10 persen, Singapura 7 persen, Jepang 11 persen maupun AS yang 12 persen.

Kamu mau menjadi pengusaha? Mengapa tidak…Jika kamu ingin menjadi pengusaha, kenalilah ciri-ciri pengusaha sukses berikut ini.  Jika kamu belum memiliki ciri di bawah ini, berusahalah untuk mengembangkan diri dan berusahalah menerapkan sejumlah karakter di bawah ini:



1. Tidak Membuat Alasan

 
Image result for ciri pengusaha sukses

Ciri ciri pengusaha sukses ialah tidak membuat dan mencari alasan. Alasan merupakan alibi yang membantu orang menyelamatkan muka ketika mereka tidak memberikan hasil yang seharusnya. Tak ada yang ingin mendengar alasan kamu. Mereka hanya ingin tahu apa yang akan kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang seharusnya kamu capai!

2. Selalu Yakin dalam Bertindak

Keyakinan adalah langkah pertama menuju kesuksesan. Bahkan sekadar yakin saja sudah merupakan sesuatu yang baik. Begitu kamu yakin, kamu bisa mulai mencari tahu “cara” meraih tujuan tersebut. Keyakinan menentukan apa yang akan kamu raih dalam kehidupan. Itulah ciri ciri pengusaha sukses kedua yang perlu kamu perhatikan.

Baca jugaPinjaman Usaha Cepat 2017, Bandingkan dan Ajukan Sekarang

3. Kamu Senang Manfaatkan Kesempatan

Image result for ciri pengusaha sukses

Ciri ciri pengusaha sukses ketiga ialah memanfaatkan kesempatan yang datang.  Kesempatan itu sering tidak datang dua kali. Kamu harus berusaha untuk menangkapnya, jika tidak, kamu akan ketinggalan. Pemenang tidak ragu-ragu memanfaatkan kesempatan dan tahu dia akan mendapatkan keinginannya.

4. Kamu Tahu Apa yang Kamu Lakukan

Kamu akan sukses begitu menemukan bidang yang cocok untuk kamu. Yakni di bidang di mana kamu bisa unggul dari orang lain. Tetapi kebanyakan orang bermain dalam bidang yang salah. Tanpa sengaja, mereka menghubungkan diri dengan pekerjaan, hubungan, atau pergaulan yang buruk. Jika kamu mengalami kondisi seperti itu, kamu perlu membebaskan diri. Kamu perlu mematahkan rantai yang menahan kamu dan mulai bermain dalam bidang yang memang kamu unggul di bidangnya.

Baca juga5 Cara Cepat Dapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Bank! 

5. Berani mengambil risiko

Ada kalanya seorang pengusaha sukses harus berani mengambil risiko. Misalnya berani mengambil keputusan yang dinilai akan menguntungkan perusahaan.  Namun, meski pun kamu berani, tetap berhati-hatilah, karena berani mengambil risiko tidak sama artinya dengan ceroboh. Berani berarti tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada di depan mata demi sesuatu yang dinilai akan memberikan dampak yang baik kepada perusahaan.

Orang yang ceroboh, berani mengambil risiko apa pun. Sedangkan orang yang berani memiliki perhitungan yang matang sebelum mengambil langkah.

Memang dalam berbisnis selalu ada risiko dan harga yang harus dibayar. Namun, tidak ada keuntungan yang datang tanpa risiko.

Dengan menjadi orang yang berani, Kamuber peluang menjadi seseorang pebisnis yang bisa mengambil keuntungan dalam situasi sulit sekali pun. Dan harus Kamu ingat untuk tidak mengambil risiko melebihi kemampuan kamu.

6. Memiliki kemampuan analisis yang baik

Seseorang pebisnis sukses harus dapat menebak tren dan kecenderungan pasar yang akan terjadi di waktu ke depan. Dengan kata lain, seorang pebisnis harus memiliki kemampuan analisis agar dapat sukses. Di sinilah seseorang yang mempunyai bakat berbisnis terlihat.

Mereka dapat menganalisis pasar dan memprediksi perkembangan pasar. Dengan itu, dipastikan mereka tidak akan ketinggalan. Namun, perlu diingat bahwa kemampuan ini harus diasah dengan banyak menyerap informasi baik melalui berita, diskusi, buku, atau pengalaman personal.

7. Mau Mendengar dan Menerima Kritikan

Image result for ciri pengusaha sukses

Sifat pengusaha sukses ialah mau mendengar bawahan, konsumen, hingga orang-orang terdekat. Kadang mereka memberikan pendapat hingga kritikan kepada pengusaha sukses dan si pengusaha sukses tidak tipis kuping alias tersinggung, namun tetap mendengar dan menyerap kritikan tersebut demi perbaikan dan pembelajaran.

Bersedia menerima kritikan berarti Kamu rela mengakui kesalahan dan siap mempertanggungjawabkannya, baik kepada atasan maupun bawahan kamu.

Bisnis akan stagnan bila Kamu tidak bersedia menerima kritik, terutama dari pelanggan. Kemajuan hanya bisa diperoleh dengan menyerap kritik tersebut, mengubahnya, dan mengadaptasi perkembangan yang terjadi di luar diri kamu.

 

8. Mudah beradaptasi

Ketika terjadi suatu masalah yang tidak diinginkan, entah itu terkait iklim bisnis atau yang lainnya, seseorang pengusaha sukses harus mudah beradaptasi. Perhatikan apakah Kamu bisa beradaptasi dengan keadaan yang ada dan mengubahnya menjadi keuntungan?

Apabila memiliki kemampuan tersebut, maka Kamu memiliki salah satu ciri dari pengusaha muda yang bakal sukses nantinya. Mudah beradaptasi merupakan ciri bisnis yang dapat bertahan lama dan seluruh aspek bisnis harus mudah beradaptasi

Seorang pebisnis yang akan sukses harus mampu melakukan adaptasi pada banyak hal di dalam bisnis, mulai dari proses produksi, yang mana harus disesuaikan dengan kecanggihan teknologi, sumber daya manusia, proses pemasaran hingga penjualan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

9. Tidak takut untuk bekerja keras

Pebisnis muda yang akan sukses adalah pebisnis yang tidak takut untuk bekerja keras. Mereka dengan efisien memanfaatkan waktu yang mereka miliki untuk meningkatkan produktivitas untuk bisnis mereka.

Mereka pun tidak takut kesusahan karena mereka selalu fokus dengan keuntungan yang didapatkan dari hasil kerja keras tersebut. Mereka dapat menyeimbangkan hidup dan waktu mereka, sehingga mereka dapat memaksimalkan waktu untuk menghasilkan uang sembari menikmati hasil kerja keras mereka.

10. Berusaha dan disiplin

Image result for disiplin

Ciri lainnya ialah berusaha dan disiplin. Ciri ini mungkin tidak dimiliki seseorang sejak lahir. Karakter ini dapat Kamu miliki dengan terus melatih diri untuk bertanggungjawab dan berdisiplin tinggi dengan rencana usaha.

Tentunya tidak mudah menanamkan karakter ini dalam satu malam. Tetapi dengan tekad dan fokus pada tujuan finansial kamu, hal ini dapat Kamu miliki nantinya. Oleh karena itu, pengusaha sukses rela mengorbankan begitu banyak waktu dan tenaganya demi bisnis yang mereka miliki.

11. Berorientasi pada konsumen

Konsumen merupakan jantung dari roda bisnis yang sedang dijalankkan. Penjualan yang didapat akan menentukan maju mundurnya sebuah perusahaan. Sadar akan hal ini sedari awal membuat para pengusaha membuat bisnis yang berorientasi pada konsumen.

Penelitian menunjukkan konsumen cenderung untuk berpindah competitor apabila produk yang kita jual ternyata tidak memiliki pelayanan yang baik.

12. Beradaptasi dengan kemajuan teknologi

Image result for ciri pengusaha sukses

Kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat membuat bisnis semakin cepat berkembang. Agar mampu terus melayani dan memenuhi kebutuhan konsumennya, para pengusaha sukses terus mempernaharui teknologi yang mereka miliki demi mendukung bisnis mereka.

Contohnya dengan melengkapi bagian pelayanan pelanggan (costumer service) dengan fitur tertentu agar dapat mengetahui kepuasaan dan keinginan konsumen.

13. Berinvestasi untuk diri sendiri

Ciri ciri pengusaha sukses berikutnya ialah dia tidak lupa untuk menyisihkan waktu dan uang yang mereka miliki demi investasi mereka di masa depan. Ini dapat berupa pendidikan, liburan ataupun asuransi. Dengan melakukan hal ini mereka percaya sudah mampu untuk menghargai hidup mereka dan mengarahkannya menjadi lebih baik.

14. Belajar terus menerus

Terakhir, ciri ciri pengusaha sukses yang perlu kamu selalu ingat ialah selalu belajar dari berbagai kesempatan dan orang yang kamu jumpai. Kiat ini sangat penting bagi para pengusaha sukses. Mereka memiliki kebiasaan untuk selalu belajar dan menemukan hal baru yang dapat memberikan inovasi baru bagi bisnis yang sedang dijalankan.

Sumber : https://www.halomoney.co.id


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar